Percepatan Peningkatan Kemampuan Kewirausahaan Mahasiswa Melalui Pembelajaran Bisnis Berbasis Proyek Di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.30742/equilibrium.v17i2.1675Keywords:
Design Thinking, Bisnis Model Canvas, Pembelajaran berbasis proyek, Covid-Abstract
Indonesia perlu meningkatkan jumlah pengusahanya hingga lebih dari 3% menjadi 5% lebih agar bisa lebih bersaing dengan singapore, malaysia dan negara-negara maju lainya yang telah memiliki prosentasi pengusaha dibanding jumlah penduduk yang lebih dari 10%. Peningkatan ini tidak hanya bisa dilakukan dengan cara-cara pembelajaran di ruang kelas atau dalam bentuk online webinar satu arah saja. Namun harus dilakukan dengan metode pembelajaran bisnis berbasis proyek yang memungkinkan peserta didik untuk belajar dan praktek bisnis secara bersama-sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana percepatan peningkatan kemampuan kewirausahaan mahasiswa setelah mengikuti proses pembelajaran bisnis berbasis proyek. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan, dimana peneliti memberikan perlakuan kepada responden berupa pelatihan dalam bentuk workshop online dimana responden diajarkan pengetahuan, mentalitas dan keterampilan wirausaha yang meliputi inspirasi bisnis, analsia bisnis, pemahaman pelanggan, bermitra, berkolaborasi dan eksekusi bisnis. Selanjutnya dilakukan pengamatan, wawancara kepada responden. Penelitian dilaksanakan kepada 40 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik. Metode pembelajaran menggunakan model workshop online karena adanya pembatasan sosial oleh pemerintah terkait resiko penularan penyakit di masa pandemi covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran bisnis berbasis proyek ini, mampu mempercepat adanya peningkatan kemampuan kewirausahaan Mahasiswa. Mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan wirausaha, namun juga memiliki pengalaman merintis usaha secara nyata dan mengalami proses mentalitas pengusaha dalam hal membuat keputusan strategis dalam bisnis. Percepatan ini juga ditunjukkan dengan terciptanya prototipe produk inovasi baru dan sudah memiliki bisnis model sendiri yang telah di validasi kepada pelanggan. Pelaksanaan pembelajaran terbukti lebih efektif dalam bentuk workshop online untuk memghindari resiko penularan masa pandemi Covid-19.
References
BIE (Buck Institute for Education). (1999). Project Based Learning. Online. http://www. bgsu.edu/organizations/etllproj.html, diakses 3 Agustus 2010
Dwyer, Jaiden. (2014). Design Thinking: Tim Brown. https://www.slideshare.net/, diakses pada pada 27 Agustus 2021.
Ernawati, E. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Matakuliah Manajemen Usaha Butik Guna Percepatan Penumbuhan Wirausahawan Baru.
Indarti,Nurul dan Rokhima Rostianti. (2008). IntemiKewirausahaanMahasiswa: Studi Perbandingan Antara Indonesia, Jepang, dun Norwegia. Jumal Ekonomika dan Bisnis Indonesia V ol23, Nomor 4, Oktober 2008.
Komara, B. D., Setiawan, H. C. B., & Kurniawan, A. (2020). Jalan Terjal UMKM dan Pedagang Kecil Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19 dan Ancaman Krisis Ekonomi Global. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(3), 342-359.
Milovanović, A., Kostić, M., Zorić, A., ÄorÄ‘ević, A., PeÅ¡ić, M., Bugarski, J., ... & Josifovski, A. (2020). Transferring Covid-19 challenges into learning potentials: Online workshops in architectural education. Sustainability, 12(17), 7024.
Nabawi, R. A., Jalinus, N., & Syahril, S. (2018). Mewujudkan Tujuan Pendirian Akademi Komunitas Melalui Penerapan Model Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(2), 51-58.
Osterwalder, A., Pigneur, Y., Oliveira, M. A. Y., & Ferreira, J. J. P. (2011). Business Model Generation: A handbook for visionaries, game changers and challengers. African journal of business management, 5(7), 22-30.
Putri, R. D. (2018). Pendidikan kewirausahaan berbasis pembelajaran kolaboratif untuk internalisasi karakter wirausaha di pendidikan tinggi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 151-159.
Santyasa dan Sukadi. (2007) Model-model pembelajaran inovatif Materi Pelatihan Sertifikasi Guru di Provinsi Bali. Undiksha.
Sarasvathy, S. D. (2009). Effectuation: Elements of entrepreneurial expertise. Edward Elgar Publishing.
Yuliani, M., Simarmata, J., & Susanti, S. S. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. In A. Rikki (Ed.), Yayasan Kita Menulis (1st ed.).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work



