Inovasi Layanan “Delivery Service” Pada Perpustakaan Sekolah di Era Pandemi Covid-19

Achmad Halim Pamungkas(1),


(1) SMA Nation Star Academy
Corresponding Author

Abstract


Pandemi covid-19 memberikan dampak besar bagi Perpustakaan Sekolah. Pelayanan yang tidak maksimal dan minimnya peminjaman karena ditiadakannya PTM (Pembelajaran Tatap Muka) menjadikan Perpustakaan Sekolah kehilangan pemustakanya. Pustakawan dituntut untuk aktif dalam membuat sebuah inovasi. Delivery Service adalah layanan pengiriman dengan informasi sebagai produknya. Penelitian ini menggunakan metode studi Pustaka dengan cara menghimpun informasi yang relevan. Hasil penelitian berdasarkan karakterstik inovasi Rogers, bahwa perpsutakaan sekolah dapat mengadopsi inovasi Delivery Service, hasilnya menunjukan Perpustakaan sekolah dapat terbantu dengan adanya inovasi tersebut. Memudahkan pemustaka dalam menjangkau koleksi yang ada di Perpustakaan sekolah dan Pustakawan dapat kembali memaksimalkan pelayanannya pada masa pandemic covid-19.

Kata Kunci: Delivery Service, Inovasi, Perpustakaan Sekolah


References


Aju, David, & Ape, Rebecca. (2020). Strategies for The Delivery of Library and Information Service to All in Nigeria by the Year 2020. NASHERJ, 9(1), 53-58.

Ardiansyah, Ramdani. (2020). Inovasi Perpustakaan di Era New Normal. Medan: Universitas Medan Area.

Benawi, Imran. (2012). Perpustakaan Kafe dan Warkop adalah Sebuah Perpustakaan Inovasi Masa Kini. Jurnal Iqra’, 6(2), 14-24.

Cook, G., Matthews. (2019). Innovation In The Public Sector: Enabling Better Performance. Canberra: Commonwealth of Australia.

Danandjaja, J. (2014) Metode Penelitian Kepustakaan. Antropologi Indonesia.

Mirshad, Z. (2014). Persamaan Model Pemikiran Al-Ghaza dan Abraham Maslow Tentang Model Motivasi Konsumsi. (Tesis: UIN Sunan Ampel Surabaya).

Deleri, D. (2015) Innovation Management in Global Competition and Competitive Advantage. PROCEDIA: Social and Behavior Sciences, 1365-1370.

Fatimah. (2018). Perpustakaan, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan. Juirnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 2(1), 30-35

Halvorsen, Thomas. (2005). On The Differences Between Public and Private Sector Innovation. 16(1).

Mangnga, Alias. (2015). Peran Perpustakaan Sekolah Terhadap Proses Belajar Mengajar di Sekolah. JUPITER, 14(2), 38-42.

Rogers, Everett, M. (1983). Diffusion of Innovations. London: The Free Press.

Rogers, Everett, M. (2003). Diffusion of Innovations. NY: The Free Press.

Rogers, Everett, M. (2010). Diffusion of Innovations 4th Edition. New York: The Free Press

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Usman, M.H., Aswar, & Sam, Zulfiah. (2020). Covid-19 Dalam Perjalanan Akhir Zaman: Sebab, Dampak dan Anjuran Syariat Dalam Menghadapinya. Jurnal Bidang Hukum Islam, 1(2), 137-155.

Widayati, Erna Fitri., & Pariyanti. (2020). Delivery Service Pustkawan di Era New Normal. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, 12(2), 153-170.


Full Text: Fulltext

Article Metrics

Abstract View : 225 times
Fulltext Download : 168 times

DOI: 10.30742/tb.v6i2.2557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.