ANALISIS KERUSAKAN JALAN DAN PENANGANAN MENGGUNAKAN METODE SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) DI JL.RANDEGANSARI - JL.PAHLAWAN MUBIN WONOKOYO KABUPATEN GRESIK

Muhammad Rafi Aditya, Akbar Bayu Kresno Suharso, Utari Khatulistiani

Abstract


Jalan raya merupakan salah satu pendukung prasarana di setiap daerah karena dapat mempercepat pertumbuhan dan perkembangan ekonomi suatu daerah. Beberapa faktor penyebab kerusakan jalan, salah satunya yaitu peningkatan beban volume lalu lintas. Panjang jalan Randegansari sampai Pahlawan Mubin Wonokoyo yaitu sebesar 5,2 km dan jalan ini merupakan salah satu jalan alternatif ke Pasar Menganti. Dari hasil survei dan perhitungan didapatkan jenis kerusakan pelepasan butir sebesar 3,6 persen, lubang sebesar 0,3647 persen, retak rambut sebesar 0,2209 persen, bekas roda sebesar 0,0724 persen, dan retak kulit buaya sebesar 0,0567 persen. Nilai SDI jalan Randegansari sampai jalan Pahlawan Mubin Wonokoyo didapatkan nilai SDI sebesar 105 dengan kategori kondisi jalan rusak ringan sebesar 3,84 persen, nilai SDI sebesar 75 dengan kategori kondisi jalan sedang sebesar 3,84 persen, dan nilai SDI 15 sampai 45 dengan kategori kondisi jalan baik sebesar 92,31 persen Kegiatan penanganan yang sangat perlu dilakukan pada jalan Randegansari sampai Pahlawan Mubin Wonokoyo yaitu Crack Sealing, dan Patching. Biaya kerusakan yang diperlukan yaitu sebesar Rp 204.182.000. “Dua Ratus Empat Juta Seratus Delapan Puluh Satu Ribu Sembilan Ratus Empat Puluh Empat”.

Keywords


Kerusakan Jalan, SDI, Surface Distress Index

Full Text:

PDF

References


Adelia Nur Anisa, Diki Rahmat Adha, Dolly Alfansyah Sinaga, Muhammad Naufal, Nabil Fahsa, Nana Dipo Perdhana, E. Y. A. (2022). Analisis Kerusakan Jalan Metode SDI & Iri Ruas Jalan Bangau Sakti-Pekanbaru. Jurnal Sipil Sains, 12(2), 87–96. https://doi.org/10.33387/sipilsains.v12i2.3717

Aptarila, G., Lubis, F., & Saleh, A. (2020). Analisis Kerusakan Jalan Metode SDI Taluk Kuantan - Batas Provinsi Sumatera Barat. Siklus : Jurnal Teknik Sipil, 6(2), 195–203. https://doi.org/10.31849/siklus.v6i2.4647

BPS Kab Gresik. (2023). Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Gresik 2023. 14. https://gresikkab.bps.go.id/id/pressrelease/2024/03/01/234/pertumbuhan-ekonomi-kabupaten-gresik-tahun-2023.html

Bayu, A., & Suharso, K. (2023). J-RITEKS Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains https://jurnal.poliwangi.ac.id/index.php/Jriteks J-RITEKS Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains EVALUASI TINGKAT PELAYANAN SIMPANG TAK BERSINYAL JALAN KAPTEN ROBANI KADIR-JALAN KAPTEN ABDULLAH-JALAN SELATAN KOTA . 1(2), 48–52.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (1990). TATA CARA PENYUSUNAN PROGRAM PEMELIHARAAN JALAN KOTA. 52. https://www.academia.edu/5904241/TATA_CARA_PENYUSUNAN_PROGRAM_PEMELIHARAAN_JALAN_KOTA

HSPK Gresik. (2023). Standar Harga Satuan Pekerjaan Kontruksi dan Standar Harga Satuan Tertinggi Pemerintah Kabupaten Gresik Tahun Anggaran 2023. Jurnal, 276. https://jdih.gresikkab.go.id/produk-hukum/view/peraturan-bupati-kabupaten-gresik/peraturan-bupati-gresik-nomor-37-tahun-2023-tentang-standar-harga-satuan-pekerjaan-konstruksi-standar-harga-satuan-tertinggi-dan-analisa-harga-satuan-pekerjaan-pemerintah-kabupaten-gresik-tahun-anggaran-2024-1703927593

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia. (2011). Tata Cara Pemeliharaan dan Penilikan Jalan. 21. https://binamarga.pu.go.id/index.php/peraturan/detail/peraturan-menteri-pekerjaan-umum-no-13-tahun-2011-tentang-pemeliharaan-dan-penilikan-jalan

Rochmawati, R. (2020). STUDI PENILAIAN KONDISI KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE NILAI INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) DAN SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) (Studi Kasus Jalan Alternatif Waena _ Entrop). Jurnal, 13(2), 2589–8891. www.jurnal.ummu.ac.id/dintek

Suharso, A. B. K., & Andaryati. (2024). Analysis of Road Damage Level Using the Pavement Condition Index (PCI) Method on the Surabaya-Gresik Toll Road, East Java. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 14(2), 592–599. https://doi.org/10.18517/ijaseit.14.2.19811

Suharso, A. B. K., Jayani, H. P. E. M., & Khatulistiani, U. (2023). Perencanaan Perkerasan Kaku Jalan Tol Serang Panimbang Banten Menguunakan Metode PCA. Extrapolasi, 20(01), 1–15. https://doi.org/10.30996/ep.v20i01.8354




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/axial.v13i1.4287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Statistik

View My Stats