PENGARUH EARNING PER SHARE, PRICE EARNING RATIO, RETURN ON INVESTMENT, DAN TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP HARGA SAHAM PADA INDUSTRI FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAPAT DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Nurul Azizah

Abstract


Dalam penelitian ini peneliti mengambil suatu permasalahan yaitu pengaruh Earning Per Share, Price Earning Ratio,Return On Investment dan tingkat suku bunga terhadap harga saham pada industri food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Data yang digunakan dalm penulisan karva ilmiah ini adalah data sekunder yang diperoleh dari PT. BEI dan B1. Sampel dalam penelitian ini adalah 16 perusahaan industri makanan dan minuman yang terdaftar di BEI mulai tahun 2002-2006. Perusahaan yang menjadi sampel yaitu : PT. Ades Alfindo Putra Setia Tbk, PT. Aqua Golden Mississipi Tbk, PT. Cahaya Kalbar Tbk, PT. Davomas Abadi, PT. Delta Djakarta, Indofood Sukses Makmur, PT. Mayora Indah (MYOR), PT. Multi Bintang Indonesia, PT. Prasidha Aneka Niaga, PT. Sekar laut, PT. Siantar top, PT. SMART Corporation, PT. Suba Indah, PT. Tunas Baru Lampung, PT. Ultrajaya Milk Industri & Trading company Tbk, PT. Asia Inti Selera. Untuk menganalisa digunakan analisa regresi liner berganda dan korelasi berganda (SPSS 12). Hasil dui penelitian ini menunjukkan bahwa EPS, PER, ROI dan tingkat suku bunga secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham pada industri food and beverage pada BEI selama tahun 2002-2006. Pengaruh parsial (uji T) EPS menunjukkan pengaruh signifikan terhadap harga saham, sedangkan PER, ROI, dan tingkat suku bunga mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap harga saham pada industri food and beverage yang terdaftar di BEI selama tahun 2002-2006.

Full Text:

PDF

References


Azizah, Nur, 2006. Skripsi dengan judul Analisa Hubungan EVA, ROI dan ROE Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Perbankan dan Sekuritas di Bursa Efek Jakarta.

Baridwan, Zaki. Akuntan, Intermediate Accountang, Edisi ke 4 Adjusts 1995. Penerbit BPFE Yogyakarta.

Brigham F. Eugene dan Houston Joel. F. 2001. Manajemen Keuangan. Edisi Kedelapan. Jakarta : Penerbit Airlangga

Darmadji, Tjiptono and Fakhruddin, Hendy. M. 2001. Pasar Modal di Indonesia (pendekatan tanya jab). Edisi Pertama. Jakarta : Salemba Empat

Husnan, Suad. 1998. Dasar-dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. Edisi ketiga. Cetakan pertama. UPP AMP YKPN. Yogyakarta..

Ikatan Akuntan Indonesia, 1991. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta : Penerbit Salemba Empat

Nyoto Tjandra, Rudy. 2001. Skripsi dengan judul Pengaruh Kurs Nilai Tukar Mata Uang (dollar US), Tingkat Suku Bunga Deposito dan Tingkat Inflasi terhadap Harga Saham PT. Gudang Garam. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Septowati, Tri. 2002. Skripsi dengan judul Analisis PER dan EPS terhadap Pergerakan Harga Saham di Industri Food and Beverages. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Sunariyah, 2004. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. Edisi keempat. Yogyakarta: UPP AMP YKPN

Tandelilin, Eduardus 1985. Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Edisi Pertama, Yogyakarta : PT. BPFE

Van Home, James C and Wachowicz, John M. 1997. Prinsip prinsip Manajemen Keuangan. Terjemahan. Jakarta : Salemba Empat




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v6i2.282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi

Indexed By:

      
      

  Creative Commons License

Equilibrium by http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Office: EQUILIBRIUM
Faculty of Economics and Business Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Dukuh Kupang XXV No. 54 Surabaya, Indonesia 60225 
Phone: +62315613231   
email: equilibrium@uwks.ac.id

p-ISSN 1693-1378 | e-ISSN 2598-9952