Pengaruh Bauran Pemasaran, Kelompok Referensi, Keluarga, Peran dan Status Terhadap Keputusan Penggunaan Kartu Kredit (Studi Pada Anggota IDI Malang)

Matheous Tamonsang

Abstract


Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk membiayai  suatu transaksi. Keputusan konsumen untuk menggunakan kartu kredit muncul apabila terdapat kebutuhan dan keinginan yang harus dipenuhi, sehingga para pemasar harus mempelajari perilaku konsumen.       Adapun rumusan masalah yang dalam penelitian ini adalah apakah bauran pemasaran  dan lingkungan individu yang terdiri dari kelompok referensi, keluarga, peran dan status berpengaruh terhadap keputusan penggunakan kartu kredit dan manakah diantara empat variabel tersebut yang berpengaruh dominan terhadap keputusan penggunakan kartu kredit. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Malang yang menggunakan kartu kredit. Sedangkan samplenya adalah anggota IDI Malang yg menggunakan kartu kredit secara aktif dengan jumlah sample sebanyak 70 orang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran, kelompok referensi, keluarga serta peran dan status berpengaruh secara simultan terhadap keputusan penggunaan kartu kredit. Dari keempat variabel bebas tersebut, hanya kelompok referensi serta peran dan status yang berpengaruh secara parsial terhadap keputusan penggunaan kartu kredit. Sedangkan variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan penggunaan kartu kredit adalah peran dan status.

Keywords


Marketing Management

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV. Alpabet. Bandung

Engel, F. James, Roger D Blackwell, and Paul W. Miniard. 2001. Perilaku Konsumen. Terjemahan Alex Budianto. Edisi Keenam. Jilid 2. Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Frensidy. 2009. Teori Online Ekonomi, Manajemen dan Pemasaran Jasa. Rineka Cipta. Jakarta

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta CV. Jakarta

Joyce. 2005. Periklanan, Komunikasi Pemasaran Terpadu. Ghalia. Jakarta

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jilid1. Edisi Milenium. Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2003. Prinsip-Prinsip Marketing. Edisi Ketujuh. Jakarta: Salemba Empat

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi sembilan. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. Edisi 14. Jakarta: Erlangga.

Malhotra, N.K., 2009, Riset Pemasaran, Edisi Keempat, Jilid 1, PT Indeks, Jakarta

Mowen, John et.al. 2001. Perilaku Konsumen. Penerbit Erlangga. Jakarta

Olson, Peter. 1999. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Empat. Erlangga

Pirog & Roberts, JA. 2007. Personality and Credit Card, Misuse Among College Student : The Mediating Role of Impulsiveness. Journal of Marketing Theory and Practice. Inform Global

Schiffman & Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi 7. Alih Bahasa : Zoelkifli Kasip. Indeks. Jakarta.

Swastha, Basu. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi 2. Cetakan 13. Lyberty. Yogyakarta.

Swastha, Basu dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Ketiga. Penerbit Liberty. Jogjakarta.

Swastha, Basu dan Sukotjo. 2002. Pengantar Bisnis Modern. Penerbit Liberty. Jogjakarta.

Tambunan, Tulus. 2001. Perekonomian Indonesia : Teori dan Temuan Empiris. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Edisi Pertama, Bayu Media Publishing, Malang.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga, Andi Offset. Yogyakarta.

Wibowo, Puspita Maya. Dan Karimah. 2012. Pengaruh Iklan Televisi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Sabun Lux.Jurnal Riset Manajemen sains Indonesia.

Zeithaml. 2006. Manajemen Pemasaran , Analisa Perencanaan, Implementasi. Salemba Empat. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v14i2.461

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.30742/equilibrium.v14i2.461.g494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi

        

 

  Creative Commons License

Equilibrium by http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Office: EQUILIBRIUM
Faculty of Economics and Business Wijaya Kusuma Surabaya University
Dukuh Kupang XXV No. 54 Surabaya, Indonesia 60225 
Phone: +62315613231   
email: equilibrium@uwks.ac.id

p-ISSN 1693-1378 | e-ISSN 2598-9952