PENGUKURAN KINERJA PENERAPAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DI PT. GELORA DJAJA SURABAYA

Djojo Dihardjo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti bagaimanakah kinerja penerapan Supply Chain Management pada PT. Gelora Djaja Surabaya. Metode pengambilan sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kriteria sampel yang digunakan adalah karyawan pada tingkatan manajer, supervisor dan staf yang telah bekerja di PT. Gelora Djaja minimal dua tahun pada sub bagian yang sama. Hasil perhitungan akhir kinerja supply chain Gelora Djaja menunjukkan bahwa kinerja penerapan supply chain management di perusahaan saat ini secara keseluruhan cukup baik untuk skala 0 -100 tetapi masih kurang maksimal. Metrik-metrik dengan skor diatas atau sama dengan 70 adalah metrik sales estimate inaccuracy, production estimate inaccurac, inventory inaccuracy for outer pack, inventory inaccuracy for doos slof inventory inaccuracy for carton box, inventory inaccuracy for finished product, inventory level for doos slof inventory level for carton box, frequency of meeting PPIC, dan planning cycle time untuk ruang lingkup plan. Metrik pada ruang lingkup source dengan skor tinggi adalah metric source fill rate, incorrect delivery quantity for packaging, new design order cycle time for packaging, source responsiveness, minimum order quantity for oter pack, minimum order quantity fordoos slof dan minimum order quantity for carton box. Skor tinggi pada ruang lingkup make adalah metrik machine repair time dan make quantity flexibility. Dalam ruang lingkup deliver yang memiliki skor tinggi antara lain metrik fill rate, stockout probability, perfect order fulfillment, frequency of claim, delivery lead time for java areas dan back order. Sedangkan pada ruang lingkup return terdapat metrik customer complain dan return rate of finished product yang memiliki skor tinggi.

Keywords


supply chain management, Analytical Hierarchy Process (AHP)

Full Text:

PDF

References


Pujawan, I Nyoman. 2005. Supply Chain Management. Edisi Pertama. Surabaya: Penerbit Guna Widya.

Indrajit, Richardus Eko dan Richardus Djokopranoto. 2002. Konsep Manajemen Supply Chain. Cara Bant Memandang Mata Rantai Penyediaan Barang. Jakarta: Penerbit Gramedia Widiasarana Indonesia.

Siagian, Yolanda M. 2005. Aplikasi Supply Chain Management Dalam Dunia Bisnis. Jakarta: Penerbit Gramedia Widiasarana Indonesia.

Ballou, Ronald H. 2004. Business Logistics/Supply Chain Management. Planing, Organizing, and Controlling the Supply Chain. Fifth Edition. New Jersey: Pearson Education, inc, Upper Saddle River.

Mulyono, Sri. 2004. Riset Operasi. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

htpp;//id.wikipedia.org/wiki/manajemen_rantai_suplai

htpp://elearnng.amikom.ac. id




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v8i1.301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi

Indexed By:

      
      

  Creative Commons License

Equilibrium by http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Office: EQUILIBRIUM
Faculty of Economics and Business Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Dukuh Kupang XXV No. 54 Surabaya, Indonesia 60225 
Phone: +62315613231   
email: equilibrium@uwks.ac.id

p-ISSN 1693-1378 | e-ISSN 2598-9952