PENGARUH IKLAN DI TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI SHAMPO LIFEBUOY DI SURABAYA BARAT (Studi kasus pada iklan Lifebuoy versi adik yang melarang kakaknya untuk datang kepesta ulang tahunnya karena kakaknya berketombe)

Dwi Indah Mustikorini

Abstract


Tanggapan konsumen terhadap suatu iklan dapat mempengaruhi minat pembelian atas produk yang diiklankan. Hal ini terjadi pada produk-produk yang mempunyai keterlibatan rendah, dimana konsumen hanya memperlihatkan unsur-unsur perferial atau diluar sentral sebuah iklan seperti: warna, penyajian, simbol, atau musik dalam sebuah iklan daripada unsur-unsur yang sentral seperti informasi dan penampilan (performance) sebuah produk (Assael, 1995 : 736). Dewasa ini, para pemasar semakin gencar melakukan program komunikasi pemasaran, dengan tujuan memperebutkan konsumen sasaran dan masyarakat umum sebanyak-banyaknya melalui iklan. Hal ini mendorong pemasar berlomba-lomba menciptakan atau merancang iklan yang menarik dan sesuai untuk meraih konsumen sasaran dan masyarakat umum. Hasil yang berupa iklan ini, ditayangkan di beberapa media termasuk media televisi (media lini atas), yang digunakan sebagai peluang oleh pemasar di dalam mengkomunikasikan keberadaan suatu produk atau jasa. Oleh karena itu penelitian kali ini bertujuan untuk mencari apakah elemen iklan yang terdiri dari kata-kata yang terucap dan efek suara (heard word and sound effect), musik (music), kata-kata yang terlihat (seen words), gambar (pictures), warna (colour), gerakan (movement) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli, shampo Lifebuoy. Setelah dilakukan penelitian diketahui dari uji F bahwa hipotesis yang diajukan oleh peneliti didukung atau terbukti kebenarannya, dengan kata lain dapat dikatakan bahwa Kata-kata yang terucap dan efek suara (heard word and sound effect) (X1), musik (music) (X2), kata¬kata yang terlihat (seen words) (X3), gambar (pictures) (X4), warna (colour) (X5), gerakan (movement) (X6) pada penayangan iklan shampo lifebouy anti ketombe di media televisi secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli shampo.

Keywords


iklan, keputusan konsumen

Full Text:

PDF

References


Ari Setyo Wibowo, "Mengenjot Penjualan Melalui Televisi".

Swa 07/XI/Oktober/ 1995.

Arikunto, Suharsimi, 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta Penerbit Rineka Cipta.

Assael, Henry, 1995. Consumer Behavior and Marketing Action, Fith Edition, Cincinnati, Ohio . South-Western College Publishing,

Cooper, Donald R. dan William Emory. 1999. Metode Penelitian, Jakarta: Erlangga Jakarta.

Dharmmesta, Basu Swasta dan T. Hani Handoko, 2000. Manajemen Pemasaran, Analisa Per Ilaku Konsumen, Edisi Pertama, Yogyakarta: BPFE.

Engel, James F., Roger D. Blackwell, Paul W. Miniard, 2000. Perilaku Konsumen,. Terjemahan, Jilid 1, (Jakarta, Binarupa Aksara).

Gasperz, Vincent, 1997. Manajemen Kwlitas, Penerapan Konsep-konsep Kualitas Dalam Manajemen Bisnis Total, Yayasan Indonesia Emas dan PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Guiltinan, J.P & Gordon, W., Paul, 1990, Marketing Manajemen, Strategi dan Program, (Jakarta, Binarupa Aksara).

Irwansyah, Bisnis Indonesia, Senin 9 July 2001.

John C Mowen, Consumer Behavior, (Prentice Hall lnc,Engelwood Cliff, New Jersey, Fourth edition, 1995)

John R. Rossiter and Larry Percy, 1987. Advertising and Promotion Management, (Singapore : Me Graw Hill, Inc. International Edition)

Kasali, RhenaId. 1995, Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya Indonesia.Edisi Kedua. Pustaka Utama Grafiti. Jakarta.

Kotler, Philip, 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium Jilid 1. Terjemahan, Jakarta: Prentice Hall.

__________, 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium Jilid 2. Terjemahan, Jakarta: Prentice Hall.

__________, 1997. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta : Penerbit: Prenhallindo.

Maholtra, Naresh K. 1996. Marketing Research, an Applied Orientation (Prentice Hall)

Payne,Andrian. 2000. Pemasaran Jasa, Cetakan Pertama, Terjemahan, (Yogyakarta : ANDI)

Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson, 2000. "Consumer Behavior ", Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran, Jilid 2, Terjemahan, Edisi kecmpat, Jakarta . Erlangga)

Schiffman, Leon G. and Leslie Lazar Kanuk. 2000. Consumer Behaviour. 7th ed. Prentice Hall International.

Sugiyono, 1999. Statistika Untuk Penelitian (Alfabeta: Bandung).

Tjiptono, Fandy, 1997. "Strategi Pemasaran", Edisi kedua, Cetakan 1 (Yogyakarta : Penerbit Andi)




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v6i2.278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi

Indexed By:

      
      

  Creative Commons License

Equilibrium by http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Office: EQUILIBRIUM
Faculty of Economics and Business Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Dukuh Kupang XXV No. 54 Surabaya, Indonesia 60225 
Phone: +62315613231   
email: equilibrium@uwks.ac.id

p-ISSN 1693-1378 | e-ISSN 2598-9952