ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN ATAS BAURAN PEMASARAN JASA RESTORAN TERHADAP MINAT BELT ULANG DI MC. DONALD RAYA DARMO SURABAYA

Tetty Arifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan atas produk, harga, tempat/lokasi, promosi, orang, fasilitas fisik dan proses terhadap minat beli ulang di Mc Donald's Raya Darmo Surabaya. Penyebaran kuesioner dilakukan di Mc Donald's Raya Darmo Surabaya. Teknik analisis yang digunakan adalah model regresi Linier berganda dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS Versi 12.0. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu kepuasan konsumen atas produk (Xi), harga (X2), Tempat (X3), promosi (X4), orang (Xs), fasilitas fisik (X6), dan proses (X7). Sedangkan variabel tergantungnya Minat beli ulang (Y). Hasil analisis data menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara kepuasan konsumen atas produk, harga, tempat/lokasi, promosi, orang, fasilitas fisik, dan proses dengan minat beli ulang di Mc Donald's Raya Darmo Surabaya yang diketahui dari koefisien korelasi berganda (R) sebesar 0,964. Nilai Koefisien determinasi berganda R Square sebesar 0,929 menunjukkan bahwa 92,9% minat beli ulang dijelaskan oleh konsumen sedangkan sisanya sebesar 7,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang berasal dari luar variabel yang diamati. Hasil uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepuasan konsumen atas produk, harga, tempat, promosi, orang, fasilitas fisik, dan proses secara serempak terhadap minat beli ulang di Mc Donald's Raya Darmo Surabaya. Sebagai pelengkap penelitian ini menggunakan uji t yang hasilnya juga menunjukkan adanya pengaruh yang signifrkan antara kepuasan konsumen atas produk, harga, tempat, promosi, orang, fasilitas fisik, dan proses secara parsial terhadap minat beli ulang di Mc Donald's Raya Darmo Surabaya.

Keywords


pemasaran, bauran produk

Full Text:

PDF

References


Amin Silalahi, Gabriel. 2003. Metodologi Penelitian dan Studi Kasus. Sidoarjo : Citra Media

Damitri, Anindia. 2004. Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Ulang Mc Donald's Tunjungan Plaza Surabaya. Skripsi Sarjana Ekonomi. Surabaya: Perpustakaan Universitas Airlangga.

Elidawati, Dian. 2005. Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Membeli Kembali di Mc Donald's Jembatan Merah Plaza Surabaya. Skripsi Sarjana Ekonomi. Surabaya : Perpustakaan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Fauziah, Siti. 1999. Faktor Marketing Mrx, Lingkungan, Psikologis, dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Bidang Studi. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Koperasi : Padang

Hurriyati, Ratih. 2005. Bauran Pemasaran Jasa dan Loyalitas Konsumen. Bandung : Alfabeta.

Isnani, Arif. 2006. Integratet Marketing Strategy 13P. Mataram : Nusa Tenggara Press.

Kotler, Philip. 2000. Marketing Management. Millinium Edition. Prentice Hall Inc. Jakarta

__________, 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Millinium.Jakarta : Prentice Hall Inc.

__________, & Tery Ancilla. 1995. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Edisi Delapan. Prentice Hall and Erlangga: Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Pertama. Jakarta : Salemba Empat.

Nirwana. 2004. Prinsip-prinsip Pemasaran Jasa. Malang : Dioma Sudarmawan, Rino. 2006. Analisa Bauran Pemasaran Sebagai Artifak Budaya Organisasi Franchisor Pada Cabang Waralaba. Master Theses Teknik Indus tri : ITB

Sumarwan, Ujang. 2005. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Tjiptono, Fandi. 1996. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta : Andi.

__________, 2000. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v4i10.233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi

Indexed By:

      
      

  Creative Commons License

Equilibrium by http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Office: EQUILIBRIUM
Faculty of Economics and Business Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Dukuh Kupang XXV No. 54 Surabaya, Indonesia 60225 
Phone: +62315613231   
email: equilibrium@uwks.ac.id

p-ISSN 1693-1378 | e-ISSN 2598-9952