ANALISA KEBIJAKAN PANGAN TERHADAP PENDAPATAN USAHA TANI PADI DI DESA PUCUNG KECAMATAN BALONGPANGGANG GRESIK

Pratiwi Dwi Karjati

Abstract


Dalam perspektif usaha tani beras, sebenanya ada dua kebijakan dasar pemerintah dalam melindungi tingkat pendapatan petani antara lain: subsidi input dan subsidi output. Subsidi input dalam hal ini adalah subsidi harga pupuk, sedangkan subsidi output antara lain: bea masuk (tarif) impor beras dan harga dasar gabah bagi petani. Penelitian ini bertujuan menguji adanya keunggulan komparatif pada usaha tani meskipun terdapat penghapusan proteksi dan menguji perlu tidaknya proteksi untuk mempertahankan dan meningkatkan pendapatan usaha tani padi. Penelitian ini mengambil sampel 31 petani di Desa Pucung, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan Pol icy Analysis Matrix (PAM) dan Domestic Resource Cost (DRC). Hasil dari analisis menunjukkan bahwa usaha tani padi memiliki keunggulan komparatif sebesar 0,703, artinya, pemerintah mampu menghemat devisa sebesar 0,422 rupiah pada setiap satu rupiah biaya yang dikeluarkan. Di samping itu, untuk mempertahankan tingkat pendapatan petani pada tingkat pendapatan yang layak, maka pemerintah hares memberikan proteksi output berupa tarif impor beras minimal sebesar 22 % atau bea masuk sebesar Rp 423,- per kg beras, dan proteksi input berupa subsidi pupuk sebesar 16,86 % untuk pupuk urea, dan 14,7 % untuk pupuk ZA, serta 4% untuk pupuk TSP.

Keywords


Keunggulan komparatif usaha tani, tingkat proteksi input/output, policy Analysis Matrix (PAM) dan Domestic Resource Cost (DRC)

Full Text:

PDF

References


Arifin, Bustanil. 1994 Pangan Dalam Orde Baru. Jakarta: Koperasi Jasa Informasi.

Djojohadikusumo, Sumitro. 1991. Perkembangan Pemikiran Ekonomi, Buku I Dasar Teori Dalam Ekonomi Umum. Yayasan Obor Indonesia.

Gittinger, Price J. 1986. Analysis Ekonomi Proyek-Proyek Pertanian. Jakarta: Ul Press

Pearson, S.R. & Menke, E.A. 1989. The Policy Analysis Matrix for Agricultural Development. London: Cornell University Press.

Soekartawi, Dkk. 1985. Ilmu Usaha Tani dan Penelitian Untuk Perkembangan Petani Kecil. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Soekirno, Sadono. 1985. Pengantar Teori Makro Ekonomi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Tambunan, Tulus. 2001 Perdagangan Internasional dan Neraca Pembayaran. Jakarta: LP3ES.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v1i3.161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Equilibrium

Indexed By:

      
      

  Creative Commons License

Equilibrium by http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Office: EQUILIBRIUM
Faculty of Economics and Business Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Dukuh Kupang XXV No. 54 Surabaya, Indonesia 60225 
Phone: +62315613231   
email: equilibrium@uwks.ac.id

p-ISSN 1693-1378 | e-ISSN 2598-9952