ANALISA PENGARUH PENERAPAN P.S.A.K NO-46 TERHADAP LAPORAN KEUANGAN "PT. F.M.I" DI SURABAYA UNTUK TAHUN BUKU 1999 - 2001, YAITU TAHUN BUKU DIBERLAKUKANNYA PSAK NO. 46.

Hartinowati Soewelo

Abstract


Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.46 bertujuan mengatur perlakuan akuntansi untuk pajak penghasilan (1999: 46.1). Masalah utamanya adalah bagaimana pertanggung awaban konsekwensi pajak pada periode berjalan dan periode mendatang diakui dalam hal pemulihan nilai tercatat aktiva pada neraca atau pelunasan nilai tercatat kewajiban perusahaan pada PT FMI Surabaya. Disamping hal tersebut juga memperlakukan transaksi-transaksi atau kejadian-kejadian lain yang mempengaruhi perubahan aktiva dan kewajiban perusahaan pada periode berjalan yang diakui pada laporan keuangan PT FMI. Menurut PSAK No.46 bagi perusahaan perusahaan yang menerbitkan surat-surat berharga yang diperdagangkan kepada publik perlakuan akuntansi untuk pajak penghasilan berlaku untuk tahun buku yang dimulai sejak 1 Januari 1999, sedangkan bagi perusahaan lainnya dimulai sejak 1 Januari 2001. Dalam PSAK No.46 tidak mengatur masa transisi, sementara berdasar par 62 - 65 PSAK 25 penerapan SAK baru dilakukan secara retrospektif kecuali dalam masa transisi dinyatakan lain, berarti penerapan PSAK No.46 secara retrospektif berarti perlu dilakukan restatement terhadap informsi komparatif laporan keuangan dan harus dilakukan penyesuaian terhadap saldo laba awal periode untuk masa sebelum periode yang tercakup dalam informasi komparatif Penyesuaian tersebut akan menimbulkan Dered Tax atau Pajak Tangguhan dan Differed Tax ini menarikpenulis untuk diteliti.

Keywords


Diakui, tidak diakui, retrospektif, restatement, informasi komparatif laporan keuangan, Differed Tax

Full Text:

PDF

References


Didik Wahyudianto, Akuntansi Pajak Penghasilan, Penerbit PPL IAI KAP & IAI KAM, Surabaya, 2001.

Harahap, Sofyan. S, Teori Akuntansi, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1995.

IAI, Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan, Penerit Salemba Empat, Jakarta, 1999.

Jusuf Haiim, Akuntansi Pajak Penghasilan, Cetakan Kedua, Fenerbit BP PPL IAI, Jakarta., 2000.

Siegel, Joel. G, Jae. K. Shim, Kamus Istilah Akuntansi, Penerbit PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 1996.

Undang-undang Perpajakan Penerbit Umbara Bandung, 2000.

Weston, J. Fred, Thomas E. Copeland, Manajemen Keuangan, Edisi kesembilan, Jilid Satu, Terjemahan Jaka Wasana dan Kibran Doko, Penerbit Bina Rupa Aksara, Jakarta, 1995.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v3i8.216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi

Indexed By:

      
      

  Creative Commons License

Equilibrium by http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Office: EQUILIBRIUM
Faculty of Economics and Business Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Dukuh Kupang XXV No. 54 Surabaya, Indonesia 60225 
Phone: +62315613231   
email: equilibrium@uwks.ac.id

p-ISSN 1693-1378 | e-ISSN 2598-9952