Pengaruh Bauran Pemasaran, Kelompok Referensi, Keluarga, Peran dan Status Terhadap Keputusan Penggunaan Kartu Kredit (Studi Pada Anggota IDI Malang)
DOI:
https://doi.org/10.30742/equilibrium.v14i2.461Keywords:
Marketing ManagementAbstract
Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk membiayai suatu transaksi. Keputusan konsumen untuk menggunakan kartu kredit muncul apabila terdapat kebutuhan dan keinginan yang harus dipenuhi, sehingga para pemasar harus mempelajari perilaku konsumen. Adapun rumusan masalah yang dalam penelitian ini adalah apakah bauran pemasaran dan lingkungan individu yang terdiri dari kelompok referensi, keluarga, peran dan status berpengaruh terhadap keputusan penggunakan kartu kredit dan manakah diantara empat variabel tersebut yang berpengaruh dominan terhadap keputusan penggunakan kartu kredit. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Malang yang menggunakan kartu kredit. Sedangkan samplenya adalah anggota IDI Malang yg menggunakan kartu kredit secara aktif dengan jumlah sample sebanyak 70 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran, kelompok referensi, keluarga serta peran dan status berpengaruh secara simultan terhadap keputusan penggunaan kartu kredit. Dari keempat variabel bebas tersebut, hanya kelompok referensi serta peran dan status yang berpengaruh secara parsial terhadap keputusan penggunaan kartu kredit. Sedangkan variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan penggunaan kartu kredit adalah peran dan status.References
Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV. Alpabet. Bandung
Engel, F. James, Roger D Blackwell, and Paul W. Miniard. 2001. Perilaku Konsumen. Terjemahan Alex Budianto. Edisi Keenam. Jilid 2. Jakarta: Bina Rupa Aksara.
Frensidy. 2009. Teori Online Ekonomi, Manajemen dan Pemasaran Jasa. Rineka Cipta. Jakarta
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta CV. Jakarta
Joyce. 2005. Periklanan, Komunikasi Pemasaran Terpadu. Ghalia. Jakarta
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jilid1. Edisi Milenium. Jakarta: Prenhalindo.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2003. Prinsip-Prinsip Marketing. Edisi Ketujuh. Jakarta: Salemba Empat
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi sembilan. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. Edisi 14. Jakarta: Erlangga.
Malhotra, N.K., 2009, Riset Pemasaran, Edisi Keempat, Jilid 1, PT Indeks, Jakarta
Mowen, John et.al. 2001. Perilaku Konsumen. Penerbit Erlangga. Jakarta
Olson, Peter. 1999. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Empat. Erlangga
Pirog & Roberts, JA. 2007. Personality and Credit Card, Misuse Among College Student : The Mediating Role of Impulsiveness. Journal of Marketing Theory and Practice. Inform Global
Schiffman & Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi 7. Alih Bahasa : Zoelkifli Kasip. Indeks. Jakarta.
Swastha, Basu. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi 2. Cetakan 13. Lyberty. Yogyakarta.
Swastha, Basu dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Ketiga. Penerbit Liberty. Jogjakarta.
Swastha, Basu dan Sukotjo. 2002. Pengantar Bisnis Modern. Penerbit Liberty. Jogjakarta.
Tambunan, Tulus. 2001. Perekonomian Indonesia : Teori dan Temuan Empiris. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Edisi Pertama, Bayu Media Publishing, Malang.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga, Andi Offset. Yogyakarta.
Wibowo, Puspita Maya. Dan Karimah. 2012. Pengaruh Iklan Televisi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Sabun Lux.Jurnal Riset Manajemen sains Indonesia.
Zeithaml. 2006. Manajemen Pemasaran , Analisa Perencanaan, Implementasi. Salemba Empat. Jakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work



