ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS PRODUK PONSEL MERK NOKIA TERHADAP KEPUTUSAN BELI KONSUMEN DI SURABAYA BARAT

Wiwik Herawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh dimensi kualitas produk ponsel Nokia secara simultan terhadap keputusan beli konsumen di Surabaya Barat. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Kriteria dalam penelitian yaitu pengguna ponsel merk Nokia, usia 15 tahun hingga diatas 35 tahun, pendidikan minimal SMU. Hasil uji hipotesis pertama melalui uji F menyatakan bahwa variabel kinerja (XI), estetika (X2), kemudahan perawatan dan perbaikan (X3), fitur (X4), keandalan (X5), tahan lama (X6), kualitas kesesuaian (X.7), dan kualitas yang dipersepsikan (X8) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan. beli konsumen (Y), didukung atau terbukti kebenarannya. Kedelapan variabel kualitas produk hanya 6 variabel yang mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keputusan beli konsumen; yaitu variabel kinerja (Xi), kemudahan perawatan dan perbaikan (X3), fitur (X4), keandalan (X5), tahan lama (1X6), dan kualitas yang dipersepsikan (X8) sedangkan variabel estetika (X2) dan kualitas kesesuaian (X7) tidak mempunyai pengaruh yang signifikan secara partial terhadap keputusan beli konsumen, sedangkan variabel kualitas yang dipersepsikan merupakan variabel yang mempunyai pengaruh paling besar.atau dominan terhadap keputusan beli konsumen.

Full Text:

PDF

References


Aaker, David A, V. Kumar and Geoge S ,Day, 1999. Esential Of Marketing Reseacch, New York : John Wiley and Sons, Inc.

Algifari, 2000. Analisis Regresi: Teori, Kasus, dan Salusi. Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE.

Djarwanto, 2001. Mengenal Uji Beberapa Statistik Dalam Penelitian. Edisi Kedua Edisi Kedua Yogyakarta.: Liberty.

Everett, Adam, and Elbert, Ronald, J. 1992. Production and Operating management, New Jersey, Prentice Hall Intemasional Editions,Englewood Cliffs Four Editions.

Huda Aunur. 2005. Pengaruh Kepuasan atas ..Produk Telepon Seluler Nokia 6600 Terhadap Loyalitas Pelanggan di Wilayah Surabaya Barat. Perpustalaan WiUaya Kusurna Surabaya.

Sugiono, Statistik Non Parametris Untuk "Penelitian, Cetakan Keenam, Penerbit Alfabeta, Bandung, 2008.

Kotler, Philip Gary Amstrong, Prinsip prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2, Edisi Kedelapan, Penerbit Erlangga,.Jakarta, 01.

Hansen.Momen,2005.Akuntansi manajemen,Edisi Tujuh. Dicetak Oleh Salemba Empat. Jakarta.

Kotler Philip and Gary Armstrong, 1991, Marketing and Introduction, Fifth Edition, Prentice Hall, Inc, Englewood Cliff, New Jersey.

Kotler Philip. !996. Marketing Management, An Asian Perspective, Eight Edition, Prentice Hall, Inc, Tokyo.

London, David L. and Albert J. Della Bitta. !993. Consumer Behavior Concept And Application, Penerbit MC. Graw Hill Book Co.

Malholtra, Naresh K, 1996. Marketing Research and Applied Orientation; New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Nitisemito, Alex S. 1991. Marketing, Edisi Revisi I, Cetakan Ketujuh, Penerbit Balai Aksara, Jakarta.

Santoso, Singgih. 2000. Buku Latihan SPSS Statistik Par'ametrik. Cetakan Pertama. Jakarta : PT Gramedia.

Schiffrnan, Leon G, and Lesli Lazar Kanuk.. !991. Consumen Behavior, Fourth Edition, Prentice Hall Inc, Englewood Cliffs, New Jersey.

Schiffman, Leon G, and Lesli Lazar Kanuk. !997. Consumen Behavior, Fourth Edition, Prentice Hall Inc, Englewood Cliffs, New Jersey.

Staton, William j. 1994. Fundamental Of Marketing, 10th Edition, MC. Graw Hill International Book, New York:

Susanti, Esti. 2003. Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Produk h'.eramik Merk Milan di Surabaya, Jurnal Widya Manajemen & Akuntansi, Vol3, Widya Mandala Surabaya.

Swastha, Basu. H. Dan Sukotjo, Ibnu. 1998. Pengantar Bisnis Modern,Edisi III, Yogyakarta.

Swastha, Basu. DH 1984. Asas-asas Marketing, Edisi Ketiga, Cetakan Pertama, Penerbit Yogyakarta.

Swastha, Basu. DH. Drs. Iriawan. 2002. Manajemen Pemasaran Modern, Cetakan Kesepuluh. Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 1997. Sfrategi Pemasaran, Edisi Kedua, Andi, Yogyakarta.

Yamit, Yulian. 2005. Manajemen Kualitas (Produk dan Jasa), Cetakan Keempat, Agustus 2005, Penerbit Ekonosia. Yogyakarta.

www. Nokia. Asia. Com.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v7i1.289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi

Indexed By:

      
      

  Creative Commons License

Equilibrium by http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Office: EQUILIBRIUM
Faculty of Economics and Business Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Dukuh Kupang XXV No. 54 Surabaya, Indonesia 60225 
Phone: +62315613231   
email: equilibrium@uwks.ac.id

p-ISSN 1693-1378 | e-ISSN 2598-9952