KAJIAN DAMPAK LALU LINTAS TERHADAP KINERJA JALAN (Studi Kasus jalan Mayjen Sungkono – Jalan HR.Muhammad)

Taufik Akbar, Yeni Kartika Dewi

Abstract


Abstrak. Kota Surabaya sebagai salah satu kota besar di indonesia mempunyai tingkat kepadatan lalu
lintas yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari kemacetan yang sering terjadi, semakin banyak jumlah
kendaraan dengan kapasitas jalan tidak memadai. Kemacetan yang terjadi di kota Surabaya umumnya
sering dijumpai di daerah perdagangan, daerah pendidikan maupun daerah perkantoran. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui volume lalu lintas harian rata-rata, derajat kejenuhan, dan kapasitas Jalan
Mayjen Sungkono. Data volume lalu lintas harian rata-rata dari Dinas Perhubungan Kota Surabaya
memperlihatkan tingkat kenaikan volume lalu lintas. Tercatat tahun 2014 – 2018 dengan total 97,602 lalu
lintas harian rata-rata, dengan tingkat kenaikan ± 15% per dua tahun. Kapasitas jalan menunjukkan total
53,995 smp/jam. Kelayakan jalan ditinjau dari segi lalu lintas yang akan ditentukan berdasarkan nilai
derajat kejenuhan yang baik, yaitu < 0,85. Hasil analisis dari kondisi eksisting jalan yang di hitung dari
kapasitas jalan dan volume lalu lintas harian rata-rata diperoleh nilai DS 1.80 yang berarti volume
kendaraan sudah melebihi kapasitas. Kecepatan pengendara saat melintas yaitu sepeda motor dengan ratarata
68.4 Km/h, mobil dengan rata-rata 58.8 Km/h angkot dengan rata-rata 42.9 Km/h, pick up/ box
dengan rata-rata 4.8 Km/h, truk 1 sumbu dengan rata-rata 42.9 km/h.
Kata Kunci : Derajat kejenuhan, volume lalu lintas, kapasitas,kecepatan,kecepatan rata-rata.


Keywords


Rekayasa Transportasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

http://journal.uwks.ac.id/index.php/axial/

Statistik

 

View My Stats