ANALISIS PENGARUH PUNCAK PEMIKIRAN PANGSA PASAR PRODUK DETERGEN KRIM
DOI:
https://doi.org/10.30742/equilibrium.v4i10.228Abstract
Beberapa waktu ini perusahaan perusahaan semakin berpotensi dalam meluncurkan produk produknya. Hal ini membuat suatu perusahaan yang akan memasarkan produknya perlu lebih memahami keinginan konsumen. Perusahaan sangat megetahui informasi dan profil sebanyak-banyaknya mengenai konsumen agar dapat merumuskan strategi pemasaran berdasarkan segmentasi pasar yang tepat untuk analisa terhadap karakteristik konsumen detergen krim dan faktor faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam memilih produk detergen krim yang diinginkan. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner. Teknis analisis yang digunakan adalah Structural Equetion Modelling (SEM) yang akan mempermudah untuk melihat hubungan kausalitas yang akan diuji dengan menggunakan program AMOS. 4.01. Hasil pengujian dengan menggunakan program AMOS. 4.01 dapat dilihat bahwa hipotesis yang diajukan yaitu diduga puncak pemikiran merek produk detergen krim berpengaruh terhadap pangsa pasar produk tersebut, tidak dapat diterima. Diduga terdapat pengaruh positif puncak pemikiran produk detergen krim terhadap asosiasi merek produk tersebut, dapat diterima. Diduga terdapat pengaruh positif puncak pemikiran produk detergen krim terhadap komitmen perusahaan produk tersebut, dapat diterima. Diduga terdapat pengaruh positif pangsa pasar produk detergen krim terhadap kesadaran atas merek produk tersebut, dapat diterima. Diduga terdapat pengaruh positif pangsa pasar produk detergen krim terhadap persaingan harga produk tersebut, dapat diterima. Diduga terdapat produk positif pangsa pasar produk detergen krim terhadap ketersediaan merek produk terebut, dapat diterima.References
Aaker,D,1991, Managing Brand Equity, Capilazingon the value of a Brand Name, A Division Macmilan. Inc New York
Anderson, J,C, and D,W,Gerbing ( 1998 ), "Structural Equation Modelling in Pratice : A Review And Recommended Two - Step Approach", Pshycological Bulletin,103,411 -23
Assaury, Sofyan, 2002, Manajemen Pemasaran. Konsep, Dasar dan Strategi, Edisi 1, Cetakan 7, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada
Bentller,P.M. and C.P.Chou (1987)," Pratical Issue in Structural Modelling." Sociological Methos and Research 16 (1),78-117
Ferdinand, Augusty (2002), Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen, Penerbit BP Unclip, Semarang
Hair , J.F.et.al.(1998), Multivariate Data Analysis, Fifth Edition Prentice - Hall International, Inc,New Jersey
Kotler,P. (1997). Analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian, edisi asli, jilid 2, penerbit PT.Prehalindo, Jakarta
Kuncoro,M, 2003, Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi, Penerbit Erlangga, Jakarta
Swasembada , 2004, Edisi 07 / XX / 1- 4 April
Swasta, B, 2003, Manajemen Pemasaran modern, Edisi 2, cetakan ke 11, Penerbit Liberti, Jogjakarta.
Downloads
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work



