PENGARUH PENGGUNAAN LIMBAH KERAMIK SEBAGAI BAHAN PENGGANTI AGREGAT HALUS TERHADAP KARAKTERISTIK BETON

Nur Aini Ayu Ismawati, Andaryati Andaryati

Abstract


Pada penelitian pengaruh penggunaan limbah keramik sebagai bahan pengganti agregat halus ini bertujuan untuk mengetahui nilai mutu optimum yang dihasilkan dari pengujian kuat tekan dan kuat tarik belah beton. Limbah keramik yang digunakan untuk penelitian berasal dari PT Keramik Diamond Industries, dengan variasi prosentase yang dipakai pada penelitian ini adalah beton normal, beton campuran limbah keramik prosentase 4 persen, 8 persen dan 12 persen dari berat total agregat halus. Perhitungan mix design dengan menggunakan metode DOE (Departement of Environment) dengan menetapkan faktor air semen yaitu 0,4. Pengujian kuat tekan pada benda uji silinder dilakukan pada umur 7, 14, dan 28 hari. Sedangkan pengujian kuat tarik belah pada benda uji silinder dilakukan pada umur 28 hari.  Hasil dari pengujian yang telah dilakukan, diperoleh nilai kuat tekan beton dengan campuran limbah keramik sebagai agregat halus memperoleh nilai tertinggi pada prosentase 12 persen limbah keramik yaitu sebesar 39,32 MPa lebih tinggi sekitar 26,31persen dibandingkan beton normal. Pada pengujian kuat tarik belah beton yang memperoleh nilai tertinggi terletak pada prosentase 12 persen limbah keramik yaitu sebesar 2,68 MPa dan mempunyai nilai kuat tarik belah yang sama dengan beton normal, sehingga limbah keramik sebagai agregat halus telah layak untuk menjadi campuran beton.


Keywords


Beton, limbah keramik, agregat halus

Full Text:

PDF

References


Ditjen PPKL. (2018). Kendalikan Sampah Plastik Industri. https://ppkl.menlhk.go.id/website/reduksiplastik/pengantar.php

Hulukati, M., & Isa, A. H. (2020). Dampak Penambangan Pasir Terhadap Kelestarian Lingkungan Di Kelurahan Tumbihe. 1(2), 44–53.

Junia, P. A., Body, R., Teknik, F., Padang, U. N., Teknik, F., Padang, U. N., Halus, A., Kasar, A., & Keramik, P. L. (2023). Studi eksperimental pemanfaatan limbah keramik sebagai bahan pengganti agregat halus terhadap kuat tekan beton. 4, 176–180.

Kurnia Hadi Putra, J. W. (2019). Studi Eksperimental Penambahan Limbah Keramik Sebagai Agregat Halus Pada Campuran Laston (AC-WC) Terhadap Karakteristik Uji Marshall. 8, 147–155.

Nadia, I. (n.d.). Pengaruh Kadar Silika Pada Agregat Halus Campuran Beton Terhadap Peningkatan Kuat Tekan. 35–43.

PUPR. (2013). Peranan Beton Dalam Pembangunan Infrastruktur Indonesia. https://pu.go.id/berita/peranan-beton-dalam-pembangunan-infrastruktur-indonesia

Sary Sandy, J. H. (2019). Studi Korelasi Porositas Beton Terhadap Kuat Tekan Beton Rata-Rata Menggunakan Agregat Kasar Batu Angus. 12, 72–83.

SNI 1972. (2022). Metode uji slump beton semen hidraulis.

SNI, 4810. (2013). Tata cara pembuatan dan perawatan spesimen uji beton di lapangan.

Suria, A., & Alamsyah, W. (2017). PEMANFAATAN LIMBAH PECAHAN KERAMIK SEBAGAI CAMPURAN TERHADAP KUAT TEKAN BETON.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/axial.v12i1.3672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Statistik

View My Stats