FAKTOR FUNDAMENTAL YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PROPERTY YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Hendra Prasetya

Abstract


Penelitian ini merupakan studi tentang pengaru faktor fundamental yang terdiri atas: DER, ROE, EPS terhadap harga saham perusahaan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi yang menjadi objek penelitian ini adalah perusahaan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel adalah kumpulan sebagian anggota dari objek yang diteliti, sampel yang diambil adalah sampel yang memenuhi kriteria Emiten (perusahaan) listing pada tahun 2007 dan Perusahaan memberikan laporan keuangan secara lengkap dan teiperinci. Teknik analisis data adalah dengan Analisis Regresi Linier Berganda Berdasarkan hasil pengorahan data dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa, Berdasarkan uji “f” diperoleh f hitung > f tabel dan signifikansi 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga debt to equity ratio (X1), return on equity (X2) dan earning per share (X3) mempu yai pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap harga saham variabel debt to equity ratio (X1) dan return on equity (X2) mempunyai pengaruh yang tidak signifikan secara parsial terhadap harga saham.

Keywords


faktor fundamental, harga saham, debt to equity ratio), return on equity dan earning per share

Full Text:

PDF

References


Algifari. 2003. Statistika Induktif. Yogyakarta: Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Anastasia, Njo. 2003. Analisis faktor Fundamental dan Risiko Sistematik terhadap Harga Saham Properti di BEJ. Jurnal Akuntansi & Keuangan Vol. 5, No. 2, November, 2003.

Angelique Hayyuza. 2006. Faktor faktor Analisis Yang Berpengaruh Terhadap Pengambilan Keputusan Dalam Transaksi Forex di Perdagangan Berjangka. Skripsi, Februari, 2006, Bandung.

Bodie, Zvi; Kane, Alex and Marcus, Alan J. 2005. Investment, Sixth Edition, McGraw Hill, International Edition.

Darmadji, Tjiptono; Fakhruddin, Hendy M. 2001. Pasar Modal Indonesia, Pendekatan Tanya Jawab, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Dwi Prastowo. 2002, Analisis Laporan Keuangan (Konsep dan Aplikasi), Edisi Refisi, YPKN, Yogyakarta.

Gitman, Lawrence J. 2003. Principles of Managerial Finance, Tenth Edition, International Edition Financial Series, Boston: Addison-Wesley.

Halim, Abdul. 2003. Analisis Investasi. Penerbit Salemba Empat, Jakarta. Husnan, Suad. 2001. Dasar-dasar Teori Portfolio dan Analisis Sekuritas, Edisi Ketiga, YKPN, Yogyakarta.

Jogiyanto. 1998. Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Penerbit BPFE UGM, Yogyakarta.

Jones, Charles P. 2004. Investments, Analysis and Management, Ninth Edition, John Wiley & Sons, Inc., Printed in the United States of America.

Munawir, S. 2002. Analisa Laporan Keuangan, Penerbit Liberty, Yogyakarta. Nur Indriantoro, Akuntan dan Bambang Supomo. 1999. Metode Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Simamora, Henry. 2000. Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis Jilid II, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v8i1.303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi

Indexed By:

      
      

  Creative Commons License

Equilibrium by http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Office: EQUILIBRIUM
Faculty of Economics and Business Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Dukuh Kupang XXV No. 54 Surabaya, Indonesia 60225 
Phone: +62315613231   
email: equilibrium@uwks.ac.id

p-ISSN 1693-1378 | e-ISSN 2598-9952