PENGARUH KPEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KABUPATEN MALANG

Atty Erdiana

Abstract


Penelitian ini menguji pengaruh kepemimpinan transaksional dan motivasi terhadap kinerja pegawai negeri sipil pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Malang serta untuk mengetahui many diantara kepemimpinan transaksional dan motivasi yang mempunyai pengaruh lebih dam/non terhadap kinerja. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kepemimpinan transaksional dun mativasi secara sinnultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai dan kepemimpinan transaksional yang mempunyai pengaruh lebih dominan. Implilcasi penelltlan ini akan nzemberikan masukan pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Malang bersama jajarannya baik pimpinan maupun staf dalam rangka penyelesaian pekerjaan yang lebih optimal dengan kinerja yang tinggi harus terus-menerus meningkatkan kemampuan pegawainya dengan cara memberi kesempatan dan mendorong pegawai untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan seperti mengikutkan pegawai dalam pelatihan pelatihan teknis dan penjenjangan kepangkatan. serta menempuh pendidikan formal yang lebih tinggi.

Keywords


Kepemimpinan Transaksional, motivasi, dan kinerja

Full Text:

PDF

References


Bass, B.M. 1985. Leadhership and Performance Beyond Expectations. New York: The Free Press.

Bass, B.M. and Avolio B.J. 1990. The Implications of Transactional and

Transformational Leaders for Individual, Team, and Organizational

Development. Research in Organizational Chane and Development,

Volume 4, JAI Press Inc.

Burns, J.M. 1978. Leadership. New York: Harper and Row.

Hair, J.F., Anderson R.E., Tatham, R.L. dan Black, W.C., 1995, Multivariate Data Analysis, Fourt Edition, New Jersey: Prentice Hall

Handoko, T. Hani. 1997. Manajemen. Yogyakarta:BPFE.

Hasibuan, Malayu S.P. 1996. Manajemen Sumber Daya Manusia : Dasar dan Kunci Keberhasilan. Jakarta: Gunung Agung.

Koontz, Harold and Cyril O'Donnel. 1989. Principles of Management. Second Edition. New york: McGraw Hill Book Company Inc.

Lopez, E. 1992. A test of the self -consistency theory of the job performance job satisfaction relationship. Academy of Management Journal. P: 335 - 348.

Musanef. 1992. Manajemen Kepegawaian di Indonesia. Jakarta: PT. Gunung Agung.

Naomi, Prima. 1995. Perilaku pemimpin transaksional dan transformasional yang diharapkan dan yang sekarang dilaksanakan pada manajemen tingkat atas, menengah dan bawah (studi kasus pada pt. semen gresik dan pt. hartono istana electrics). Tesis. Program Pasca Sarjana Teknik Manajemen Industri, Bandung: Institut Teknologi Bandung (tidak dipublikasikan).

Puspita, Dyah A. 2001. Motivasi dan pelimpahan wewenang sebagai variabel moderating dalam hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dan kinerja manajerial. Tesis. Program Pasca sarjana Studi Manajemen. Malang: Universitas Brawijaya Malang (tidak dipublikasikan).

Rasul, Sjahruddin. dkk. 2000. Penn kuran Kinerja (Suatu Tinjauan Pada Instansi Pemerintah). Edisi I. Jakarta: Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Reksohadiprojo, Sukanto dan T. Hari Handoko. 1986. Teori dan Perilaku Organisasi Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Santoso, Singgih. 2002. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. PT. Elex Media Jakarta: Komputindo.

Sekaran, U., 1992, Research Metode for Business, Second Edition, New York: John Wiley & Sons, Inc.

Siagian, Sondang P. 1995. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta : Rineka. Singarimbun, M., 1995, Metode Penelitian Survei, Edisi kedua, Jakarta: LP3ES.

Sutarto, 1986. Dasar-dasar Kepemimpinan Administrasi. Yogyakarta: UGM Press.

Umar, H., 1997. Riser Sumberdaya iVianusia Dalam Organisasi. Jakarta: Gramedia.

Urip. 1998. Pengaruh kepemimpinan dan motivasi terhadap prestasi kerja pegawai negeri sipil di jajaran dinas pendidikan dan kebudayaan daerah kabupaten tingkat II tulungagung. Tesis. Program Pasca Sarjana. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Utomo, Kabul W. 2001. Kecenderungan kepemimpinan transaksional dan transformasional dan hubungannya dengan organizational citizenship behavior, komitmen dan kepuasan kerja (Studi pads Kantor Penerin.tah daerah Tingkat II Kabupaten Kebumen Propinsi Jawa Tengah). Tesis. Program Pasca Sarjana. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada (tidak dipublikasikan).

Wulani, Fenika. 2001. Politik dan dukungan organisasional sebagai predil.~tor sikap kerja, kinerja dan periiaku citizenship organisasional. Tesis, Program Pasca Sarjana. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta (tidak dipublikasikan).

Yukl, G.A. 1998. Leadership in Organizations. 4 th U. New York: Prince Hall, Upper Saddle River.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v1i3.157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Equilibrium

Indexed By:

      
      

  Creative Commons License

Equilibrium by http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Office: EQUILIBRIUM
Faculty of Economics and Business Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Dukuh Kupang XXV No. 54 Surabaya, Indonesia 60225 
Phone: +62315613231   
email: equilibrium@uwks.ac.id

p-ISSN 1693-1378 | e-ISSN 2598-9952