ANALISA KERUSAKAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) PADA JALAN MOROWUDI – BENJENG, GRESIK

Dito Oktaviansyah, Siswoyo Siswoyo

Abstract


Ruas jalan Morowudi – Benjeng merupakan salah satu jalan kolektor di Kabupaten Gresik dengan lalu lintas yang padat, karena jalan ini memiliki fungsi yang penting dalam menunjang kegiatan masyarakat seperti perdagangan, angkutan barang dan jasa. Ruas jalan Morowudi – Benjeng terdapat beberapa kerusakan yaitu retak memanjang, kerusakan tambalan, lubang, amblas, lepasnya butir, retak kulit buaya dan keriting. Hal ini disebabkan oleh meluapnya hujan udara, banyaknya kendaraan muatan barang dan angkutan bermuatan berat yang melalui ruas jalan raya Morowudi - Benjeng Gresik yang menyebabkan kondisi buruk pada struktur jalan dan memberikan dampak merugikan bagi masyarakat sekitar. Menurut permasalahan di jalan Morowudi – Benjeng peneliti akan mencari nilai kondisi perkerasan dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI). Berdasarkan hasil analisa diperoleh rata-rata nilai kondisi sebesar 83,54 yang dikategorikan sangat baik (sangat baik) yang berarti kerusakan pada ruas jalan Morowudi – Benjeng tidak terlalu parah tetapi memerlukan pemeliharaan rutin seperti patching dan crack penyegelan. Besarnya biaya penanganan pada jalan Morowudi – Benjeng adalah sebesar Rp. 213.358.590 Terbilang (Dua Ratus Tiga Belas Juta Tiga Ratus Lima Puluh Delapan Ribu Lima Ratus Sembilan Puluh).

Kata Kunci : Analisa Kerusakan Jalan, Pavement Conditon Index


Keywords


Manajemen Transportasi

Full Text:

PDF

References


BPS Kab Gresik. (2023). Kabupaten Gresik

Dalam Angka 2023. Badan Pusat Statistik

Kabupaten Gresik, 22, 1–414.

HSPK Gresik. (2023). Standar Harga Satuan

Pekerjaan Kontruksi dan Standar Harga

Satuan Tertinggi Pemerintah Kabupaten

Gresik Tahun Anggaran 2023. No.9

Tahun 2016, 1–6.

https://jdih.gresikkab.go.id/document/158

-9-Th-2016-RPJMD-2016

pdf

Kirom, I., & Siswoyo, S. (2020). Perencanaan

Jalan Soekarno Hatta Pasuruan Dengan

Sistem Perkerasan Kaku (Rigid

Pavement) Dan Rencana Anggaran Biaya.

Axial : Jurnal Rekayasa Dan Manajemen

Konstruksi, 8(1), 69.

https://doi.org/10.30742/axial.v8i1.1028

Maharani, A., & Budi Wasono, S. (2018). Ge

STRAM: Jurnal Perencanaan dan

Rekayasa Sipil Perbandingan Perkerasan Kaku Dan Perkerasan Lentur (Studi Kasus

Ruas Jalan Raya Pantai Prigi-Popoh Kab.

Tulungagung). Ge-STRAM: Jurnal

Perancangan Dan Rekayasa Sipil,

(September), 89–94.

Pramono. (2016). Analisis Kondisi Kerusakan

Jalan Pada Lapis Permukaan

Mengunakan Metode Pavement Condition

Index (studi kasus : Jalan Imogiri Timur

,Bantul,Yogyakarta). 1–10.

Shahin, M. Y., & Walther, J. a. (1994).

Pavement Maintenance Management for

Roads and Streets Using the PAVER

System No. CERL-TR-M-90/05. US Army

Ciros of Engineers, Construction

Engineering Research Laboratory.

Suharso, A. B. K., Novitasari, N., &

Khatulistiani, U. (2023). Analisis

Kerusakan Jalan Beserta Penanganannya

Dengan Menggunakan Metode Bina

Marga Pada Jalan Mastrip Surabaya.

Extrapolasi, 20(02), 166–175.

https://doi.org/10.30996/ep.v20i02.9854

UU No 34. (2006). Undang-undang No 34

Tahun 2006. 1–88.

Wahyudi, F. (2018). “Analisa kerusakan jalan

Menurut Metode Bina Marga Dan Pci (

Pavement Condition Index ) Serta

Alternatif Penanganannya ( Studi Kasus

Ruas Jalan Kota Bangun – Gusik ).”

Jurnal Teknik Sipil, 1–14.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/axial.v12i3.3981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Statistik

View My Stats
slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor