Kegiatan Knowledge Sharing Selama Pandemi Covid-19 di Telkom University Open Library
(1) Universitas Padjadjaran
(2) Universitas Padjadjaran
(3) Universitas Padjadjaran
Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kegiatan knowledge sharing selama masa pandemi covid-19 di Telkom University Open Library dengan fokus penelitian mengacu pada teori konversi pengetahuan yaitu Sosialisasi, Eksternalisasi, Kombinasi dan Internalisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisa data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selama masa pandemi kegiatan knowledge sharing dilakukan secara tatap muka dan online. Kegiatan knowledge sharing terdiri dari literacy event, open discussion, kelas literasi, rapat koordinasi, dan kegiatan informal. Dari kegiatan tersebut terjadi proses konversi pengetahuan. Sosialisasi dilakukan ketika diskusi antara peserta dan narasumber, staf dan pimpinan, dan antar staf. Eksternalisasi terjadi ketika pengetahuan yang didapat dari hasil diskusi dicatat atau didokumentasikan. Kombinasi dilakukan dengan mengintegrasikan dan menyebarkan pengetahuan dari tahap eksternalisasi kepada peserta, user dan staf. Internalisasi terjadi ketika peserta, user, dan staf yang membaca dan menonton pengetahuan eksplisit yang sudah disebarkan. Dari hasil penelitian, peneliti menyarankan Open Library membagikan file materi dari kegiatan open discussion dan menginformasikan kembali melalui sosial media bahwa kegiatan webinar dan workshop yang telah dilaksanakan bisa dilihat melalui Youtube Telkom University atau Youtube Open Library Tel-U.
Kata kunci: Berbagi Pengetahuan; Konversi Pengetahuan; Perpustakaan Perguruan Tinggi
References
Andika, A. (2018). Meningkatkan Knowledge Sharing di Organisasi: Studi Literatur Terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Knowledge Sharing. Jurnal PASTI, IX(3), 230–237.
Arribathi, A. H., Saryani, S., & Haris, H. (2019). Perancangan Aplikasi Smart Seminar dan Workshop Berbasis Website. Jurnal Cerita, 5(2), 156–164.
Berawi, I. (2012). Mengenal Lebih Dekat Perpustakaan Perguruan Tinggi. Iqra’, 06(0), 49–62.
Faiqoh, U., & Husna, J. (2017). Knowledge Sharing dalam Forum Online: Studi Kasus Grup Facebook INLIS-Lite untuk Perpustakaan Indonesia. Ilmu Perpustakaan, 6(3). Diambil dari http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1439538
Fatimah, R. M. (2020). Kegiatan Knowledge Sharing di Komunitas The Local Enablers Jatinangor: Studi Kasus Mengenai Knowledge Sharing di Komunitas The Local Enablers Jatinangor). Universitas Padjadjaran.
Habibi, A. (2020). Normal Baru Pasca Covid-19. Adalah: Buletin Hukum dan Keadilan, 4, 197–204.
Kurniawati, S. (2012). Knowlege Management. Bandung: Direktori File UPI. Diambil dari http://file.upi.edu/Direktori/FPEB/PRODI._EKONOMI_DAN_KOPERASI/SUSANTI_KURNIAWATI/MAKALAH/KNOWLEDGE_MANAGEMENT.pdf
Kusmarni, Y. (n.d.). Studi Kasus ( John W . Creswell ), 1–12. Diambil dari http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR._PEND._SEJARAH/196601131990012-YANI_KUSMARNI/Laporan_Studi_Kasus.pdf
Main, A. (2004). Knowledge Management: Konsep dan Aplikasinya di Perpustakaan. Al-Maktabah, 1.
Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Cirus Disease 2019 (2019). Menteri Kesehatan Republik Indonesia.
Morissan. (2008). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Kencana.
Nazim, M., & Mukherjee, B. (2016). Knowledge Management in Libraries. Cambridge: Elsevier Science & Technology.
Nonaka, I., & Teece, D. J. (2001). Managing Industrial Knowledge: Creation, Transfer and Utilization. California: Sage Publication.
Rosidi, A., & Nurcahyo, E. (2020). Penerapan New Normal (Kenormalan Baru) dalam Penananganan Covid-19 sebagai Pandemi Dalam Hukum Positif. Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 8(2), 193–197.
Satuan Tugas Penanganan COVID-19. (2022). Data Sebaran. Diambil 8 Februari 2022, dari https://covid19.go.id/
Semertzaki, E. (2011). Special Libraries as Knowledge Management Centres. Cambridge: Chandos Information Professional Series.
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprayekti, S., & Anggraeni, S. D. (2017). Pelaksanaan Program Workshop “Belajar Efektif” Untuk Orang Tua. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan DIKMAS, 12(2), 129–136.
Syam, A. M. (2017). Penerapan “Knowledge Sharing” Di Perpustakaan: Studi Kasus Perpustakaan Univ. Mercubuana Cab. Cibubur. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 2(2), 261–272.
Tobing, P. (2007). Knowledge Management: Konsep, Arsitektur dan Implementasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Widuri, N. R. (2018). Implementasi Knowledge Sharing (Berbagi Pengetahuan) di Kalangan Pustakawan. Jurnal Pustaka Ilmiah, 4.
World Health Organization. (2020a). Coronavirus disease (COVID-19) Pandemic.
World Health Organization. (2020b). Q&A on coronaviruses (COVID-19). Diambil 20 Maret 2020, dari https://www.who.int/news-room/q-a-detail/q-a-coronaviruses
Wuryaningrat, N. F. (2013). Knowledge Sharing, Absorptive Capacity and Innovation Capabilities : An Empirical Study on Small and Medium Enterprises in North Sulawesi, Indonesia. Gajah Mada International Journal of Business, 15(1), 61–77.
Yuliana. (2020). Corona Virus Diseases (Covid-19): Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2(February), 187–192.
Yuliant, R. (2015). Sistem Informasi Open Library sebagai Implementasi Konsep Knowledge Management Pada Perpustakaan Telkom University. Telkom University. Diambil dari https://repository.telkomuniversity.ac.id/pustaka/100884/sistem-informasi-open-library-sebagai-implementasi-konsep-knowledge-management-pada-perpustakaan-telkom-university.html
Yusup, P. M. (2012). Perspektif Manajemen Pengetahuan, Informasi, Komunikasi, Pendidikan dan Perpustakaan. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Article Metrics
Abstract View : 299 timesFulltext Download : 216 times
DOI: 10.30742/tb.v6i1.2104
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.