PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC

Surenggono Surenggono

Abstract


Pada dasarnya prinsip Good Corporate Governance (GCG) meliputi lima komponen utama yaitu fairness (kewajaran), fransparancy (keterbukaan informasi), accountability (dapat dipertanggungjawabkan), independency (independen) dan responbility (pertanggungjawaban). Good Corporate Governance semakin penting bagi perusahaan, yakni sebagai alat kontrol manajemen dalam meningkatkan kinerja perusahaan yang sehat. Namun, walaupun banyak yang menyadari pentingnya prinsip good corporate governance, banyak pihak yang melaporkan masih rendahnya perusahaan di Indonesia yang menerapkan prinsip tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang telah menerapkan Good Corporate Governance di IICG (The Indonesian Institute for Corporate Governance) pada tahun 2005, 2006, 2007 dan 2008 yang berupa skor pemeringkatan CGPI (Corporate Governance Perception Index). Tujuan dad penulisan ilmiah ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Go Public Yang Masuk Dalam Skor Indonesian Institute For Corporate Governance (IICG) Periode 2005, 2006, 2007 Dan 2008. dad hasil penelitian dengan menggunakan alat regresi linear sederhana, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi GCG dengan menggunakan skor GCG tidak berpengaruh terhadap kvnerja keuangan dalam penelitian ini menggunakan rasio keuangan nilai pasar (Price Earning Ratio, Price to Book Value dan Dividen Payout Ratio), maksudnya walaupun skor GCG yang diraih perusahaan mempunyai nilai yang tinggi atau rendah, nilai yang ada tidak mempengaruhi tingkat PER, PBV dan DPR di perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Baridwan Zaki., 2004. Intermediate Accounting. Edisi Kedelapan. Fakultas Ekonomi UGM, Yogyakarta.

Bursa Efek Indonesia., 2004-2008. Indonesian Capital Market Directory (ICMD).

Brigham, E. F., dan Houston, J.F., 2001. Manajemen Keuangan. Edisi Kedelapan (Terjemahan). Salemba Empat.

Wardani., 2008. Pengaruh Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan di Indonesia. Skripsi Sarjana (Tidak dipublikasikan). Yogyakarta Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Effendi Arief., 2008. The Power of Good Corporate Governance. Teori dan Implikasi. Salemba Empat.

Murni Asiah Siti, SE, M. Si dan Djamilah Siti, SE, M. Si., 2009. Metodologi Penelitian. Fakultas Ekonomi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Isnanta., 2008. Pengaruh Corporate Governance dan Struk.iur- Kepemilikan Terhadap Manajemen Laba dan kinerja Keuangan. Skripsi Sarjana (Tidak dipublikasikan). Yogyakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Sumarsono., 2004. Metode Penelitian Akuntansi. Edisi Revisi.

Suprayitno et al., 2010. Laporan Corporate Governance Perception Index. The Indonesian Institute for Corporate Governance.

Surya Indra dan Yustiavanda Ivan., 2008. Penerapan Good Corporate Governance (Mengesampingkan hak-hak istimewa demi kelangsungan usaha). Lemabaga Kajian Pasar Modal dan Keuangan (LKPMK). Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Wolfensohn D. James., President of the World Bank, c. 1999. Pengertian dan Prinsip Dasar Good Corporate Governance. Bagian Satu.

Yudha Pranata., 2007. Pengaruh Penerapan Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan. Skripsi Sarjana (Tidak dipublikasikan). Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v7i1.285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi

Indexed By:

      
      

  Creative Commons License

Equilibrium by http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Office: EQUILIBRIUM
Faculty of Economics and Business Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Dukuh Kupang XXV No. 54 Surabaya, Indonesia 60225 
Phone: +62315613231   
email: equilibrium@uwks.ac.id

p-ISSN 1693-1378 | e-ISSN 2598-9952