PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN KARTU PRABAYAR FLEXI TRENDY DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT

Djojo Dihardjo

Abstract


Perkembangan dunia informasi dan telcnologi dewasa ini semakin menunjukkan gejala peningkatan baik dalam bentuk telepon seluler maupun sarana penunjang infrastruktur komunikasi lainnya. Tingginya pengguna produk telepon seluler membuat konsumen mencari operator jasa telekomunikasi seluler yang diinginkannya, sehingga PT. TELKOM sebagai operator kartu prabayar Flexi Trendy hares memahami kondisi persaingan yang terjadi sesema kartu prabayar. Ketatnya persaingan antar sesame operator kartu prabayar menimbulkan permasalahan pada PT. TELKOM, yakni bagaimana meningkatkan layanan Kartu prabayar Flexi Trendy sehingga mampu bersaing. Metode QFD adalah metode yang digunakan untuk mengetahui atribut-atribut yang dipentingkan oleh konsumen dalam memilih suaru kartu prabayar dan respon teknis sebagai tindakan pihak manajemen untuk menigkatkan kualitas layanan dan produk Flexi Trendy. Pada tahap awal penggalian atribut didasarkan survey awal, kemudian dilanjutkan dengan penyebaran kuesioner untuk mengetahui atribut yang diharapkan konsumen atau pelanggan. Hasil dari semua kebutuhan akan dijadikan atribut kebutuhan konsumen untuk penelitian. Setelah itu PT. TELKOM menterjemahkan kepuasan pelanggan menjadi karakteristik teknis produk, serta menentukan prioritas respon teknis yang memerlukan penanganan. Atribut yang menjadi prioritas perbaikan oleh manajemen PT. TELKOM Kandatel Surabaya Barat adalah palayana puma jual, dan kualitas kejemihan suara.

Keywords


House of Quality, Importance to customer, Satisfaction Customer, Raw Weight

Full Text:

PDF

References


Cohen, Lou, QFD, How To Make QFD Work For You Canada : Addison-Wesley Publishing Company, 1995.

Day, Ronald., Quality Function Deployment : Linking A Company With A Customer, Wiconsin : ASQC Quality Press, 1993

Zeithahn L.;Valerie A.; Parasuraman; Berry A;Leonard L.; Delivering Quality Service : Balancing Customer Perception And Expenctations, New York : The Free Press, 1990

Sugiyono, 2003. Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung. Umar,Husein,2002.Metode Penelitian, PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kotler, Philip, 1997. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Edisi Enam, Jakarta : PT. Prehalindo.

Permono, Ari. 2003. Judul Skripsi Peningkatan Kualitas Pelayanan Perbaikan Handphone pada Service Senter Ericsson dengan mengunakan metode Quality Function Deploymeny. Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Setiawan, Heru. 2005. Judul Laporan Kerja Praktek, Pengendalian Kualitas dengan Metode Quality Function Deployment (QFD). Universitas TRUNOJOYO Madura




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v6i1.271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi

Indexed By:

      
      

  Creative Commons License

Equilibrium by http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Office: EQUILIBRIUM
Faculty of Economics and Business Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Dukuh Kupang XXV No. 54 Surabaya, Indonesia 60225 
Phone: +62315613231   
email: equilibrium@uwks.ac.id

p-ISSN 1693-1378 | e-ISSN 2598-9952