ANALISA PENGARUH EARNING PER SHARE, NET PROFIT MARGIN DAN RETURN ON EQUITY TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGES YANG LISTING DI BEI

Ismangil Ismangil

Abstract


Di dalam pasar modal, investor besar dan kecil dapat membeli dan menjual saham atau efek lainnya. Harga dari saham atau efek lainnya berfluktuasi sesuai dengan penawaran dan permintaan terhadap efek yang bersangkutan. Harga dari saham atau efek merupakan barometer dari pandangan mereka mengenai masa depan industri dan ekonomi pada umumnya. penilaian saham secara akurat bisa meminimalkan resiko sekaligus membantu investor mendapatkan keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan apakah terdapat pengaruh Earning Per Share, Net Profit Margin dan Return on Equity terhadap harga saham pada perusahaan food and Beverages yang terdaftar di BEI. Dalam penelitian ini populasi yang 4adikan obyek adalah perusahaan Food and Beverage yang terdaftar pada BEI sebanyak 15 perusahaan, obyek penelitian diambil sampel sebanyak 6 perusahaan Food and Beverage yang terdaftar pada BEI. Penelti mengunakan metode purposive sampling. Jenis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik analisa yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil analisis memberikan kesimpulan bahwa, Earning Per Share, Net Profit Margin dan Return on Equity secara simultan adalah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap harga saham pada perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Earning Per Share dan Return On Equity mempunyai pengaruh positif terhadap harga saham, Net Profit Margin berpengaruh negatif terhadap harga saham.

Full Text:

PDF

References


Darmadji, Tjiptono dan Hndy M. Fakhruddin, 2001, Pasar Modal Di Indonesia: Pedekatan Tanya Jawab, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Husnan, Suad, 2005, Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas, Edisi Keempat, Cetakan Pertama, Penerbit UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Halim, Abdul, 2003, Analasis Investas, Penerbit Salemba Empat, Jakarta. Harahap, Sofyan Syafri, 2004, Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, Cetakan Pertama, Penerbit PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Ikatan Akuntansi Indonesia, 2004, StandarAkuntansi Keuangan, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Munawir, 2002, Analisa Laporan Keuangan, Edisi Keempat, Penerbit: Liberty, Yogyakarta.

Prastowo, Dwi dan Rifka Juliaty, 2005, Analisa Laporan Keuangan : Konsep dan Applikasi, Edisi Kedua, Cetakan Pertama, Penerbit UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Sunariyah. 2004, Pengantar Pengetahuan Pasar Modal, Edisi Keempat, Penerbit UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Sutrisno, 2003, Manajemen Keuangan: Teori, Konsep dan Aplikasi, Edisi Pertama, Cetakan Ketiga, Penerbit Ekonesia, Yogyakarta.

Tandelin, Eduardus, 2001, Analisa Investasi dan Manajemen Portofolio, Edisi Pertama, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Usman, Marzuki, Djoko Koesnadi, Arys Ilyas, Hasan Z.M., I Gede Putu Ary Suta. I Nyoman Tjager dan Srihandoko, 1990, ABC Pasar Modal Indonesia, Penerbit Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia bekerjasama dengan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia, Jakarta.

Kautsar, Radhial, 2006, Analisa Pengaruh Faktor Fundamental Terhadap Harga Saham Perusahaan Retail Trade Yang Go Public Di Bursa Efek Jakarta, Skripsi UPN "Veteran" Jatim, Surabaya




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v6i13.254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi

Indexed By:

      
      

  Creative Commons License

Equilibrium by http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Office: EQUILIBRIUM
Faculty of Economics and Business Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Dukuh Kupang XXV No. 54 Surabaya, Indonesia 60225 
Phone: +62315613231   
email: equilibrium@uwks.ac.id

p-ISSN 1693-1378 | e-ISSN 2598-9952