Cover Image

Pengaruh Sumber Informasi Perpustakaan Terhadap Kompetensi Lulusan Sarjana Yang Dimediasi Oleh Literasi Informasi

Anton Risparyanto(1),


(1) 
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung sumber informasi perpustakan terhadap kompetensi lulusan sarjana. Begitu juga pengaruh sumber informasi terhadap literasi informasi dan pengaruh literasi informasi terhadap kompetensi lulusan sarjana. Penelitian ini menggunakan metode kuantitafif dengan jumlah sampel 300 responden yang diambil secara propbability sampling (random). Data dianalisis dengan menggunakan analisa jalur (path) regresi linier berganda. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber informasi perpustakaan secara langsung dan tidak lang berpengaruh siginifikan terhadap kompetensi lulusan sarjana yang ditunjukan dengan nilai probabilitas (p-value=0.037 <0,05) dan (p-value=0.000 < 0,05). Begitu juga pengaruh sumber informasi terhadap literasi informasi dan selanjutnya literasi informasi terhadap terhadap kompetensi lulusan sarjana dengan nilai probabilitas (p-value=0.000 < 0,05) dan (p-value=0.000 < 0,05). Peneliti juga meyarankan agar peningkatan lulusan sarjana dapat dilakukan melalui ketersedian sumber informasi dan literasi informasi. Penulis juga berharap agar ada penelitian lanjutan yang berkaitan dengan analisis jenis sumber informasi perpustakaan atapun literasi informasi dalam meningkatkan kompetensi lulusan sarjana secara  efektif dan efisien


References


Almas, H., Andajani, K., & Istiqomah, Z. (2018). Hubungan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan dalam Penyelesaian Skripsi dengan Ketersediaan Koleksi. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 63–71. https://dx.doi.org/10.17977/um008v2i12018p063

Fajarwati, Y. (2012). Pengaruh Kemampuan Literasi Informasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMAN 1 Depok (skripsi). Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Universitas Indonesia. Diambil 17 November 2019 from lib.ui.ac.id/file?file=digital.

Felicia, U. I. (2015). Information needs, library resources, and services available to postgraduate students in the institute of African studies, University of Ibadan, Nigeria. International Journal of Library and Information Science, 7(4), 77–85. https://doi.org/10.5897/IJLIS2014.0450

Hajam, M. A. (2017). Users’ information literacy competencies: A study with reference to the scholarly community of Kashmir University. DESIDOC Journal of Library and Information Technology, 37(3), 153–157. https://doi.org/10.14429/djlit.37.3.9739

Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat Perguruan Tinggi. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional. Diambil 19 Agustus 2019 from http://repository.ung.ac.id

Khalida Azrin. (2017). Pengaruh Ketersediaan Koleksi Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa. 6(2), 1–7. Diambil 17 Oktober 2019 from http://journal.unair.ac.id

Lasa Hs, & Suciati, U. (2017). Kamus Kepustakawanan Indonesia Edisi 4. Calpulis.

Leon, R.-D., Neştian, A.-Ş., & Nica, P. (2015). The Impact of Information Sources on the Quality Values Promoted in the Romanian Universities. Procedia Economics and Finance, 20(15), 342–349. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(15)00082-9

Noh, Y. (2012). The impact of university library resources on university research achievement outputs. Aslib Proceedings: New Information Perspectives, 64(2), 109–133. https://doi.org/10.1108/00012531211215150

Nova, M., Aminuyati, & Okianna. (2015). Pengaruh Minat Membaca di Perpustakaan Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pemasaran Smk Panca Bhakti. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(9), 1–11. Diambil 15 Oktober 2019 from http://jurnal.untan.ac.id

Pemerintah Indonesia. (2012). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Jakarta: Sekretariat Kabinet. Diambil 18 Agustus 2019 from https://sipuu.setkab.go.id

Preacher, K. J. (2019). The calculation for the Sobel test: An Interactive Calculation Tool for Mediation Tests.Diambil 18 Oktober 2019 from http://quantpsy.org/sobel/sobel.htm

Rahma, A. A. (2017). Pemanfaatan jurnal psikologi dalam penyusunan tesis mahasiswa Psikologi UGM tahun 2012 kajian analisis sitiran. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 13(1), 12–24. https://doi.org/10.22146/bip.16950

Risparyanto, A. (2019). Pelayanan Bimbingan Literasi dan Sumber Informasi Perpustakaan Bagi Mahasiswa yang Sedang Menyusun Tugas Akhir. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 15(1), 1-9. https://doi.org/10.22146/bip.36842

Septiyantono, T. (2014). Materi pokok literasi informasi; 1-9. Universitas Tebuka.

Suleiman, Y., Hanafi, Z., & Tanslikhan, M. (2018). Perceived Influence of Library Services on Students ’ Academic Achievement in Secondary Schools in Kwara State , Nigeria. Library Philosophy and Practice (e-Journal). 10 (3), 1-40. Diambil 18 Oktober 2019 from https://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/1744.

Syamsi, A. (2016). Penguatan Literasi Informasi Berbasis Perpustakaan Bagi Peningkatan Mutu Akademik Mahasiswa Pgmi Iain Cirebon. JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(2), 1-14. Diambil 20 Oktober 201 from https://media.neliti.com diakses

Widyanto, S. (2017). Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3), 257–268. Diambil 8 Agustus 2019 from https://journal.student.uny.ac.id

Wijarani, D. (2016). Pengaruh Kemampuan

Membaca Pemahaman Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ssiswa SMP Negeri di Kecamatan Kebumen. Ekuivalen, 23(2), 155–160. Diambil 19 Oktober 2019 from https://ejournal.umpwr.ac.id


Full Text: Article Fulltext

Article Metrics

Abstract View : 594 times
Article Fulltext Download : 422 times

DOI: 10.30742/tb.v4i2.980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.