ANALISIS PENGARUH PUNCAK PEMIKIRAN PANGSA PASAR PRODUK DETERGEN KRIM

Eva Wany

Abstract


Beberapa waktu ini perusahaan perusahaan semakin berpotensi dalam meluncurkan produk produknya. Hal ini membuat suatu perusahaan yang akan memasarkan produknya perlu lebih memahami keinginan konsumen. Perusahaan sangat megetahui informasi dan profil sebanyak-banyaknya mengenai konsumen agar dapat merumuskan strategi pemasaran berdasarkan segmentasi pasar yang tepat untuk analisa terhadap karakteristik konsumen detergen krim dan faktor faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam memilih produk detergen krim yang diinginkan. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner. Teknis analisis yang digunakan adalah Structural Equetion Modelling (SEM) yang akan mempermudah untuk melihat hubungan kausalitas yang akan diuji dengan menggunakan program AMOS. 4.01. Hasil pengujian dengan menggunakan program AMOS. 4.01 dapat dilihat bahwa hipotesis yang diajukan yaitu diduga puncak pemikiran merek produk detergen krim berpengaruh terhadap pangsa pasar produk tersebut, tidak dapat diterima. Diduga terdapat pengaruh positif puncak pemikiran produk detergen krim terhadap asosiasi merek produk tersebut, dapat diterima. Diduga terdapat pengaruh positif puncak pemikiran produk detergen krim terhadap komitmen perusahaan produk tersebut, dapat diterima. Diduga terdapat pengaruh positif pangsa pasar produk detergen krim terhadap kesadaran atas merek produk tersebut, dapat diterima. Diduga terdapat pengaruh positif pangsa pasar produk detergen krim terhadap persaingan harga produk tersebut, dapat diterima. Diduga terdapat produk positif pangsa pasar produk detergen krim terhadap ketersediaan merek produk terebut, dapat diterima.

Full Text:

PDF

References


Aaker,D,1991, Managing Brand Equity, Capilazingon the value of a Brand Name, A Division Macmilan. Inc New York

Anderson, J,C, and D,W,Gerbing ( 1998 ), "Structural Equation Modelling in Pratice : A Review And Recommended Two - Step Approach", Pshycological Bulletin,103,411 -23

Assaury, Sofyan, 2002, Manajemen Pemasaran. Konsep, Dasar dan Strategi, Edisi 1, Cetakan 7, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada

Bentller,P.M. and C.P.Chou (1987)," Pratical Issue in Structural Modelling." Sociological Methos and Research 16 (1),78-117

Ferdinand, Augusty (2002), Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen, Penerbit BP Unclip, Semarang

Hair , J.F.et.al.(1998), Multivariate Data Analysis, Fifth Edition Prentice - Hall International, Inc,New Jersey

Kotler,P. (1997). Analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian, edisi asli, jilid 2, penerbit PT.Prehalindo, Jakarta

Kuncoro,M, 2003, Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi, Penerbit Erlangga, Jakarta

Swasembada , 2004, Edisi 07 / XX / 1- 4 April

Swasta, B, 2003, Manajemen Pemasaran modern, Edisi 2, cetakan ke 11, Penerbit Liberti, Jogjakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v4i10.228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi

Indexed By:

      
      

  Creative Commons License

Equilibrium by http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Office: EQUILIBRIUM
Faculty of Economics and Business Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Dukuh Kupang XXV No. 54 Surabaya, Indonesia 60225 
Phone: +62315613231   
email: equilibrium@uwks.ac.id

p-ISSN 1693-1378 | e-ISSN 2598-9952