OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL UNTUK PENDIDIKAN BERKARAKTER : PELUANG DAN TANTANGAN BAGI GENERASI MUDA MENUJU GENERASI EMAS INDONESIA
Abstract
Generasi muda saat ini merupakan salah satu pengguna teknologi berbasis internet. Tersedianya teknologi ini menjadikan kita dapat terhubung ke media sosial yang mana generasi muda telah kecanduan media sosial, mereka mampu menghabiskan waktunya hanya untuk bermain media sosial menggunakan perangkat teknologi yang mereka miliki. Media sosial yang sering digunakan meliputi WhatsApp, Instagram, X, TikTok, Facebook, dan lain-lain. Dengan menggabungkan bukti dari penelitian, korespondensi pribadi, dan sumber buku, penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial dapat menjadi peluang namun juga menjadi tantangan untuk generasi muda demi terbentuknya pendidikan berkarakter menuju generasi emas Indonesia. Kesimpulannya media sosial merupakan suatu alat yang efektif dalam membentuk pendidikan karakter agar generasi muda memiliki integritas tinggi, tanggung jawab, dan siap menghadapi tantangan masa depan.
Keywords
References
Awaliyah, C., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (n.d.). Media Sosial Mempengaruhi Integrasi Bangsa.
BINUS University. (n.d.). Pengaruh Media Sosial pada Generasi Muda. Binus.Ac.Id.
Darmawan, I. (2020). Pembelajaran Mandiri dengan Media Sosial. Pustaka Belajar.
Fitrianingtyas, A., & Jumiatmoko, J. (2023). Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Era Digital. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 336–346. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.193
Guru, P., Dasar, S., & Keguruan Dan, F. (n.d.). Kesenjangan Digital di Kalangan Guru SD dengan Rentang Usia 20-58 Tahun di kecamatan Rajabasa Zulfa Hazizah Henry Aditia Rigianti.
Harahap, P., Pasaribu, F., Aziz, A., & Rudi Setiawan, H. (n.d.). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Peserta Didik SMP Di Kabupaten Aceh Singkil. 2, 33–48. https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i3.726
Imran, N. A. (2020). PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KECANDUAN MEDIA SOSIAL PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 SINJAI.
Internet, E. Di, & Rohmy, A. M. (n.d.). Pemanfaatan Media Sosial Komunitas Untuk Menghadapi Konten Islam.
Irchas, M., Falah, I., & Setiawan, A. C. (n.d.). OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID-19.
Kemendikbud. (2016). Panduan Penguatan Pendidikan Karakter. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Luh, O. :, Ary, P., & Tjahyanti, S. (2021). ANALISIS PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Vol. 08).
Mulyasa, E. (2017). Pendidikan Karakter: Konsep, strategi, dan implementasinya dalam pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Nursobah, A. (2021). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Desember, 13(2), 76–85. http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/
Pendidikan Transformatif, J., Zulfa Ramadanti, A., Nurhayati, A., Hendrayana, A., Nurfajri, F., Santoso, G., & Muhammadiyah Jakarta, U. (n.d.). Pengaruh Media Sosial Terhadap Wawasan Kebangsaan Pada Generasi Muda.
Wijayanto, B. (2019). Keamanan Digital untuk Pelajar. Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30742/economie.v7i1.4369
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Economie: Jurnal Ilmu Ekonomi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Economie by https://journal.uwks.ac.id/index.php/economie is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
ECONOMIE
Program Studi Ekonomi Pembangunan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Jl. Dukuh Kupang XXV/54 Surabaya 60225
Telefon: +6231 5613231 email: economie@uwks.ac.id
eISSN: 2745-6366