PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR PADA JALAN BATU KODOK RENDU-TUTUBHADA, KABUPATEN NAGEKEO, NUSA TENGGARA TIMUR
Abstract
Jalan Batu Kodok Rendu-Tutubhada terletak di Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur dengan panjang jalan 6000 meter dan lebar jalannya 3 meter. Jalan ini merupakan klasifikasi jalan desa dengan tipe jalan 2 lajur 2 arah tak terbagi ini diperlukan adanya peningkatan jalan karena dilihat dari kondisi jalan di daerah tersebut mengalami kerusakan. Dalam perencanaan tebal perkerasan pada ruas jalan Batu Kodok Rendu-Tutubhada, digunakan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2024 dan HSPK Kabupaten Nagekeo. Tujuan dari perencanaan ini adalah untuk menentukan kinerja ruas jalan serta tingkat pelayanannya, menentukan ketebalan perkerasan, dan anggaran biaya yang diperlukan dalam perencanaan jalan tersebut. Tahapan perencanaannya terdiri dari pengolahan data LHR, pengolahan data CBR, analisa kapasitas jalan, menghitung tebal perkerasan menggunakan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2024 dan menghitung rencana anggaran biaya (RAB). Hasil perhitungan perencanaan jalan Batu Kodok Rendu-Tutubhada menunjukan nilai derajat kejenuhan (DJ) sebesar 0,11 lebih kecil dari 0,85, maka dapat ditentukan tingkat pelayanan ruas jalan termasuk dalam kategori A yang berarti arus bebas, volume rendah dan kecepatan tinggi, pengemudi dapat memilih kecepatan yang dikehendaki. Tebal lapis perkerasan yang diperoleh adalah tebal tanah dasar sebesar 20 cm, tebal LFA Kelas B sebesar 15 cm, tebal LFA Kelas A sebesar 25 cm, tebal lapis HRS-Base sebesar 3,5 cm dan tebal lapis HRS-WC sebesar 3 cm, dengan umur rencana 20 tahun, dan anggaran biaya mencapai Rp 32.732.591.879,78.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amahoru, J. , &, & Waas, R. H. (2021). Analisa Tebal Lapis Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Manual Desain Perkerasan 2017 Pada Ruas Jalan Vila Indah-Passo Kecamatan Baguala Kota Ambon. 7(1), 1–6.
Ardiyana, R. R. (2019). Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur dan Anggaran Biaya di Jalan Pare-Kediri Kota Kediri. 7(2), 113–124.
Bayu, A., Suharso, K., & Khatulistiani, U. (2023). Analisis Kerusakan Jalan Beserta Penanganannya dengan Menggunakan Metode Bina Marga Pada Jalan Mastrip Surabaya. 20(2), 166–175.
Burdi, A. R. , Suharso. A. B. K., & Khatulistiani, U. (2023). Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Untuk Peningkatan Jalan Dangka Mangka-Watunggong, Kabupaten Manggarai Timur Menggunakan Metode Bina Marga. 11(1), 13–22.
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2024). Manual Desain Perkerasan Jalan, Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2017). Manual Desain Perkerasan Jalan, Direktorat Jenderal Bina Marga.
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2023). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia, Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.
Muctar. (2016). Perencanaan Ulang Tebal Perkerasan Berdasarkan Faktor-Faktor Kerusakan Jalan [Skripsi]. Universitas Teuku Umar.
Paus, Made., (2016). Evaluasi Kondisi Struktural dan Umur Layanan Perkerasan Kaku (Studi Kasus : Jalan Nasional Ruas Batang-Batas Kendal), Program Studi Sistem dan Teknik Jalan Raya, Institut Teknologi Bandung .
Suharso, A. B. K. (2023). Evaluasi Tingkat Pelayanan Simpang Tak Bersinyal Jalan Kapten Robani Kadir-Jalan Kapten Abdullah-Jalan Selatan Kota Palembang (Vol. 1, Issue 2).https://jurnal.poliwangi.ac.id/index.php/Jriteks
Suharso, A. B. K. , & A. (2024). Analysis of Road Damage Level Using the Pavement Condition Index (PCI) Method on the Surabaya-Gresik Toll Road, East Java. 14(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.30742/axial.v13i1.4269
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Statistik
View My Stats