PERENCANAAN JALAN SOEKARNO HATTA PASURUAN DENGAN SISTEM PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA

Ikhwanul Kirom, Siswoyo Siswoyo

Abstract


Abstrak : Jalan Soekarno Hatta adalah jalan yang menghubungkan Pasuruan dan Probolinggo, jalan tersebut menjadi akses menuju Banyuwangi, sehingga ruas jalan Soekarno Hatta memiliki volume lalu lintas yang tinggi dan beban lalu lintas yang berat, bisa disimpulkan jalan tersebut dilalui kendaraan besar sehingga menimbulkan kerusakan yang cukup signifikan. Selama ini penanganan pada ruas jalan tersebut hanya pemeliharaan, dan  perbaikan fungsional pada permukaan jalan yang rusak. Penanganan ini belum tepat karena upaya perbaikan yang dilakukan tidak dapat bertahan lama sesuai dengan umur rencana. Pada Tugas Akhir ini, Perencanaan Jalan Soekarno Hatta Pasuruan memiliki beberapa tahapan yaitu pengumpulan data-data yang dibutuhkan, analisa perhitungan. Hasil penghitungan perencanaan Jalan Soekarno Hatta Pasuruan menggunakan metode AASTHO 1993, dapatkan tebal pelat adalah 300 mm dengan tulangan memanjang dan melintang diameter 8 – 300 mm. Dowel digunakan diameter diameter 38 cm, panjang 45 cm, jarak 60 cm. Batang pengikat (Tie bar) digunakan besi ulir diameter 8 mm, panjang 60 cm, jarak 70 cm.Total biaya yang dibutuhkan pada Jalan Soekarno Hatta Pasuruan dengan acuan HSPK Pasuruan  sebesar Rp. 235.691.408.811,- (dua ratus tiga puluh lima milyar enam ratus sembilan puluh satu juta empat ratus delapan ribu)

                 

Kata kunci : metode AASTHO 1993, jalan, perkerasan kaku

Keywords


Manajemen Transportasi/Lalu Lintas

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30742/axial.v8i1.1028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Statistik

View My Stats