Digital Government Dalam Menciptakan Transparansi Pelayanan Publik: Suatu Analisis berdasarkan Perspektif Bibliometrik

Safina Innaf Mia Ardelia(1), Imam Yuadi(2),


(1) Universitas Airlangga
(2) Universitas Airlangga
Corresponding Author

Abstract


Tujuan Penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan penelitian digital government. Penelitian ini menjadi penting untuk dikaji karena membahas mengenai kehadiran digital government yang menjadi salah satu inovasi dari pemerintah untuk menjawab tuntutan masyarakat atas persoalan pelayanan publik selama ini. E-government merupakan inisiatif penggunaan TIK untuk meningkatkan efisiensi, akuntabilitas, transparansi, dan efektivitas kinerja pemerintah dalam pemberian layanan publik yang lebih baik. Metode penelitian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis bibliometrik. Data analisis. Data dianalisis dan divisualisasikan menggunakan perangkat lunak Vosviewer berdasarkan network visualization, overlay visualization, dan density visualization. Selain itu, digunakan pula aplikasi biblioshiny untuk menganalisis dan memvisualisasi data berdasarkan worldcloud, co-occurrence network, dan thematic map. Hasil Penelitian. Analisis bibliometrik dengan visualisasi menggunakan VosViewer menemukan 4 cluster dari 157 item kata kunci terkait. Cluster pertama berwarna merah 54 items dengan kata kunci terbesar “sector”. Sedangkan analisis bibliometrik menggunakan biblioshiny menunjukkan bahwa “e-government” merupakan kata yang paling dominan digunakan oleh para peneliti.


References


Aminah, S., & Saksono, H. (2021). Digital Transformation of the Government: A Case Study in Indonesia. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 37(2). https://doi.org/10.17576/JKMJC-2021-3702-17

Asmawanti. D., & Melin, S. (2023). Analisis Bibliometrik Good Government Governance di Indonesia dari Tahun 2015-2020. Monex – Journal of Accounting Research, 12(1).

Barusman, M. Y. S., et al. (2019). Design of Excellent Service Model on Department of Population and Civil Registration in City of Metro, Indonesia. International Journal of Research in Business and Social Science, 8(2). https://doi.org/10.20525/ijrbs.v8i2.197

Bonina, C. M., & Cordella, A. (2010). The internet and public bureaucracies: towards balancing competing values. Oxford Internet Institute

Brilianty, S. A., & Yuadi, I. (2022). Tren Penelitian “Digital Philosophy” Dalam Analisis Bibliometrik. Jurnal Yaqzhan, 8(1).

Cheng, et al. (2018). A Tri-Method Approach to A Review of Adventure Tourism Literature: Bibliometric Analysis, Content Analysis, and A Quantitative Systematic Literature Review. Journal of Hospitality & Tourism Research, 42(6), 997–1020. doi: 10.1177/1096348016640588

Donthu, et al. (2020). Forty Years of The International Journal of Information Management: A Bibliometric Analysis. International Journal of Information Management

Dwiyanto, A. (2006). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: penerbit Gadjah Mada University Press.

Furuholt, B., & Wahid, F. (2008). E-government Challenges and the Role of Political Leadership in Indonesia: The Case of Sragen. Proceedings of the 41st Hawaii International Conference on System Sciences.

Gamawati, L. N. (2022). Pendekatan Citizen Centric E-Government sebagai Cara Pandang Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Diakses melalui https://hmgp.geo.ugm.ac.id/2022/09/08/pendekatan-citizen-centric-e-government-sebagai-cara-pandang-pelayanan-publik-berbasis-teknologi-informasi-dan-komunikasi/#:~:text=Menurut%20World%20Bank%2C%20e%2DGovernment,sama%20dengan%20lembaga%20pemerintah%20lainnya

Hakim, L. (2020). Bibliography Analysis of Business Incubator Research in Scientific Publications Indexed by Scopus. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2).

Hidayat, H. A., Trisakti, H. F., & Nanang, S. (2017). Reformasi Administrasi, Teori dan Praktek. FISIP UNPAD Press.

Hutauruk, J. H. V. (2018). The Implementation of E-Government in the Context of Good Governance on Judicial Sectors in Indonesia. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 192. Atlantis Press.

Irawan, B. (2013). Studi Analisis Konsep E-Government: Sebuah Paradigma Baru dalam Pelayanan Publik. Jurnal Paradigma, 2(1), 174-201.

Kalsi, N. S., Subhash, V., & Ravi, K. (2009). Effective e-Governance for Good Governance in India. International Review of Business Research Papers, 5(1).

Kurniawan, R. C. (2016). Inovasi Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah. Fiat Justisia Journal of Law, 10(3).

Mahsyar, A. (2011). Masalah Pelayanan Publik di Indonesia Dalam Perspektif Administrasi Publik. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2).

Mariano, S. (2018). Penerapan E-Government Dalam Pelayanan Publik di Kabupaten Sidoarjo. Thesis, Universitas Airlangga.

Martínez-López, F.J., Merigó, J.M., Valenzuela-Fernández, L., & Nicolás, C. (2018). Fifty years of the European Journal of Marketing: a bibliometric analysis. European Journal of Marketing, 52(1/2), 439-468. https://doi.org/10.1108/EJM-11-2017-0853

Maulana, M. K., & Imam, Y. (2022). Analisis Bibliometrik Tentang Arkeologi Islam. Jurnal Tamaddun, 10(2).

Merigo, J. M., & Yang, J. (2017). A Bibliometric Analysis of Operations Research and Management Science. Omega, 73, 37-38. https://doi.org/10.1016/j.omega.2016.12.004

Nurfauzan, M. I., Hanani, F. (2021). Analisis Bibliometrik Trend Penelitian Covid-19 Di Indonesia Pada Bidang Bisnis dan Manajemen. Jurnal Bisnis Strategi, 30(2), 90-100.

Nurhakim, M.R.S. (2014). Implementasi E-Government Dalam Mewujudkan Transparansi Dan Akuntabilitas Sistem Pemerintahan Modern. Jurnal Ilmu Administrasi,11(3), 403-422.

Ratnasari, M. O. B., Irwan, N., & Firda, H. (2022). Analisis Pengembangan E-Government pada Layanan Administrasi Pemerintahan (Studi pada “SURADI” di Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Malang). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP), 8(1), 35-44.

Rinaldi, A. R. (2022). Analisis Pemetaan Bibliometrik terhadap Perkembangan Penelitian mengenai Perilaku Wisatawan. Jurnal Pariwisata Indonesia, 18(1).

Siadari, L. P. P. (2021). Proses Panjang Peningkatan Kualitas Nilai Pelayanan Publik di Indonesia. https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--proses-panjang-peningkatan-kualitas-nilai-pelayanan-publik-di-indonesia

Sufianti, E. (2007). Aplikasi E-Government Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten di Indonesia. Jurnal Ilmu Administrasi, 4(4)

Sulistyo-Basuki. (2002). Pemetaan Ilmu Pengetahuan. Kumpulan Makalah Kursus Bibliometrika. Masyarakat Informetrika Indonesia. Pusat Studi Jepang, UI – Depok

Utama, A. A. G. S. (2020). The Implementation of E-Government in Indonesia. International Journal of Research in Business and Social Science, 9(7). https://doi.org/10.20525/ijrbs.v9i7.929

Vaux, A., Riedel, S., & Stewart, D. (1987). Modes of Social Support: The Social Support Behaviors (SS-B) Scale. American Journal of Community Psychology, 15(2), 209–237. https://doi.org/10.1007/BF00919279


Full Text: Fulltext

Article Metrics

Abstract View : 271 times
Fulltext Download : 215 times

DOI: 10.30742/tb.v7i2.2937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.