The Effect Of SMMA And Brand Image On Price Premium In Building Material Supermarket

Johan Pahing Heru Waskito, Hwihanus Hwihanus

Abstract


Social Media Marketing Activity (SMMA) have become one of the popular marketing methods recently. This study aims to evaluate and analyze SMMA in a Surabaya-based building materials supermarket in relation to consumers' willingness to pay a premium price. The population of this research includes all individuals residing in Surabaya who have previously accessed or opened official social media accounts of the building materials supermarket. The sample analyzed consists of 108 respondents aged 17 years and above, who have had social media accounts for at least 6 months. This study collected data using an electronic survey platform. The data were analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) aided by SmartPLS for hypothesis testing calculations. The research findings indicate that SMMA significantly influences brand image and premium pricing. However, brand image does not mediate the relationship between SMMA and premium pricing.

Keywords


SMMA; Brand Image; Price Premium

Full Text:

PDF

References


Ahmad, M., & Ahmed, MA (2019). Interpersonal Relationship Marketing: Sebuah Studi Dyadic tentang Orientasi Pelanggan dan Komitmen Pelanggan Perusahaan. Jurnal Masalah Sosial Pakistan, 10(1), 172–187.

Anderson, M., Sims, J., Harga, J., & Brusa, J. (2011). Mengubah “Suka” Menjadi “Beli” Media Sosial Muncul. Strategi &.

Anselmsson, J., Bondesson, NV, & Johansson, U. (2014). Citra Merek Dan Kesediaan Pelanggan Untuk Membayar Harga Premium Untuk Merek Makanan. Jurnal Manajemen Produk dan Merek, 23(2), 90–102. https://doi.org/10.1108/JPBM-10-2013-0414

Bilgin, Y. (2018). Pengaruh Kegiatan Pemasaran Media Sosial Terhadap Kesadaran Merek, Citra Merek Dan Loyalitas Merek. Studi Bisnis & Manajemen: Jurnal Internasional. https://doi.org/10.15295/v6i1.229

Bondesson, N. (2012). Brand Image Anteseden Loyalitas dan Harga Premium di Pasar Bisnis. Riset Bisnis dan Manajemen, 1(1). https://doi.org/10.5430/bmr.v1n1p32

Boomsma, A. (2010). Kekokohan estimasi kemungkinan maksimum dalam model persamaan struktural. Dalam Pemodelan Struktural dengan Contoh. https://doi.org/10.1017/cbo9780511601118.010

Broadbandsearch (2020) Waktu Rata-Rata Yang Dihabiskan Setiap Hari Di Media Sosial: Data Terbaru 2020 Diperoleh dari https://broadbandsearch.net/

Bruhn, M., Schoenmüller, V., Schäfer, D., & Heinrich, D. (2012). Keaslian Merek: Menuju Pemahaman Yang Lebih Dalam Tentang Konseptualisasi Dan Pengukurannya. Kemajuan Dalam Riset Konsumen.

Casey, S. (2017). Laporan Media Sosial Nielsen 2016. Perusahaan Nielsen.

Chaffey, D. (2016). Ringkasan Penelitian Media Sosial Global 2016. Wawasan Cerdas: Saran Pemasaran yang Dapat Ditindaklanjuti.

Christodoulides, G., & De Chernatony, L. (2010). Konseptualisasi Dan Pengukuran Ekuitas Merek Berbasis Konsumen – Tinjauan Pustaka. Jurnal Riset Pasar Internasional, 52(1), 43–66.

Creese, J. (2007). Web 2.0 / Bisnis 2.0: Teknologi Web Baru, Organisasi, dan WCM. Simposium Manajemen Konten Web Tahunan ke-2, Mei. http://eprints.qut.edu.au

Ghozali, I. (2008). Pemodelan Persamaan Struktural: Teori, Konsep, Dan Aplikasi.

Godey, B., Manthiou, A., Pederzoli, D., Rokka, J., Aiello, G., Donvito, R., & Singh, R. (2016). Upaya Pemasaran Media Sosial Merek-Merek Mewah: Pengaruh Pada Ekuitas Merek Dan Perilaku Konsumen. Jurnal Riset Bisnis, 69(12), 5833–5841. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.04.181

Hootsuite (2020, 28 Januari) Laporan Digital 2020: Indonesia diambil dari https://www.hootsuite.com/

Jackson, DL (2003). Meninjau Kembali Ukuran Sampel Dan Jumlah Perkiraan Parameter: Beberapa Dukungan Untuk Hipotesis N:q. Pemodelan Persamaan Struktural. https://doi.org/10.1207/S15328007SEM1001_6

Kapferer, JN (2008). Manajemen Merek Strategis Baru.

Kaplan, AM, & Haenlein, M. (2010). Pengguna Dunia, Bersatu! Tantangan Dan Peluang Media Sosial. Cakrawala Bisnis, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Kaye, BK (2007). Cerita Situs Web: Sebuah Studi Eksplorasi Tentang Motivasi Penggunaan Blog. Dalam M. Tremayne (Ed.), Blogging, Citizen And The Future Of Media (hlm. 127–148). New York, NY: Routledge.

Kim, AJ, & Ko, E. (2012). Apakah Kegiatan Pemasaran Media Sosial Meningkatkan Ekuitas Pelanggan? Sebuah Studi Empiris Merek Fashion Mewah. Jurnal Riset Bisnis, 65(10), 1480–1486. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2011.10.014

Kozinets, RV, de Valck, K., Wojnicki, AC, & Wilner, S. (2010). Narasi Jaringan: Memahami Pemasaran dari Mulut ke Mulut di Komunitas Online. Jurnal Pemasaran, 74, 71–89.

Mangold, WG, & Faulds, DJ (2009). Media sosial: Elemen Hibrida Baru Dari Bauran Promosi. Cakrawala Bisnis, 52, 357–365.

McDonald, JH (2015). Pengujian Hipotesis - Handbook of Biological Statistics. Http://Www.Biostathandbook.Com/.

Muntinga, DG, Moorman, M., & Smit, EG (2011). Memperkenalkan COBRA: Menjelajahi Motivasi Untuk Penggunaan Media Sosial Terkait Merek. Jurnal Periklanan Internasional, 30(1), 13–46.

Netemeyer, RG, Krishnan, B., Pullig, C., Wang, G., Yagci, M., Dean, D., Ricks, J., & Wirth, F. (2004). Mengembangkan Dan Memvalidasi Langkah-Langkah Aspek Ekuitas Merek Berbasis Pelanggan. Jurnal Riset Bisnis, 57, 209–224.

O'Reilly, T. (2005). O'Reilly: Apa Itu Web 2.0. Pola Desain Dan Model Bisnis Untuk Perangkat Lunak Generasi Selanjutnya.

Obar, JA, & Wildman, S. (2016). Erratum: Edisi Khusus Tata Kelola Media Sosial (Kebijakan Telekomunikasi (2015) 39, 9). Dalam Kebijakan Telekomunikasi. https://doi.org/10.1016/S0308-5961(16)00014-8

Palmatier, RW (2008). Driver Relasional Antar Perusahaan Dari Nilai Pelanggan. Jurnal Pemasaran. https://doi.org/10.1509/jmkg.72.4.76

Park, N., Kee, KF, & Valenzuela, S. (2009). Tenggelam Dalam Lingkungan Jejaring Sosial: Grup Facebook, Penggunaan Dan Kepuasan, Dan Hasil Sosial. Cyberpsikologi & Perilaku, 12(6), 729–733.

Sabol, A., Šander, M., & Fučkan, Đ. (2013). Konsep Siklus Hidup Industri dan Pengembangan Strategi Bisnis. Kewarganegaraan Aktif oleh Manajemen dan Pembelajaran Knowlegde, 635–642.

Sarstedt, M., Ringle, CM, & Rambut, JF (2014). PLS-SEM: Melihat ke Belakang dan Melangkah Ke Depan. Dalam Perencanaan Jangka Panjang. https://doi.org/10.1016/j.lrp.2014.02.008

The Jakarta Post, (2020, 27 Maret) Industri Makanan dan Minuman paling terpukul oleh COVID-19: Laporan Diambil dari https://www.thejakartapost.com/

The Jakarta Post, (2020, Jun 12) Industri Makanan Mewah Menjadi Suram Di Tengah Penguncian Virus Corona Secara Global. Diambil dari https://www.thejakartapost.com

Torres, P., Augusto, M., & Wallace, E. (2018). Meningkatkan Kemauan Konsumen Untuk Membayar Menggunakan Aktivitas Media Sosial. Jurnal Pemasaran Jasa, 32(7), 880–896. https://doi.org/10.1108/JSM-07-2017-0257

Trivers, Robert (1971). Evolusi Altruisme Timbal Balik. Tinjauan Kuartal Biologi 46 (Maret), 35–57.

Tsai, WHS, & Men, LR (2013). Motivasi Dan Anteseden Keterlibatan Konsumen Dengan Halaman Merek Di Situs Jejaring Sosial. Jurnal Periklanan Interaktif, 13(2), 76–87.

Tuten, TL, & Solomon, MR (2015). Pemasaran Media Sosial (edisi ke-2). SAGE Publications Ltd.

Wang, H., Wei, Y., & Yu, CY (2008). Model Ekuitas Merek Global: Menggabungkan Berbasis Pelanggan Dengan Pendekatan Hasil Produk-Pasar. Jurnal Manajemen Produk dan Merek, 17(5), 305–316. https://doi.org/10.1108/10610420810896068

Yamin, S. dan, & Kurniawan, H. (2009). Statistik Spss Lengkap: Teknik Analisis Statistik Terlengkap Dengan Software SPSS Structural Equation Modeling: Belajar Lebih Mudah Teknik Analisis Data Kuesioner Dengan LISREL–PLS. Analisis Korespondensi Bab Analisis Diskriminan.

Yoo, B., & Donthu, N. (2001). Mengembangkan Dan Memvalidasi Skala Ekuitas Merek Berbasis Konsumen Multidimensi. Jurnal Riset Bisnis, 52(1), 1–14. https://doi.org/10.1016/S0148-2963(99)00098-3




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v19i2.3023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi

Indexed By:

      
      

  Creative Commons License

Equilibrium by http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Office: EQUILIBRIUM
Faculty of Economics and Business Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Dukuh Kupang XXV No. 54 Surabaya, Indonesia 60225 
Phone: +62315613231   
email: equilibrium@uwks.ac.id

p-ISSN 1693-1378 | e-ISSN 2598-9952