Dampak Usaha RAM Kelapa Sawit Tiga Putra terhadap Kesejahteraan Pekerja di Desa Redang Seko Kecamatan Lirik

Lilis Mariati, Andi Lopa Ginting

Abstract


Pertumbuhan dan perkembangan pembangunan ekonomi di wilayah pedesaan beberapa tahun belakangan ini terlihat mengalami perubahan yang sangat drastis ke arah yang lebih baik bisa dikatakan mengalami peningkatan dalam pembangunan ekonomi seperti di negara-negara berkembang contohnya adalah negara kita, Indonesia. Perkembangan pembangunan ekonomi yang mengalami peningkatan adalah pembangunan dibidang perkebunan dan pertanian. Dalam hal ini pembangunan ekonomi harus melibatkan upaya masyarakat khususnya yang ada di pedesaan secara menyeluruh yang masih dalam usia produktif untuk bekerja, hal ini bertujuan untuk mengembangkan bisnis dan usaha serta untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat. Perkebunan kelapa sawit adalah salah satu tanaman yang paling banyak kita temui di Indonesia terkhusus Provinsi Riau, dan lebih tepatnya di salah satu desa yang terdapat di provinsi Riau yaitu desa Redang Seko kecamatan Lirik Di daerah seperti ini banyak penduduk yang mempunyai lahan untuk perkebunan kelapa sawit, sehingga mata pencaharian masyarakat pada umumnya adalah bertani sawit, selain bertani ada juga yang bekerja sebagai pemanen buah kelapa sawit. Setelah dipanen kelapa sawit tersebut disalurkan ke RAM (peron) langsung dan ada yang disalurkan terlebih dahulu ke pengepul atau tengkulak setelah itu baru di salurkan ke peron (RAM) yang untuk selanjutnya di salurkan ke pabrik kelapa sawit untuk pengolahan lebih lanjut. Dari hasil penelitian dan analisis yang dilakukan oleh peneliti, pembahasan yang dipaparkan secara deskripstif melalui penelitian kualitatif yang berhubungan dengan dampak usaha RAM kelapa sawit Tiga Putra terhadap kesejahteraan para pekerja di desa Redang Seko. Adanya RAM kelapa sawit ini telah terbukti dapat meningkatkan kesejahteraan para pekerja., hal ini dapat dilihat dari upah yang diperoleh para pekerja dari pihak RAM tersebut sudah sesuai dengan UMK. Dengan terjaminnya kesejahteraan para pekerja maka pekerja dapat memenuhi semua kebutuhan keluarga, bahkan semangat untuk bekerja para pekerja bertambah jikalau pihak RAM bisa terus berusaha memperhatikan kesejahteraan para pekerja dan menjalin hubungan yang baik antar pihak peron dengan para pekerja.


Keywords


Pembangunan Ekonomi, Usaha, Upah

Full Text:

PDF

References


Ananta, A. (1986). Masalah Dan Prospek Ekonomi Indonesia 1986/1987. Dalam (ED) Moh.Arsyad Anwar. Jakarta: UI Press

Burhan, B. (2001). Metodologi Peneltian Sosial: Format- Format Kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press

Damayanti, E. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyerapan Tanaga Kerja Pada Usaha peternakan Ayam Ras Petelur di Kecamatan Kulo Kabupaten Sidrap. (Skripsi). Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Kotler, P dan Gary, A. (2008). Prinsip- Prinsip Pemasaran (Edisi 12). Jakarta: Erlangga

Pratomo, S D. (2021). Perencanaan Sumber Daya Manusia. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Simanjuntak, P J. (2002). Undang-Undang yang Baru tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh. Jakarta: Kantor Perburuhan Internasional

www.ilo.org

www.kompas.com




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/economie.v6i2.3938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Economie



Creative Commons License
Economie by https://journal.uwks.ac.id/index.php/economie is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed by:

   

 

ECONOMIE
Program Studi Ekonomi Pembangunan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Jl. Dukuh Kupang XXV/54 Surabaya 60225
Telefon: +6231 5613231 email: economie@uwks.ac.id
eISSN: 2745-6366