PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR DAN ANGGARAN BIAYA PADA JALAN RAYA KEDIRI – NGANJUK MENGGUNAKAN METODE ANALISA KOMPONEN

Eky Rosalia, Akbar Bayu Kresno Suharso

Abstract


ABSTRAK: Jalan Raya Kediri Nganjuk merupakan jalan yang menghubungkan antara kabupaten Kediri dan Nganjuk. Ruas jalan raya tersebut digunakan untuk akses layanan transpotasi baik kendaraan ringan maupun kendaraan berat yang melintasi jalan tersebut. Sehingga diperlukan adanya perencanaan ulang jalan untuk meningkatkan kualitas jalan raya Kediri – Nganjuk agar tidak terjadinya kerusakan yang signifikan. Tujuan perencanaan ini untuk mengetahui tebal lapisan permukaan dan anggaran biaya yang dikeluarkan saat proses pekerjaan. Perencanaan ini diharapkan agar bisa meningkatkan aksesibilitas masyarakat, sehingga perlu adanya metode pelaksanaan yang tepat agar dapat tercapainya target mutu, biaya, dan waktu. Metode yang di gunakan pada perencanaan perkerasan lentur dengan menggunakan metode Analisa Komponen yang di peroleh hasil 10 cm dari sirtu kelas A (lapis pondasi bawah), 20 cm dari batu pecah kelas A (lapis pondasi) dan 10 cm dari laston ACMS 744 (lapis permukaan) dengan umur rencana 20 tahun dan anggaran biaya sejumlah Rp. 9,288,849,943.70

KATA KUNCI : Analisa Komponen, Jalan, Perkerasan Lentur


Keywords


Manajemen Transportasi

Full Text:

PDF

References


Ardiyana, R. R., & Siswoyo, S. (2019). Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur dan Anggaran Biaya di Jalan Pare-Kediri Kota Kediri. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Konstruksi, 7(2), 113–124.

Balido, P., Mudjanarko, S., & Safarizki, H. (2021). Perencanaan Peningkatan Tebal Perkerasan Lentur Pada Ruas Jalan Petuk (STA 15+050 – STA 15+500) Kec. Penfui Kota Kupang Menggunakan Metode Bina Marga 2017. MoDuluS: Media Komunikasi Dunia Ilmu Sipil, 3, 25. https://doi.org/10.32585/modulus.v3i1.1784

Burdi, R. A., Suharso, A. B. K., & Khatulistiani, U. (2023). PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR UNTUK PENINGKATAN JALAN DANGKA MANGKA – WATUNGGONG , KABUPATEN MANGGARAI. 11(1), 13–22.

Nazar, U., Yermadona, H., & Dewi, S. (2022). PERBANDINGAN PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR DENGAN MDPJ 2017 DAN METODE ANALISA KOMPONEN 1987 (STUDI KASUS JALAN SUBARANG TARAM KABUPATEN LIMAPULUH KOTA). Ensiklopedia Research and Community Service Review, 2, 55–59. https://doi.org/10.33559/err.v2i1.1358

Radinal, R., & Wijaya, S. (2022). PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN JALAN MENGGUNAKAN METODE ANALISA KOMPONEN BINAMARGA SNI:1732-1989-F (STUDI KASUS RUAS JALAN PASAR MASURAI-TANJUNG DALAM KAB. MERANGIN). Ensiklopedia of Journal, 4, 307–313. https://doi.org/10.33559/eoj.v4i4.1207

Rais, R., Rosdiyani, T., & Yusup, M. (2021). ANALISA TEBAL PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE AMERICAN ASSOCIATION OF STATE HIGHWAY AND TRANSPORTATION OFFICIAL (AASHTO) DAN ANALISA KOMPONEN. Journal of Sustainable Civil Engineering (JOSCE), 3. https://doi.org/10.47080/josce.v3i02.1450

Suharso, A. B. K., & Andaryati. (2024). Analysis of Road Damage Level Using the Pavement Condition Index (PCI) Method on the Surabaya-Gresik Toll Road, East Java. International Journal on Advanced Science Engineering Information Technology, 14(2), 592–599.

Suharso, A. B. K., Jayani, H. P. E. M., & Khatulistiani, U. (2023). Perencanaan Perkerasan Kaku Jalan Tol Serang Panimbang Banten Menggunakan Metode PCA (Portland Cement Association). Jurnal EXTRAPOLASI, 20(01), 1–15.

Suharso, A. B. K., Novitasari, & Khatulistiani, U. (2023). Analisis Kerusakan Jalan Beserta Penanganannya dengan Menggunakan Metode Bina Marga Pada Jalan Mastrip Surabaya. Jurnal EXTRAPOLASI, 20(2), 166–175.

Syafriyandi, D., Widjaya, C., Sitanggang, A., Putra, A., & Yulianyahya, R. (2024). Analisa Perhitungan Perkerasan Jalan Raya pada Lingkar Luar Km 13+512-Km 18+401 Kota Palangka Raya Menggunakan Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen (SKBI–2.3.26.1987). Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 31–40. https://doi.org/10.51178/jpspr.v4i2.2015

Viegas, M. N. M., Maliki, A., & Suharso, A. B. K. (2022). Pengaruh Penggunaan Plastik Jenis Hdpe (High Density Polyethylene) Dengan Pasir Laut Terhadap Daya Tahan Lapis Perkerasan Aspal Beton. axial, Jurnal Rekayasa dan Manajemen Konstruksi, 10(1), 1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/axial.v12i2.3418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Statistik

View My Stats