Perbedaan Kinerja Perusahaan Berdasarkan Perpindahan Kelompok Fraksi Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Agus Sumanto

Abstract


Penelitian ini adalah menganalisis perbedaan kinerja perusahaan berdasarkan perpindahan kelompok fraksi saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penilaian kinerja perusahaan diartikan sebagai suatu proses atau sistem penilaian mengenai pelaksanaan kemampuan kerja suatu perusahaan berdasarkan standar yang telah ditetapkan, dimana dengan adanya perpindahan pada kelompok fraksi saham maka akan berhubungan langsung dengan kinerja perusahaan. Variabel kinerja perusahaan yang terdiri dari kinerja keuangan, kinerja saham dan resiko investasi. Sedangkan kinerja Independennya adalah status perpindahan kelompok fraksi saham yaitu berpindah dan tidak berpindah. Sampel yang digunakan adalah 105 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2007, 2008 dan 2009. Uji normalitas yang digunakan adalah uji one sample kolmogorov sminorv test (K-S test) karena hasil data normal maka diteruskan dengan menggunakan uji non-parametrik Mann Whitney-U Test. Setelah dilakukan penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada 9 rasio kinerja perusahaan (CR, GPM, OPM, Leverage, DER, EPS, DPS, PER dan Dividen Payout) yang hasilnya signifikan artinya ada perbedaan kinerja perusahaan berdasarkan perpindahan kelompok fraksi saham dan 5 rasio kinerja perusahaan (ROI, ROE, Inventory Turnover, PBV dan Dividen Yield) yang hasilnya tidak signifikan artinya tidak ada perbedaan kinerja perusahaan berdasarkan perpindahan kelompok fraksi saham. Hal ini diduga terjadi karena faktor teknikal yaitu kondisi politik, tingkat inflasi dan lain-lain.

Keywords


Kelompok fraksi saham, kinerja keuangan, kinerja saham dan resiko investasi

Full Text:

PDF

References


Abdul Halim . 2003. Analisis Investasi. Edisi Pertama. Jakarta : Salemba Empat.

Bramantyo Djohanputro,MBA, Ph.D. 2004. Manajemen resiko. Edisi Pertama. Jakarta : Salemba Empat.

Eduardus Tandelilin. 2001. Analisis Investasi & Manajemen Portofolio. Yogyakarta : BPFE.

Financial Accounting Standard Board (FASB). Statement of Financial Accounting Concepts (SFAC) No.1 .

Garisalam dan Heriwidodo. 2003. “Pengaruh Stock Split, Earning per share, Dividen per share terhadap perubahan harga saham”. jurnal Intisadia Volume 2, Tahun 2003.

”Hadapi Systematic Risk dengan dana jangka panjang”, (http://okezone.com) risk dengan-dana-jangka-panjang, pada 1 maret 2009.

(http:// www.pascalsmart.blogspot.com, 15 Juli 2009)

(http://www.reuters.com)

(http://www.finance.yahoo.com)

(http://www.idx.co.id)

Indonesian Capital Market Directory : 2009

Indriati. 2009. “Perbedaan kinerja keuangan, kinerja saham dan risiko investasi berdasarkan kelompok fraksi saham pada perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)”. Skripsi tidak diterbitkan, STIE Perbanas Surabaya.

Irsyaduddin. 2008. ”Pengaruh Laba Kotor, Laba Operasi dan Laba Bersih Terhadap Harga Saham Dengan Fraksi Saham Sebagai Variabel Dummy pada Perusahaan Go Publik di BEJ ”. Skripsi tidak diterbitkan, STIE Perbanas Surabaya.

Jogiyanto H. M. 2000. Teori Portofolio dan Analisis Investasi, edisi 2. Yogyakarta : BPFE

Lukas Purwanto. 2003. Perubahan Fraksi Harga Di Bursa Efek Jakarta. Ventura Volume 6 No. 3.

Marzuki Usman. 1990. ABC Pasar Modal Indonesia. Cetakan Pertama. DKI Jakarta Jaya Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia Bekerja Sama Dengan Ikatan sarjana Ekonomi Indonesia.

Mas Achad Daniri. Kompas (Jakarta). 29 Juni 2000.

Mas Erry Firmansyah (Direktur Utama BEJ) . Kompas (Jakarta). 3 Januari 2005.

M Mamduh Hanafi dan Abdul Halim. 2007. Analisis Laporan Keuangan, edisi 3. Yogyakarta : Penerbit UPP STIM YKPN

Mohamad Samsul. 2006. Pasar Modal & Manajemen Portofolio. Jakarta: Erlangga.

Nur Indriantoro dan Bambang Supomo. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama. Yogyakarta. BPFE.

Suad Husnan. 1996. Dasar-Dasar Portofolio dan Analisis Sekuritas, edisi 2. Yogyakarta : UPP AMP YKP.

Suprianto. 2009. “Perbedaan kinerja keuangan, kinerja saham dan risiko investasi berdasarkan kelompok fraksi saham pada perusahaan terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ)”. Skripsi tidak diterbitkan, STIE Perbanas Surabaya.

Sunariyah. 2004. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. Yogyakarta : UPP AMP YKP.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v8i2.154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Equilibrium

Indexed By:

      
      

  Creative Commons License

Equilibrium by http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Office: EQUILIBRIUM
Faculty of Economics and Business Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Dukuh Kupang XXV No. 54 Surabaya, Indonesia 60225 
Phone: +62315613231   
email: equilibrium@uwks.ac.id

p-ISSN 1693-1378 | e-ISSN 2598-9952