PENERAPAN REKAYASA NILAI PADA GEDUNG PERKULIAHAN (STUDI KASUS GEDUNG KULIAH BERSAMA DAN LABORATORIUM FEB UPN “VETERAN” JAWA TIMUR)

Rizta Ivania Devita, Siswoyo Siswoyo

Abstract


Abstrak: Pembangunan gedung bertingkat akan selalu membutuhkan anggaran biaya yang cukup besar. Besarnya anggaran biaya yang dibutuhkan selalu menjadi pusat perhatian masyarakat, sehingga perlu untuk ditinjau kembali desain yang telah direncanakan agar lebih efektif dan optimal. Peninjauan kembali desain rencana, menuntut para kontraktor atau konsultan untuk berpikir lebih kreatif seiring semakin majunya inovasi metode pelaksanaan pada proyek gedung bertingkat. Pembangunan Gedung Kuliah Bersama dan Laboratorium FEB UPN “Veteran” Jawa Timur memiliki nilai kontrak lebih dari 1 milyar, sehingga sesuai dengan peraturan Departemen Pekerjaan Umum Nomor 222/KPTS/CK/1991 Direktorat Jendral Cipta Karya bahwa bangunan yang memiliki nilai atau biaya pengerjaan lebih dari 1 milyar maka dapat dilakukan analisis Rekayasa Nilai guna meningkatkan nilai dan kualitas dari proyek tersebut. Tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui elemen pekerjaan manakah yang dapat dilakukan Rekayasa Nilai dan guna mengetahui berapa besar penghematan biaya yang dapat diperoleh dari penerapan Rekayasa Nilai. Penerapan Rekayasa Nilai dilakukan pada pekerjaan pelat dengan menggunakan alternatif sistem flat slab dan pracetak. Teknik atau metode yang digunakan dalam Rekayasa Nilai terdiri dari empat tahap yakni tahap informasi, tahap kreatif, tahap analisis, dan tahap rekomendasi. Hasil tinjauan yang diperoleh pada pekerjaan pelat menggunakan alternatif sistem pracetak, yakni didapatkannya penghematan anggaran biaya sebesar Rp 4.464.988.792.

 

Kata Kunci: Rekayasa Nilai, Flat Slab, Pracetak, Gedung Kuliah

Keywords


Manajemen Konstruksi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30742/axial.v10i2.2479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Statistik

View My Stats