Implikasi Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Di Pasar Blauran Kotamadya Surabaya

Bambang Setyadarma

Abstract


Artikel penelitian ini bertujuan mengidentifikasikan sejauhmana kontribusi pengaruh positip experiential marketing (sense, feel, think, act, relate) terhadap aktualisasi tercapainya nilai kepuasan konsumen di pasar blauran. Sampel penelitian terdiri dari 60 partisipan konsumen penggiat belanja di pasar blauran kodya surabaya melalui pendekatan metode purposive sampling (Cooper & Emory, 2015). Parameter  sense  tidak berpengaruh secara positip terhadap kepuasan, terindikasikan perilaku para partisipan pada saat berbelanja di pasar blauran tidak terlalu mengandalkan elemen panca inderanya melainkan mengandalkan feel (perasaan) manakala berbelanja. Parameter feel berpengaruh positip secara bermakna terhadap kepuasan pelanggan, terindikasikan para partisipan yang berbelanja di pasar blauran tersebut, memiliki dorongan emosional  yang  sangat  kuat  guna melakukan  keputusan pembelian secara bijak. Parameter think berpengaruh positip secara bermakna terhadap kepuasan pelanggan, terindikasikan sebelum partisipan memutuskan pembelian barang di pasar blauran, mereka lebih mengutamakan berpikir secara rasional (think). Parameter act  berpengaruh negatip secara bermakna terhadap kepuasan pelanggan, terindikasikan rata rata partisipan penelitian ketika berbelanja di pasar blauran tidak senantiasa mengikuti kebiasaan hedonisme (act) terkait perilaku life style masyarakat  perkotaan yang cenderung konsumeris manakala melakukan kegiatan berbelanja. Parameter relate  berpengaruh negatip secara bermakna terhadap kepuasan pelanggan, terindikasikan kondisional persepsi para partisipan tersebut manakala berbelanja di pasar blauran lebih mengutamakan dimensional sense dikuti oleh feel, think maupun act secara komprehensif. Optimalisasi keberhasilan pencapaian nilai kepuasan pelanggan dapat teraktualisasikan melalui kolaborasi pemberdayaan elemen-elemen experiental marketing (sense, feel, think, act, relate) guna merelevansikan kepositipan sikap loyal pelanggan secara nyata dewasa ini.


Keywords


Experiental Marketing; Kepuasan Konsumen; Purposive Sampling

Full Text:

PDF

References


Cooper, D.R. & Emory, CW. 2015. Business Research Methods, 11th Ed Richard D. Irwin, Inc. New York.

Chandra, H. 2018. Marketing Untuk Orang Awam Palembang, Maxicom.

Christian, A. & Dharmayanti, D. 2011. Pengaruh Experiential Marketing terhadap satisfaction dan customer loyalty the light cup di Surabaya Town Square. Jurnal Pemasaran Petra, Volume 1.

Ghozali, I. 2016. Analisis Multivariate Aplikasi Dengan Program SPSS, Edisi Keempat. Penerbit: Universitas Diponegoro

Hidayat, A., Ramadhani, P. 2019. Dampak Kualitas Hubungan pada Pemasaran Eksperiensial dan Kepuasan Pelanggan dalam Kasus Penjualan Tiket Online. Konferensi Internasional ke-6 IEEE tentang Teknik dan Aplikasi Industri.

Kartajaya, H. 2014. Marketing in Venus.” Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. 2017. Manajemen pemasaran, analisis perencanaan, pengendalian, prentice hall. Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Salemba Empat.

Pine, B. J. & Gilmore, J. H. 2015. The experience economy: Work is theatre and every business a stage. Boston MA: Harvard Business School Press.

Schmitt, B. H. 2011. Experiential Marketing: How to get customer to sense, feel, think, act and relate to your company and brands. New York: The Free Press.

Smiliansky, S. 2014. Experiental Marketing: A Prectical Guide Interactive to Brand Experience. India: Replika Press

Tjiptono, F. 2014. Strategi pemasaran. 2nd ed. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Zeithaml, V. A. & Bitner, M. J. 2012, Services Marketing: Integrating Cutomer. Focus Acros the firm, 2nd ed. Boston University.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v19i1.2773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi

Indexed By:

      
      

  Creative Commons License

Equilibrium by http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Office: EQUILIBRIUM
Faculty of Economics and Business Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Dukuh Kupang XXV No. 54 Surabaya, Indonesia 60225 
Phone: +62315613231   
email: equilibrium@uwks.ac.id

p-ISSN 1693-1378 | e-ISSN 2598-9952