PEOPLE IS ON SOCIAL MEDIA: PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PERPUSTAKAAN

Rekha Adistia Dwirinanti(1), Rosiana Nurwa Indah(2), Oom Nurrohmah(3),


(1) Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Universitas Islam Nusantara Bandung
(2) Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Universitas Islam Nusantara Bandung
(3) Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Universitas Islam Nusantara Bandung
Corresponding Author

Abstract


Instagram sebagai salah satu media sosial yang populer di Indonesia saat ini memiliki cukup banyak manfaat dan peranan bagi masyarakat penggunanya. Salah satunya sebagai media penghantar informasi bagi masyarakat. Hubungan antara informasi dengan perpustakaan juga sangat erat, oleh karena itu tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan Instagram sebagai sebuah media promosi bagi perpustakaan. Metode yang digunakan adalah Studi Literatur, dengan sumber data yang berasal dari jurnal, buku digital, dan beberapa sumber online lainnya. Hasil yang diperoleh dalam mini riset ini menunjukkan bahwa banyak perpustakaan yang memanfaatkan Instagram sebagai wadah promosi mereka, dengan konten postingan mengenai koleksi yang dimiliki perpustakaan, layanan yang disediakan perpustakaan, kegiatan atau event yang akan digelar, hingga informasi lainnya yang bermanfaat bagi khalayak.

 

Kata Kunci: Media Sosial, Instagram, Promosi Perpustakaan, Post Content


References


Dewing, M. (2010). Social Media: An Introduction. Ottawa: Library of Parliament. (online). Diakses pada tanggal 05 Juli 2021 dari https://bdp.parl.ca/staticfiles/PublicWebsite/Home/ResearchPublications/InBriefs/PDF/2010-03-e.pdf

Fatmawati, E. (2017). Dampak Media Sosial Terhadap Perpustakaan. Libraria, 5(1), 1-28. DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v5i1.2250

Indah, R. N.; Syam, R.Z.A.; & Aulia, U. (2021). Dampak Perubahan Sistem Otomasi Slims Ke Inlislite Di Perpustakaan SMK Negeri 9 Bandung. Tibanndaru: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 5(1), 148-158. DOI: 10.30742/tb.v5i1.1295

Iqbal, R., & Yunita, I. (2020). Media Promosi Perpustakaan Perguruan Tinggi di Era Milenial dan Revolusi Industri 4.0. Jurnal El-Pustaka, 1(2). Diakses pada tanggal 06 Juni 2021. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/elpustaka/article/download/8482/4278

Kaffah, S.; Indah, R.N.; & Syam, R.Z.A. (2021). Pemanfaatan Akun Instagram @dispusipdajabar Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Media Nusantara, 7(1), 119-132. http://ojs.uninus.ac.id/index.php/MediaNusantara/article/view/1249

Kaplan, A.M.; & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53, 59-68.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 91-96. Diakses pada tanggal 14 Desember 2020. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/1778

Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Mojokerto: LPPM Poltekes Majapahit. Diakses pada tanggal 05 Juli, 2021, dari https://stikesmajapahit.ac.id/lppm/wp-content/uploads/2019/04/panduan-penyusunan-studi-literatur.pdf

Mafar, F. (2020). Pemanfaatan Instagram oleh Perpustakaan PTKIN di Jawa Timur. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 15(2), 167-180. Diakses pada tanggal 06 Juni 2021 dari http://ejournal.uin-suka.ac.id/adab/FIHRIS/article/download/1771/886

Merisa, C. (2019). Sejarah Perpustakaan Dunia, Ada Sejak 2000 Tahun Lalu. (Online). Diakses pada tanggal 18 Desember, 2020, dari https://bobo.grid.id/amp/081610062/sejarah-perpustakaan-dunia-ada-sejak-2000-tahun-lalu-akubacaakutahu

Mustofa, M. (2017). Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial: Best Practice. Publication Library and Information Science, 1(2), 21-29. DOI: 10.24269/pls.v1i2.691

Novianti, Y. (2017). "Konsep Diri Remaja dalam Media Sosial (Studi Deskriptif Kualitatif Konsep Diri pada Pengguna Media Sosial Instagram di kalangan Pelajar SMA di Kota Medan)". Skripsi Sarjana. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Departemen Ilmu Komunikasi. Universitas Sumatera Utara. Medan. Diakses pada tanggal 14 Januari, 2021, dari http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/20971

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. [@perpusnas.go.id]. Tampilan Post Content di Akun Instagram Perpustakaan Nasional. Diakses pada tanggal 14 Juli 2021 dari https://instagram.com/perpusnas.go.id?igshid=ecabbfq475fs

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan Media Sosial untuk Efektifitas Komunikasi. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 16(2). Diakses pada tanggal 05 Juli, 2021, dari https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/download/1283/1055

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Diakses pada tanggal 27 Januari, 2021, dari https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39968/uu-no-43-tahun-2007

Vernia, D. M., (2017). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Media Promosi Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga. Proceeding of Memajukan Kewirausahaan dalam Upaya Membangun Indonesia, Jakarta: 29 Juli 2017. Hal. 197-206. Diakses pada tanggal 14 Januari, 2021, dari http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/71

Zakirah, D. M. A. (2017). Mahasiswa dan Instagram (Studi Tentang Instagram Sebagai Sarana Membentuk Citra Diri di Kalangan Mahasiswa Universitas Airlangga) (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga). Diakses pada tanggal 14 Desember, 2020, dari http://repository.unair.ac.id/70247/


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 1702 times
PDF Download : 756 times

DOI: 10.30742/tb.v5i2.1652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.