KEMAMPUAN LABA AKUNTANSI DAN ARUS KAS OPERASI DALAM MEMPREDIKSI ARUS KAS DI MASA DEPAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Siti Asiah Murni, Lestari Lestari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah laba dan arus kas merupakan prediktor dalam meprediksi laba di masa mendatang dan untuk membuktikan apakah prediktor laba lebih baik dalam memprediksi arus kas di masa mendatang dibanding dengan prediktor arus kas dalam memprediksi arus kas tersebut. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 24 perusahaan periode 2007-2010 Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan prediktor laba dibanding prediktor arus kas dalam memprediksi arus kas satu tahun ke depan menunjukkan bahwa kedua prediktor tersebut adalah signifikan sebagai alat pengubah. Kemampuan prediktor laba dibanding prediktor arus kas dalam memprediksi arus kas menunjukkan bahwa kedua prediktor tersebut adalah signifikan sebagai alat pengubah. Pengamatan atas koefisien regresi juga menunjukkan prediktor laba memberikan pengaruh yang lebih besar korelasinya dibanding prediktor arus kas dalam memprediksi arus kas, sedangkan pengujian regresi dengan memasukkan deflator CPI dan tanpa faktor tersebut adalah tidak ada perbedaan yang berarti dalam pengujian hipotesis yang telah diajukan, namun demikian, informasi yang lebih memenuhi dalam pengambilan keputusan yang sesuai adalah bila didasarkan pada pengujian yang telah memasukkan faktor deflator, sebab telah membuktikan bahwa laba masih merupakan prediktor yang lebih baik, meskipun prediktor arus kas juga berpeluang besar menjadi prediktor yang baik.

Full Text:

PDF

References


Baridwan, Zaki. 1987. Intermediate Accounting. Edisi kelima. Yogyakarta:Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Belkaoui, Ahmed Riahi. 2000. Teori Akuntansi. Buku Satu, Jakarta, Penerbit Salemba Empat.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2007. Standar Akuntansi Indonesia. Jakarta:Penerbit Erlangga.

Mardiati, Endang. 1994. Evaluasi Pendapat Pemakai Laporan Keuangan atas Kegunaan Informasi Laporan Arus Kas. Yogyakarta, Program Pascasarjana FE UGM

Niswonger, Warren, Reeve, dan Fess.2000. Prinsip-prinsip Akuntansi. Edisi 19. Jakarta:Penerbit Erlangga.

Parawiyati, 1997. Kemampuan Laba dan Arus Kas Dalam Memprediksi Laba dan Arus Kas pada Perusahaan Go Publik di Indonesia, Yogyakarta: SNA I, FE UGM

Parawiyati dan Baridwan, 1998. “Kemampuan Laba dan Arus Kas Dalam Memprediksi Laba dan Arus Kas Perusahaan Go Publik di Indonesia”. Jurnal Riset Akuntansi, Vol.1, No.1, Januari, hal 1-11.

Parawiyati, Hastuti, Ambar Woro., Subiyantoro, Edi. 2000. “Penggunaan Informasi Keuangan untuk Memprediksi Keuntungan Investasi bagi Investor di Pasar Modal”. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Vol.3, No.2, Juli, hal 215-216.

Pradhono, dan Christiawan, Yulius Jogi. 2004. “Pengaruh Economic Value Added, Residual Income, Earnings dan Arus Kas Operasi Terhadap Return yang Diterima oleh Pemegang Saham”. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol.6, No.2, November, Hal. 142-143.

Prasetio, Eko Januar., dan Budiyanto, Aris, 2004. “Komponen Akuntansi Akrual Sebagai Pridiktor Arus Kas Operasi”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol.X, No.2, September, hal. 221-230.

Prastowo, Dwi dan Juliaty, Rifka, 2005. Analisis Laporan Keuangan, Edisi kedua. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v9i1.140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Equilibrium

Indexed By:

      
      

  Creative Commons License

Equilibrium by http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Office: EQUILIBRIUM
Faculty of Economics and Business Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Dukuh Kupang XXV No. 54 Surabaya, Indonesia 60225 
Phone: +62315613231   
email: equilibrium@uwks.ac.id

p-ISSN 1693-1378 | e-ISSN 2598-9952