ANALISIS KOMPARATIF METODE BINA MARGA DAN LWD TERHADAP PENILAIAN KERUSAKAN JALAN RAYA SUMBERSARI-PATRANG, KABUPATEN JEMBER.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hubungan antara metode penilaian kerusakan jalan secara visual (Bina Marga) dan metode struktural menggunakan Light Weight Deflectometer (LWD) pada ruas Jalan Sumbersari–Patrang, Kabupaten Jember. Metode Bina Marga digunakan untuk menentukan nilai kondisi jalan berdasarkan jenis dan luas kerusakan permukaan, sementara LWD digunakan untuk mengukur lendutan akibat beban dinamis guna menghitung modulus elastisitas perkerasan. Penelitian dilakukan pada 10 segmen pengamatan dan 25 titik uji LWD.
Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang sangat kuat dan signifikan secara statistik antara nilai kondisi jalan dan lendutan, dengan persamaan regresi y=−38,28x+451,12y = -38{,}28x + 451{,}12y=−38,28x+451,12, R kuadrat = 0,938, dan p lebih kecil dari 0,00001. Artinya, semakin buruk kondisi visual jalan, semakin besar lendutan struktural yang terjadi. Meskipun kedua metode menilai aspek yang berbeda, keduanya dapat saling melengkapi dalam memberikan gambaran menyeluruh terhadap kondisi perkerasan jalan, sehingga lebih efektif digunakan secara terpadu dalam perencanaan pemeliharaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
ASTM International. (2011). Standard Test Method for Measuring Deflections Using a Portable Impulse Plate Load Test Device. https://www.astm.org/e2835-11.html
Azzidul Piktor, R., Taufik Hudaya, A., & Syafier, S. (2023). Konsistensi Lwd (Light Weight Deflectometer) Pusjatan Untuk Jalan Kerikil. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(12), 1172–1180. https://doi.org/10.59141/cerdika.v3i12.720
Bethary, R. T., Budiman, A., & Hadiyarsih, A. (2021). Analisis Tingkat Kerusakan Jalan Pada Perkerasan Lentur Menggunakan Metode PCI (Pavement Condition Index) dan Metode Bina Marga (Studi Kasus: Jl. Raya Cibaliung-Sumur). Fondasi : Jurnal Teknik Sipil, 10(2), 160. https://doi.org/10.36055/fondasi.v10i2.12441
Lumban, R. P. M., Putri, T., Matheu, N. L., & Sarno, P. (2025). Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Metode Bina Marga ( Studi Kasus : Jl . Warakauri - Kecamatan Percut Sei Tuan ). 2(1), 757–764.
Rahmanto, A. (2016). Evaluasi Kerusakan Jalan Dan Penanganan Dengan Metode Bina Marga Pada Ruas Jalan Banjarejo - Ngawen. Simetris, 10(1), 17–24.
Siegfried. (2017). Pengecekan Kekuatan Tanah ( the Use of Pusjatan ’ S Lwd on Earth Roads for Checking Structural Soil Strength ). Jurnal Jalan-Jembatan, 34(1), 1–8. http://jurnal.pusjatan.pu.go.id/index.php/jurnaljalanjembatan/article/view/68
Siegfried. (2018). Lwd Pusjatan Sebagai Alat Alternatif Dalam Mengevaluasi Perkerasan Lentur (Ire’S Lwd As Alternative Tool for Flexible Pavement Test). Jurnal Jalan Dan Jembatan, 75–83.
Tjan, A. (2021). Pedoman 2005 , Aashto 1993 , Dan Backcalculation ( Evaluation of Remaining Life Prediction of Flexible Pavement Based on Pedoman 2005 , Aashto 1993 , and Backcalculation ). 38(2), 118–126.
Weight, L., & Lwd, D. (2024). Hubungan Penilaian Kerusakan Jalan Metode Bina Marga dan. 30(1), 105–114. https://doi.org/10.14710/mkts.v30i1.59491
Zorn Instruments GmbH & Co. KG. (2020). Operating Instructions: Lightweight Deflectometer ZFG 3000. https://www.zorn-instruments.de/download/ZFG-3000-Operating-Manual.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.30742/axial.v13i2.4482
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Statistik
View My Stats