PERENCANAAN STRATEGIS PEMASARAN UNTUK MENCIPTAKAN SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGE (KASUS PADA PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNIVERSITAS WIJAYA KUSUMA SURABAYA)
Kristiningsih Kristiningsih
Abstract
Persaingan industri pendidikan tinggi seunakin ketat. Institusi pendidikan hams mengelola organisasinya seperti layaknya suatu bisnis dengan tidak meninggalkan aspek idiilnya dan hams mampu mentransfonnasi dirinya menjadi marketing company. Program studi manajemen fakultas Ekonomi Universitas Wijaya Kusuma hams mampu melihat dirinya secara utuh melalui aspek internal dan aspek eksternal sehingga mampu menjawab tantangan persaingan dalam dunia pendidikan saat ini. Penelitian ini bermaksud untuk mengeksplorasi lcbih dalam bagaimana seharusnya program studi manajemen melakukan perencanaan strategis pemasarannya untuk menciptakan keunggulan kompetiti£ Untuk itu dilakukan penelitian dengan pendekatan lcualitatif dengan menggunakan dasar analisa SWOT (strength, weakness, opportunity, and threat) yang dikemukakan oleh David (2005). Dengan analisa SWOT dan IE-Matrix, dari penelitian ini, disaranlcan beberapa hat, yaitu: strategi market intensive dilakukan melalui penetrasi pasar dan pengembangan pasar; mengembangkan strategi diferensiasi yang menunjukkan ciri jumsan manajemen yang berbeda dengan kombinasi knowledge, skill, dan attitude yang unik dan dilengkapi dengan fasilitas yang menunjukkan suasana kehidupan kampus yang mampu menciptakan sustainable competitive advantage.
Keywords
Marketing strategic planning, marketing, SWOT analysis, sustainable competitive advantage
References
Abang, T, (1997). Gagasan, wawasan, terapan, dan renungan, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.
Ardhanari, M. (1999). Pengaruh variabel bauran pemasaran jasa terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi, Tesis, Universitas Airlangga, Surabaya
Badan Pusat Statistik Propinsi Jawa Timur; JawaTimur Dalam Angka 1999.
Balamualikrishnaa, R., John C. D. (1998). SWOT analysis; A management tool for initiating new programs vocational schools, Journal of Vocational and Technical Education, 12, (1), Iowa State University.
DOI:
http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v8i1.304
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi
Indexed By:
Equilibrium by http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Office: EQUILIBRIUM
Faculty of Economics and Business Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Dukuh Kupang XXV No. 54 Surabaya, Indonesia 60225
Phone: +62315613231
email: equilibrium@uwks.ac.id
p-ISSN 1693-1378 | e-ISSN 2598-9952