PERENCANAAN STRUKTUR BETON BERTULANG HOTEL VELINS 10 LANTAI DI KOTA YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM RANGKA PEMIKUL MOMEN KHUSUS (SRPMK)

Veronika Lydya Intane, Soerjandani Priantoro Machmoed

Abstract


ABSTRAK:Kota Yogyakarta merupakan kota yang memiliki berbagai potensi, salah satunya yaitu sebagai kota pariwisata yang memberikan akomodasi yang sangat tinggi seperti Hotel. Tujuan dari perencanaan gedung hotel Velins ini yaitu; untuk mengetahui simpangan horizontal yang terjadi pada setiap lantai yang sesuai dengan SRPMK, untuk mengetahui Strong Column Weak Beam (SCWB) pada perencanaan gedung telah memenuhi batas izin minimum menggunakan metode SRPMK dan untuk mengetahui Hubungan Balok Kolom (HBK) terkait tulangan geser pada perencanaan gedung ini telah memenuhi persyaratan sesuai dengan peraturan SNI 2847-2019. Hotel Velins direncanakan di Kota Yogyakarta dengan tinggi 10 lantai yang menggunakan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK) karena Yogyakarta termasuk kategori desain seismik D. SRPMK memiliki kelebihan antara pendetailannya menghasilkan struktur dengan daktilitas penuh yang memiliki kemampuan dalam berdeformasi inelastis tanpa kehilangan kekuatan. Standar peraturan yang menjadi rujukan dalam perencanaan ini yaitu SNI 1726-2019, SNI 1727-2020, SNI 2847-2019, serta SNI 03-1727-1989. Pemodelan perencanaan komponen struktur bangunan beton bertulang serta analisa struktur menggunakan program struktur. Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa struktur bangunan termasuk bangunan tahan gempa. Nilai simpangan horizontal rerata yaitu 25,76 mm telah memenuhi persyaratan dengan tidak melebihi izin simpangan horizontal yaitu 100 mm. Selain itu, gedung ini juga memenuhi syarat SCWB dengan sigma 𝑀𝑛𝑐 = 3698,46 kNm lebih besar (1,2) sigma 𝑀𝑛𝑏 = 989, Β 

KATA KUNCI : Hotel Velins, Kota Yogyakarta, Struktur Beton Bertulang, Struktur Gedung Tahan Gempa, Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus


Keywords


Rekayasa Struktur

Full Text:

PDF

References


Abdul, Fauzi., & Utari Khatulistiani. 2020. Perencanaan Struktur Beton Bertulang Gedung Apartemen Lyon di Kota Yogyakarta Menggunakan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus. Axial Vol. 8. No. 2, Jurnal Rekayasa dan Manajemen Konstruksi.

Anson, Jovan., & Soerjandani Priantoro M. 2023. Perencanaan Struktur Gedung Hotel Azona Menggunakan Metode Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus Di Kota Yogyakarta. Axial Vol. 11. No. 1, Jurnal Rekayasa dan Manajemen Konstruksi.

Arifin. 2008. Studi Perencanaan Portal Dan Pondasi Gedung B Rusun Siwalankerto Surabaya Dengan Metode Daktilitas Terbatas. Neutron Vol. 8, No. 1.

Badan Standardisasi Nasional. 2019. SNI 1726-2019. Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Nongedung. Jakarta : BSN.

Badan Standardisasi Nasional. 2019. SNI 2847-2019. Persyaratan Beton Struktural untuk Bangunan Gedung. Jakarta : BSN.

Badan Standardisasi Nasional. 2020. SNI 1727-2020. Beban Desain Minimum dan Kriteria Terkait untuk Bangunan Gedung dan Struktur Lain. Jakarta : BSN.

Brawijaya, Ganteng., & Soerjandani Priantoro M. 2022. Perencanaan Gedung Rusunawa 10 Lantai Di Kota Yogyakarta Dengan Struktur Beton Bertulang Menggunakan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (Srpmk). Axial Vol. 10, No 2, Jurnal Rekayasa dan Manajemen Konstruksi.

Durrademantar, Bernald., & Soerjandani Priantoro M. 2023. Perencanaan Gedung Perkantoran Berliano 10 Lantai Dikota Palu Menggunakan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus. Axial Vol. 11, No 2, Jurnal Rekayasa dan Manajemen Konstruksi.

Firmansyah, Andika., & Soerjandani Priantoro M. 2019. Perencanaan Struktur Gedung Lfc Beton Bertulang Tahan Gempa Dengan Menggunakan Sistem Ganda Pada Daerah Gempa Tinggi. Axial Vol. 7, No 2, Jurnal Rekayasa dan Manajemen Konstruksi.

Huda, Thoriqul., & Utari Khatulistiani. 2021. Perencanaan Struktur Gedung Hotel Huda Menggunakan Metode Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus Di Kota Yogyakarta. Axial Vol. 9, No 1. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Konstruksi.

Muda, Anwar. 2016. Analisis Daya Dukung Tanah Fondasi Dangkal Berdasarkan Laboratorium. Jurnal INTEKNA Vol. 16, No.1. Kalimantan Tengah : Satuan Kerja Pelaksanaan Jalam Nasional II.

Subkhan, Muchammad., & Utari Khatulistiani. 2019. Perencanaan Struktur Gedung Apartemen Permata Intan Dengan Konstruksi Beton Bertulang Menggunakan Metode Srpmk Di Kota Yogyakarta. Axial Vol. 7, No 2. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Konstruksi.

Tiasmoro, Hendra., & Soerjandani Priantoro M. 2021. Perencanaan Gedung Apartemen Soedono 10 Lantai Dengan Struktur Beton Bertulang Tahan Gempa Menggunakan Srpmk. Axial Vol. 9, No 1. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Konstruksi.

Yuliana, Maria., & Soerjandani Priantoro M. 2021. Perencanaan Gedung Apartemen D’rini 10 Lantai Dengan Struktur Beton Ringan Bj 1760 Kg/M3 Bertulang Tahan Gempa Menggunakan Srpmk. Axial Vol. 9, No 3, Jurnal Rekayasa dan Manajemen Konstruksi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/axial.v11i3.3373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Statistik

View My Stats