PENGARUH LOCUS OF CONTROL TERHADAP SELF EFFICACY DAN MOTIVASI BERPRESTASI

Erna Hendrawati

Abstract


Keberhasilan lulusan mahasiswa dalam memenuhi permintaan pasar kerja selain ditentukan oleh perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan, tetapi juga oleh mahasiswa yang bersangkutan. Universitas Airlangga sebagai perguruan tinggi terbesar di Indonesia Timur dihadapkan pada tuntutan penyediaan lulusan slap pakai. Salah satu penentu dari dalam adalah locus of control yang akhirnya akan memunculkan self-efficacy dalam diri mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh locus of control, terhadap self-efficacy dan motivasi berprestasi. Tekniksampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu mahasiswa yang diambil sebagai sampel adalah yang telah menempuh sedikitnya empat semester. Mahasiswa tersebut telah mampu menyesuaikan diri dengan proses belajar mengajar di lingkungan perguruan tinggi, sehingga diperoleh sampel sebesar 134 responden. Sedangkan alat uji yang digunakan adalah regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa locus of control Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Merdeka Surabaya tidak berpengaruh signifrkan terhadap self-efficacy. Demikian juga dengan pengujian yang kedua membuktikan bahwa self-efficacy tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi berprestasi sehingga baik hipotesis pertama dan kedua tidak sepenuhnya teruji kebenarannya.

Full Text:

PDF

References


Bradley, Don, E. Dan James, A. Robert. 2004. Self Employement and Job Satisfaction: Investegating The Role Of Self Efficacy, Depression, and Seniority. Journal of Small Business Management 42 (1), pp.37-38.

Gordon, Judith, R. 2002. Organizational Behavior: A Dianostic Approach. 7th Edition. New Jersey: Prentice hall International Inc.

Hair,J:F.,Atnh Reading3. a am, .L., Bank,W.C 0987. Multivariate Data Analysis:

Siagian ,Sondang P. 1995. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rieneka Cipta.

Warga, Richard G. 1983. Personnel Awareness: A. Pyschology ofAdjustment. Third Edition. Boston: Houghton Mifflin.Co.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v4i10.227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi

Indexed By:

      
      

  Creative Commons License

Equilibrium by http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Office: EQUILIBRIUM
Faculty of Economics and Business Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Dukuh Kupang XXV No. 54 Surabaya, Indonesia 60225 
Phone: +62315613231   
email: equilibrium@uwks.ac.id

p-ISSN 1693-1378 | e-ISSN 2598-9952