PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) UNTUK PENINGKATAN JALAN PADA RUAS SUKODADI – SUMBERWUDI KAB. LAMONGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA

Muhammad Agus Mahardika, Siswoyo Siswoyo

Abstract


Jalan Sukodadi Lamongan merupakan salah satu akses untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat oleh karena itu diperlukan jalan yang nyaman dan aman bagi pengguna jalan. Jalan di Sukodadi Lamongan sudah tidak mampu memikul beban kendaraan sehingga panjangnya banyak berlubang dan bergelombang. Selain itu juga pada saat musim penghujan jalan tersebut tergenangi air hujan dan sering kali banjir. Pemilihan perkerasan kaku sebagai peningkatan jalan Sukodadi Lamongan karena perkerasan kaku dapat memikul beban kendaraan yang berat. Tujuan dari perencanaan ini adalah untuk mengetahui tebal perkerasan kaku untuk perbaikan Jalan Sukodadi – Sumberwudi Lamongan berserta RAB. Metode yang digunakan dalam perencanaan Rigid Pavement ini menggunakan metode Bina Marga Manual Desain Perkerasan 2017. Berdasarkan hasil perhitungan tebal perkerasan 265 mm, lapis pondasi bawah berupa Lean Mix Concrete tebal 150 mm, lapis drainase (LFA kelas A) tebal 150 mm, sambungan dowel berdiameter 32 mm, panjang 450 mm, dan jarak 300 mm. Sambungan memanjang batang pengikat tie bar berdiameter D 16 mm, panjang 700 mm, dan jarak batang pengikat 750 mm. tulangan memanjang bardiameter 12 mm dengan jarak 320 mm tulangan melebar berdiameter 12 mm dengan jarak 320 mm. biaya pembangunan jalan Sukodadi-Sumberwudi Kabupaten Lamongan sebesar Rp. 53.448.993.000. (Lima Puluh Tiga Miliyar Empat Ratus Empat Puluh Delapan Sembilan Ratus Sembilan Puluh Tiga Ribu Rupiah).

Keywords


Rekayasa Transportasi/ lalu lintas

Full Text:

PDF

References


Anfarid, S. (2022). Perencanaan Jalan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Metode Bina Marga Dijalan Banjarsari Gersik. Uwks.

Asrul, A. (2014). Analisis Kerusakan Dan Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Dengan Metode Binamarga.

Bamaska, B., & Berlianando, D. (2018). Perencanaan Peningkatan Ruas Jalan Pada jalan Lingkar Timur Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur Dengan Menggunakan Pekerasan Kaku Pada STA 4+650 S.D 7+650. Its. Its.

Bina Marga. (2010). Pemeliharaan Jalan dan Perbaikan Jalan. Pemeliharaan Jalan dan Perbaikan Jalan. In PU Bina Marga.

Darmaji. (2017). Perencanaan Perkerasan Jalan. In Perencanaan Perkerasan Jalan.

Fikali Maklas, E. (2019). Analisis Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Pada Proyek Pembangunan jalan Tol Bogor_Ciawi-Sukabumi. Jurnal Teknik Sipil Dan Lingkungan.

Herlina, R., Azwansyah, H., & S. (2022). Analisa Perencanaan Perkerasan Kaku Jalan Khatulistiwa Kota Pontianak Dengan Metode Bina Marga 2017 Dan Metode AASTHO 1993. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Paus. (2016). Perancangan Pekerasan Jalan. In Perancangan Perkerasan Jalan.

Pemerintah., P. (2006). Jalan Khusus, Jalan Umum, dan Jalan Tol. Jalan Khusus, Jalan Umum, dan Jalan Tol. In Jalan Khusus, Jalan Umum, dan Jalan Tol. Jalan Khusus, Jalan Umum, dan Jalan Tol.

Permatasari, S. (2020). Analisis Kepadatan Tanah Dengan Pengujian CBR (California Bearing Ratio) Pada Ruas Jalan Masuk Jembatan Penyebrangan Tanjung Serdang-Batulicin Kecamatan Pulau Laut Tengah Kabupaten Kota Baru. Politeknik Kota Baru.

Pemeliharaan dan Penilikan Jalan., (2011).

PU Bina Marga. (2013). Pedoman Perencanaan Tebal Perkerasan. In Pedoman Perencanaan Tebal Perkerasan.

Purba, T. N. (2017). Peningkatan Jalan Menggunakan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Pada Ruas Jalan SM.Raja, Kota Medan.

Sukirman. (1999). Perkerasan Jalan.

Sulaksono. (2000). Perencanaan Pekerasan Kaku Untuk Jalan.

Tenriajeng, A. T. (1999) . Rekayasa Jalan Raya 2. Penerbit Gunadaerma.

Tentang Jalan, (2004). Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, (2009).




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/axial.v12i2.3669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Statistik

View My Stats