ANALISA KERUSAKAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) PADA JALAN MOROWUDI – BENJENG, GRESIK
Abstract
Ruas jalan Morowudi – Benjeng merupakan salah satu jalan kolektor di Kabupaten Gresik dengan lalu lintas yang padat, karena jalan ini memiliki fungsi yang penting dalam menunjang kegiatan masyarakat seperti perdagangan, angkutan barang dan jasa. Ruas jalan Morowudi – Benjeng terdapat beberapa kerusakan yaitu retak memanjang, kerusakan tambalan, lubang, amblas, lepasnya butir, retak kulit buaya dan keriting. Hal ini disebabkan oleh meluapnya hujan udara, banyaknya kendaraan muatan barang dan angkutan bermuatan berat yang melalui ruas jalan raya Morowudi - Benjeng Gresik yang menyebabkan kondisi buruk pada struktur jalan dan memberikan dampak merugikan bagi masyarakat sekitar. Menurut permasalahan di jalan Morowudi – Benjeng peneliti akan mencari nilai kondisi perkerasan dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI). Berdasarkan hasil analisa diperoleh rata-rata nilai kondisi sebesar 83,54 yang dikategorikan sangat baik (sangat baik) yang berarti kerusakan pada ruas jalan Morowudi – Benjeng tidak terlalu parah tetapi memerlukan pemeliharaan rutin seperti patching dan crack penyegelan. Besarnya biaya penanganan pada jalan Morowudi – Benjeng adalah sebesar Rp. 213.358.590 Terbilang (Dua Ratus Tiga Belas Juta Tiga Ratus Lima Puluh Delapan Ribu Lima Ratus Sembilan Puluh).
Kata Kunci : Analisa Kerusakan Jalan, Pavement Conditon Index
Keywords
Full Text:
PDFReferences
BPS Kab Gresik. (2023). Kabupaten Gresik
Dalam Angka 2023. Badan Pusat Statistik
Kabupaten Gresik, 22, 1–414.
HSPK Gresik. (2023). Standar Harga Satuan
Pekerjaan Kontruksi dan Standar Harga
Satuan Tertinggi Pemerintah Kabupaten
Gresik Tahun Anggaran 2023. No.9
Tahun 2016, 1–6.
https://jdih.gresikkab.go.id/document/158
-9-Th-2016-RPJMD-2016
Kirom, I., & Siswoyo, S. (2020). Perencanaan
Jalan Soekarno Hatta Pasuruan Dengan
Sistem Perkerasan Kaku (Rigid
Pavement) Dan Rencana Anggaran Biaya.
Axial : Jurnal Rekayasa Dan Manajemen
Konstruksi, 8(1), 69.
https://doi.org/10.30742/axial.v8i1.1028
Maharani, A., & Budi Wasono, S. (2018). Ge
STRAM: Jurnal Perencanaan dan
Rekayasa Sipil Perbandingan Perkerasan Kaku Dan Perkerasan Lentur (Studi Kasus
Ruas Jalan Raya Pantai Prigi-Popoh Kab.
Tulungagung). Ge-STRAM: Jurnal
Perancangan Dan Rekayasa Sipil,
(September), 89–94.
Pramono. (2016). Analisis Kondisi Kerusakan
Jalan Pada Lapis Permukaan
Mengunakan Metode Pavement Condition
Index (studi kasus : Jalan Imogiri Timur
,Bantul,Yogyakarta). 1–10.
Shahin, M. Y., & Walther, J. a. (1994).
Pavement Maintenance Management for
Roads and Streets Using the PAVER
System No. CERL-TR-M-90/05. US Army
Ciros of Engineers, Construction
Engineering Research Laboratory.
Suharso, A. B. K., Novitasari, N., &
Khatulistiani, U. (2023). Analisis
Kerusakan Jalan Beserta Penanganannya
Dengan Menggunakan Metode Bina
Marga Pada Jalan Mastrip Surabaya.
Extrapolasi, 20(02), 166–175.
https://doi.org/10.30996/ep.v20i02.9854
UU No 34. (2006). Undang-undang No 34
Tahun 2006. 1–88.
Wahyudi, F. (2018). “Analisa kerusakan jalan
Menurut Metode Bina Marga Dan Pci (
Pavement Condition Index ) Serta
Alternatif Penanganannya ( Studi Kasus
Ruas Jalan Kota Bangun – Gusik ).”
Jurnal Teknik Sipil, 1–14.
DOI: http://dx.doi.org/10.30742/axial.v12i3.3981
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Statistik
View My Stats