PERANAN BIAYA KESEHATAN JAMSOSTEK SEBAGAI BIAYA TRANSPARAN DI AKHIR PERIODE AKUNTANSI PADA CV. KARBIT MAS SURABAYA

Risawati Risawati

Abstract


Tenaga kerja merupakam modal paling berharga bagi perusahaan oleh karena itu pemenuhan jaminan pemeliharaan kesehatan adalah cara yang paling tepat untuk mencapai produktifrtas perusahaan. Perkembangan tehnologi dunia kesehatan serta tingkat inflasi yang tinggi mengakibatkan biaya kesehatan semakin mahal seringkali sampai diluar batas kemampuan perusahaan untuk menanggungnya. Bagi perusahaan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan sendiri banyak menderita kerugian dan sangat merepotkan manajemen disamping penyelenggaan rumit, beban administrasi yang berat, padat pelayanan dan sensitive juga pelayanan kesehatan mahal dan cenderung terus meningkat (biaya rumah sakit, biaya jasa medis, harga obat-obatan) dan yang lebih merepotkan anggaran tahunan perusahaan sukar direncanakan, tidak pasti dan berfluktuasi. Program JAMSOSTEK adalah salah satu bentuk pelayanan jaminan sosial tenaga keija yang lebih bernuansa sosial ekonomi kemasyarakatan (azas kebersamaan) merupakan pelayanan yang terstruktur dan terkendali suatu bentuk pelayanan yang professional. Dengan keikutsertaan perusahaan kepada PT. Jamsostek, perusahaan mengalami peningkatan laba dan cenderung mudah untuk menyusun laporan keuangan akhir periode karena tidak berfluktuasi dan biayanya pasti/transparan tiap bulan sehingga perusahaan tidak perlu direpotkan urusan pemeliharaan kesehatan tenaga kerjanya.

Full Text:

PDF

References


Haryono Yusuf, dasar-dasar Akuntansi Jilid I Edisi 4 , Cetakan kedua th 1994 Haryono Yusuf , dasar-dasar Akuntansi Jilid 2 Edisi 4 , Cetakan kedua th 1994 Mulyadi, Akuntansi Biaya, Edisi 4, 1990

Usry, Akuntansi Biaya, buku 1 dan 2 edisi 13, 2004

Hansen Mowen, Akuntansi Manajemen, Jilid 1 dan 2, 1999

Asy’ari Anwar, Accounting Fundamental (Pengantar Akuntansi), 1991




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v3i9.221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi

Indexed By:

      
      

  Creative Commons License

Equilibrium by http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Office: EQUILIBRIUM
Faculty of Economics and Business Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Dukuh Kupang XXV No. 54 Surabaya, Indonesia 60225 
Phone: +62315613231   
email: equilibrium@uwks.ac.id

p-ISSN 1693-1378 | e-ISSN 2598-9952