ANALISIS KARAKTERISTIK PEROKOK DITINJAU DART GAYA HIDUP (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)

Kristiningsih Kristiningsih

Abstract


Dalam lingkungan bisnis yang berubah dengan cepat dan intensitas persaingan pasar global yang kian meningkat, organisasi bisnis yang profesional dituntut untuk memperbaiki strategi mereka, khususnya kemampuan dalam mengeksekusi strategi, guna memenangkan persaingan bisnis.

Penelitian ini ingin mengetahui karakteristik perokok ditinjau dari gaya hidup pada Mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, dengan menggunakan dimensi AlO (activity, interest, opinion). Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa yang merokok lebih dari 6 batang selama 3 bulan. Hasil dari penelitian ini, berdasarkan karakteristik perokok ditinjau dari gaya hidup pada Mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya terbagi ke dalam 4 segmen gaya hidup yaitu: The Change Expected Lad (45%), The networking Pleasure Seeker (14%), Enjoy Life Person (31%), The Spontaneous Fun-Loving (10%). Secara umum, semua mahasiswa yang merokok menyukai musik, pesta serta berorientasi kepada teman dan keluarganya.

Full Text:

PDF

References


Al Bachri. Ada Apa Dengan Merokok?, 21 Mei 2005. (http://www.sekolahindonesia.com).

Assael, H. 1992. Consumer Behaviour And Marketing Action. Boston: Kent Publishing Company.

Burhan, B. 2005. Metodologi Penelitian KuantitatKomunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Berta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya Edisi pertama. Jakarta: Kencana.

Dajan, Anto. 1995. Pengantar Metode Statistik. Jilid 2. Jakarta: Mandar Maju.

Engel, J., Blackwell, D., Miniard. W. 1994. Perilaku Konsumen. Edisi keenam. Jakarta: Binarupa Aksara.

Ghozali. I.. 2005. Analisis Multivariate: Aplikasi SPSS, Semarang: Universitas Diponegoro.

Goldstein, A.P, & Krainer, L. 1993. Modern Applied Psyholog. New York: Pergamon Press, INC.

Hawkins. 2001. Consumer Behavior : Building Marketing Strategy. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Kotler, P. 1988. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: CV. Intermedia.

__________, 1997. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, Kontrol. Jakarta: PT. Prenhallindo.

__________, 2000. Manajemen Pemasaran Edisi dua belas. Jilid dua. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kotler, P. dan Armstrong, G. 2001. Marketing: An Introduction. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Loundon, D., and Della Bitta, J.A., 1993. Consumer Behavior: Concept and Application, McGrow-Hill.

Minor, M., & Mowen, J. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Peter, J.P., & Jerry C. Olson, 1996. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi keempat (terjemahan). Penerbit: Erlangga.

Rangkuti, F. 1997. Riset Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Sitepoe, M. 1997. Usaha Mencegah Bahaya Merokok Edisi satu. Jakarta: Gravindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v6i13.251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi

Indexed By:

      
      

  Creative Commons License

Equilibrium by http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Office: EQUILIBRIUM
Faculty of Economics and Business Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Dukuh Kupang XXV No. 54 Surabaya, Indonesia 60225 
Phone: +62315613231   
email: equilibrium@uwks.ac.id

p-ISSN 1693-1378 | e-ISSN 2598-9952