PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PROFITABILITAS PERUSAHAAN GO PUBLIC YANG TERMASUK DALAM HASIL RISET DAN PEMERINGKATAN MENURUT CORPORATE GOVERNANCE PERCEPTION INDEX (CGPI) YANG TERDAFAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2005-2008

Nurul Azizah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Good Corporate Governance terhadap kinerja profitabilitas perusahaan. Good Corporate Governance diukur dengan CGPI (Corporate Governance Perception Indeks) berdasarkan path pemeringkatan yang telah disusun oleh IICG (Indonesian Institute of Corporate Governance) tan Kinerja Profitabilitas diukur dengan nilai Return on Invesment (ROl) tan Return on Equity (ROE). Metode statistik yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Teknik pemilihan sampel dilakukan secara purpose sampling artinya bahwa populasi yang memenuhi kriteria tertentu sesuai yang dikehendaki oleh peneliti. Adapun pertimbangan yang digunakan dalam pemilihan sampel athlah perusahaan yang termasuk kedalam kelompok hasil riset tan pemeringkatan CGPI path tahun 2005-2008, diruana perusahaan-perusahaan yang muncul lebih dari sate kali dalam kategori hasil riset dan pemeringkatan CGPI tahun 2005 - 2008 hanya diambil satu data. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat diarnbil kesimpulan bahwa Penerapan GCG oleh perusahaan sampel tidak berpengaruh signifikan terhadap ROI, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai probabilitas yang lebih besar dari 0,05 yaitu sebesar 0,919. Dengan demikian hipotesis pertama yang menyatakan bahwa Good Corporate Governance berpengatuh positif terhadap ROI, tithk dapat didukung kebenarannya. Penerapan GCG oleh penxsahaan sampel tidak berpengaruh signifikan terhadap ROE, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai probabilitas yang lebih besar dari 0,05 yaitu sebesar 0,509. Dengan demikian hipotesis kedua yang menyatakan bahwa Good Corporate Governance berpengaruh terhadap ROE, tithk dapat didukung kebenarannya.

Keywords


Good Corporate Governance, Profitabilitas, ROI, ROE

Full Text:

PDF

References


Brigham, E. F., dan Houston, J. F., 2001. Manajemen Keuangan. Edisi Kedelapan (Terjemahan), Salemba Empat, Jakarta.

Diah Kusuma Wardani, 2008. "Pengaruh Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan di Indonesia", Yogyakarta.

Deni Darmawati, Khomsiyah, Rika Gelar Rahayu, 2005. "Hubungan Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan".

Erna Hidayah, 2007. "Penerapan Corporate Governance, Pengungkapan Informasi, dan Kinerja Perusahaan Di Perusahaan Publik Indonesia".

Forum for Corporate Governance in Indonesia (FCGI). 2002. "Tata Kelola Perusahaan (Corporate Governance). Jilid II "Peranan Dewan Komisaris dan Komite Audit dalam Melaksanakan Corporate Governance (Tata Kelola Perusahaan)". Diambil dari http://www.cic-fcgi .org /news /files /FCGI_Booklet_II.pdf.

Hartanto, Agus, 2006. " Implementasi "Good Corporate Governance pada lembaga penelitian dan pengembangan", Bandung.

Komite Kebijakan Corporate Governance, "Pedoman Good Corporate Governance Indonesia ", (Jakarta: KNKG, 2006).

Lestariningsih, 2008. "Peranan penerapan good corporate governance dalam Pengembangan perusahaan public". Surakarta.

Munawir, 2005. Analisa laporan keuangan. penerbit salemba empat. Yogyakarta. OECD, 2004, Principles of Corporate Governance, Paris, France, OECD Publications Services.

Pengertian dan Konsep Good Corporate Governance, di download dari www. Mandani-re.com / http://

Siswanto Sutoyo, Aldridge John E, 2005. Good Corporate Governance, Tata Kelola

Perusahaan Yang Sehat, Jakarta, PT Damar Mulia Pustaka.

Sukmawati Sukamulja, 2004. "Good Corporate Governance Di Sektor Keuangan: Dampak GCG Terhadap Kinerja Perusahaan (Kasus di Bursa Efek Jakarta)", Benefit, Vol. 8, No.IJuni 2004.

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Bisnis, cetakan kesepuluh, CV. Alfabeta, Bandung. Syamsuddin 1985. Manajemen Keuangan Perusahaan, Yogyakarta: PT. Hanindita Graha Widya.

Sunarto, 2003. "Corporate Governance Dan Kinerja Saham", Fokus Ekonomi,Vol.2, No.3. Desember 2003.

Theresia Dwi Astuti, 2005. "Hubungan antara Good Corporate Governance dan Struktur Kepemilikan dengan Kinerja Keuangan (studi kasus pada perusahaan yang listing di Bursa Efek Jakarta)", Makalah SNA VIII.

Yudha Pranata, 2007. "Pengaruh Penerapan Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan ", Skripsi Sarjana (tidak dipublikasikan). Yogyakarta Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v8i1.299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi

Indexed By:

      
      

  Creative Commons License

Equilibrium by http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Office: EQUILIBRIUM
Faculty of Economics and Business Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Dukuh Kupang XXV No. 54 Surabaya, Indonesia 60225 
Phone: +62315613231   
email: equilibrium@uwks.ac.id

p-ISSN 1693-1378 | e-ISSN 2598-9952