ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KARYAWAN UNTUK BEKERJA SEBAGAI KARYAWAN OUTSOURCING DI PT. X-TRA NUGRAHA CIPTA

Djojo Dihardjo

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor apa Baja yang dipertimbangkan karyawan untuk bekerja sebagai karyawan outsourcing. Berdasarkan teori ditemukan ada 13 faktor utama yang dipertimbangkan karyawan untuk bekerja sebagai karyawan outsourcing. Hasil analisis menemukan ada tiga faktor pembentuk utama yang menentukan seseorang bekerja sebagai karyawan outsourcing yaitu faktor yang pertama Faktor Jangka Panjang yang terdiri dari variabel masa perjanjian kerja, hari libur, suasana kerja, keamanan kerja, fasilitas dan jenjang karier, faktor yang kedua yaitu Faktor Sistem Kerja Perusahaan yang terdiri dari variabel lokasi penempatan, peraturan kerja, otoritas pimpinan dan jam kerja, faktor yang ketiga yaitu Faktor Status Karyawan yang terdiri dari variabel jenis pekerjaan, jabatan dan kompensasi yang mempengaruhi seorang karyawan untuk bekerja sebagai karyawan outsourcing. Dapat dikatakan bahwa seseorang akan mau bekerja sebagai karyawan outsourcing yang dikarenakan seseorang terlibat dalam ketiga faktor diatas.

Keywords


outsourcing, faktor jangka panjang, faktor sistem kerja perusahaan, status karyawan

Full Text:

PDF

References


Cahayani. A. 2005. Strategi dan Kebijakan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Dessler, Gary. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kesembilan. Jilid Satu. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Hasibuan, Malayu DRS., 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kesembilan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Malholtra, N. K,. Hall, J., Shaw, M. & Crisp, M. 1996, Marketing Research: An Applied Orientation. Practice Hall. Sydney.

Nuraini, E. R. 2004. Parakdima Baru Manajemen SDM Sebagai Basis Meraih Keunggulan Kompetitif. Edisi Pertama. Yogyakarta: Ekonisia.

Santoso, S., Tjiptono, F. 2001. Riset Pemasaran, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Edisi Pertama. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Anggota IKAPI.

Schuler, S. R., Jackson, E. S. 1997. MSDM (Melengkapi Abad Ke-21). Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Thomson. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jilid Satu. Jakarta: Salemba Empat.

Thomson. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jilid Dua. Jakarta: Salemba Empat.

Widiatmoko., 2001. Beberapa Keuntungan dan Kelemahan Outsoursing. Jurnal of Retailing.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v5i2.257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi

Indexed By:

      
      

  Creative Commons License

Equilibrium by http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Office: EQUILIBRIUM
Faculty of Economics and Business Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Dukuh Kupang XXV No. 54 Surabaya, Indonesia 60225 
Phone: +62315613231   
email: equilibrium@uwks.ac.id

p-ISSN 1693-1378 | e-ISSN 2598-9952