Cover Image

Analisis Penerapan Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Perpustakaan Universitas Islam Nusantara

Rosiana Nurwa Indah(1), Amelia Sulistia Rahayu(2), Sendi Cornelia(3),


(1) Universitas Islam Nusantara
(2) Universitas Islam Nusantara
(3) Universitas Islam Nusantara
Corresponding Author

Abstract


Perpustakaan Perguruan Tinggi merupakan salah satu unit pendukung utama kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dan berfungsi sebagai pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang berkedudukan di perguruan tinggi. Penelitian ini bermaksud menganalisis mengenai sejauh mana gedung Perpustakaan Universitas Islam Nusantara  (UNINUS) menerapkan Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 2 orang yaitu pengelola Perpustakaan UNINUS. Teknik analisa data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perpustakaan UNINUS telah berupaya menerapkan peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Nomor 13 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi dengan baik meskipun belum maksimal. Hal ini dikarenakan luas gedung perpustakaan yang hanya 608 m2 sehingga belum sesuai standar luas gedung yang seharusnya 3.882,5 m2. Hal ini menjadikan ruangan yang tersedia hanya terbagi menjadi dua ruangan yaitu, ruang pertama digunakan sebagai ruang layanan referensi dan ruangan kedua digunakan sebagai ruang untuk menyimpan koleksi sekaligus menjadi ruang layanan membaca, layanan sirkulasi, dan ruang kerja pustakawan. Lokasi perpustakaan termasuk dalam kategori strategis. Sarana dan prasarana yang tersedia sudah memenuhi standar. Pencahayaan di perpustakaan tersedia secara alami dan buatan. Temparatur suhu di ruangan mencapai 280 C karena belum tersedianya pendingin ruangan seperti kipas atau AC. Adanya berbagai komponen seperti luas ruangan dan temperatur suhu ruangan yang belum standar ini perlu menjadi perhatian karena akan berpengaruh pada kenyamanan pemustaka dan pustakawan dalam beraktivitas.

References


Annisa, S., & Anisa, A. (2019). Kajian Konsep Arsitektur Hybrid pada Bangunan Gedung Indonesia Menggugat Bandung. Jurnal Arsitektur PURWARUPA, Vol. 3(No. 2), 131-136.

Bamayi, S. (2017). Implementasi Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi (SNP 010:2011) di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Kota Sukabumi (UMMI). Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Basuki, S. Materi Pokok Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka, 2010.

Gandslandt Rudiger; Harald Hofmann. (1992). HandBook of Lighting Design. Germany: ERCO Leuchten Gmbh.

Ginting, R. S. (2019). Efisiensi Kinerja Pegawai di Ruang Baca Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Skripsi, Universitas Sumatera Utara.

Imamah, F. N. (2017). Penerapan Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi (SNP010:2011) di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Makassar. Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Indah, R.N. (2019). Kontribusi Lembaga Informasi Di Era Disrupsi Dan Globalisasi. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 2(1), 79-92. DOI: https://doi.org/10.30999/n-jils.v2i1.518

Indah, R.N., Syam, R.Z.A., & Agustina, H. (2021). Analisis Penerapan Pencahayaan Di Pitimoss Fun Library Terhadap Minat Kunjung Perpustakaan. Jurnal El-Pustaka, 2(1), 25-34. DOI: https://doi.org/10.24042/el-pustaka.v2i1.8331

Kriswibowo, A., & Prathama, A. (2019). Kajian Evaluatif Atas Penerapan Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi. Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 7(1), 65-74. DOI: 10.24252/kah.v7i1a6.

Lasa HS. (2005). Manajemen Perpustakaan. Yogyakarta: Gama Media

Leo, Sutanto. (2013). Kiat Jitu Menulis Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung: Erlangga.

Mudassir, A. (2018). Analisis Gedung dan Fasilitas Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Wajo. Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Nafidah, N. (2015). Pengaruh Kinerja Pustakawan Terhadap Kepuasan Pemustaka Pada Perpustakaan Universitas Indonesia. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Naibaho, T. S. (2020). Evaluasi Pencahayaan dan Penghawaan Pada Ruang Rawat Inap Pasien Rumah Sakit Studi Kasus: Ruang Rawat Inap Pasien Rumah Sakit Pendidikan Universitas Sumatera Utara. Tesis, Universitas Sumatera Utara.

Perpustakaan Nasional RI. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: 2015

Perpustakaan Nasional RI. Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2017.

Perpustakaan Nasional RI. 2000. Pedoman Umum Penyelenggaraan Perpustakaan Umum, Jakarta.

Presiden Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Silalahi, U. (2009). Metode Penelitian Sosial Kualitatif. Bandung: Refika.


Full Text: Fulltext

Article Metrics

Abstract View : 598 times
Fulltext Download : 413 times

DOI: 10.30742/tb.v6i1.2112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.