EVALUASI PELAYANAN DAN TARIF KERETA API LOGAWA METODE ABILITY TO PAY – WILLINGNESS TO PAY
Abstract
Kereta Api Ekonomi Premium Logawa merupakan salah satu moda transportasi antarkota yang melayani rute Surabaya–Jember dengan tarif terjangkau dan pelayanan yang mendukung mobilitas masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelayanan Kereta Api Ekonomi Premium Logawa berdasarkan Standar Pelayanan Minimum (SPM) perjalanan kereta api serta menganalisis kesesuaian tarif menggunakan metode Ability to Pay (ATP) dan Willingness to Pay (WTP). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner kepada 150 responden penumpang. Metode Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk mengukur kesesuaian antara kinerja dan harapan penumpang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas penumpang berjenis kelamin laki-laki (58persen), berusia 20-30 tahun (42,7persen), dan berstatus pelajar atau mahasiswa (31,3persen), dengan frekuensi perjalanan sebagian besar hanya 1-2 kali per bulan (82persen). Nilai rata-rata ATP penumpang adalah Rp345.378,00 sedangkan nilai rata-rata tambahan tarif WTP sebesar Rp9.267,00, menunjukkan tarif saat ini masih dapat dinaikkan dengan catatan peningkatan kualitas pelayanan. Nilai rata-rata tingkat kesesuaian pelayanan adalah 96,40persen. Berdasarkan analisis IPA, atribut prioritas utama peningkatan (kuadran I) meliputi kondisi pintu antar gerbong, CCTV, kenyamanan tempat duduk, fasilitas dan kebersihan toilet, serta fasilitas kereta makan. Sementara atribut yang kinerjanya perlu dipertahankan (kuadran II) adalah lampu penerangan, ketepatan waktu, rak bagasi, informasi perjalanan, sistem pembelian tiket, kaca film jendela, serta keberadaan nama/relasi dan nomor urut kereta. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun kemampuan membayar penumpang cukup tinggi, kesediaan untuk membayar lebih masih rendah apabila kualitas pelayanan tidak ditingkatkan.
Full Text:
PDFReferences
Afriyanah, S. R. (2019). Ability to Pay dan Willingness to Pay Pengguna Jasa dan Efektifitas Pelayanan Kereta Bandara (Studi Kasus: Kereta Bandara Soekarno-Hatta). Jurnal Penelitian Transportasi Darat, 21(2), 183–190. https://doi.org/10.25104/jptd.v21i2.1248
Basuki, I., & Chuadinata, S. (2019). Analisis Ability To Pay dan Willingness To Pay Jasa Kereta Api Yogyakarta International Airport. Jurnal Spektran, 7(2), 140–146. http://ojs.unud.ac.id/index.php/jsn/index
Bhakti, F. M. (2024). Peningkatan Mutu Transportasi Umum Dalam Pelayanan Publik Dan Mengurangi Angka Kemacetan Yang Di Sebabkan Banyaknya Kendaraan Pribadi Di Indonesia. J-Sipils, 1(1), 34–42. https://journal.univgresik.ac.id/index.php/j-sipil/index
Kurniawan, D. (2021). Evaluasi Kinerja Pelayanan Stasiun Kereta Api Sidoarjo Berdasarkan Standar Pelayanan Minimum dan IPA (Importance Performance Analysis). Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan, Dan Infrastruktur II, 37–44. https://ejurnal.itats.ac.id/stepplan/article/view/1533/1282
Mahalli, J. K. (2018). Analisis Ability To Pay dan Willingness To pay Pengguna Jasa Kereta Api Bandara Kualanamu (Airport Railink Service). Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 2(3), 167–179. https://doi.org/10.25104/jptd.v21i2.1569
Peraturan Menteri Perhubungan PM 9 Tahun 2011 Tentang Standar Pelayanan Minimum Orang Dengan Kereta Api (2011).
Peraturan Menteri Perhubungan PM 63 Tahun 2019 Tentang Standar Pelayanan Minimum Orang Dengan Kereta Api, Pub. L. No. 63 (2019).
Peraturan Pemerintah PP 56 Tahun 2009 Tentang Penyelenggaraan Perkeretaapian (2009).
Puspitasari, C., Sutrisno, J., & Antriyandarti, E. (2024). Analysis of willingness to pay of farmers on irrigation networks maintenance fees in the Gonggang reservoir, Magetan. Journal of Water and Land Development, 60, 91–99. https://doi.org/10.24425/jwld.2024.149111
Setiyaningsih, I., Hajar Asari, S., Idris, Z., Yani Tromol Pos I Pabelan Kartasura, J. A., & Tengah, J. (2019). Evaluasi Tarif Kereta Api Malabar Kelas Ekonomi Menurut ATP dan WTP Penggunanya. Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil, 75–82. https://proceedings.ums.ac.id/index.php/sipil/article/view/1547
Sihotang, F. P., & Oktarina, R. (2022). Penggunaan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) Dalam Menganalisis Pengaruh Sistem E-Service Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan. JTSI, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.35957/jtsi.v3i1.2439
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (2nd ed.). Alfabeta.
Windyastari, S., Huda, M., & Rini, T. S. (2019). Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Penumpang Pesawat Terbang Di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin. 7(1), 67–74. http://dx.doi.org/10.30742/axial.v7i1.709
DOI: http://dx.doi.org/10.30742/axial.v13i2.4695
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Statistik
View My Stats