DIMENSI KEPERILAKUAN PADA AKUNTANSI SUMBER DAYA MANUSIA

Andrianto Andrianto

Abstract


Seiring dengan pesatnya perkembangan entitas bisnis di berbagai belahan dunia, menjadi semakin penting peranannya dan menentukan efektivitas organisasi. Implikasinya adalah bahwa keberhasilan atau kegagalan organisasi sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia. Sumber daya manusia merupakan sumber daya organisasi yang paling vital dan diakui sebagai aset organisasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mendeskriptifkan keadaan masa lampau atau fenomena yang sedang terhadu saat ini. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan oleh penulis dalam penelitian inni adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu metode yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data, menyusun dan mendeskripsikan sehingga diperoleh hasil berupa gambaran yang jelas tentang dimensi keperilakuan pada akuntansi sumber daya manusia. Dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa dalam perspektif akuntansi konvensional, sumber daya manusia belum dianggap sebagai aset. Akuntansi sumber daya manusia sendiri merupakan konsep baru dalam bidang akuntansi keuangan karena masih berada dalam tahap yang membutuhkan penelitian lebih lanjut. Pandangan akuntansi sumber daya manusia ini berpusat pada pengakuan bahwa karyawan merupakan aset organisasi melalui pendekatan biaya atau nilai manusia.

Keywords


Keperilakuan

Full Text:

PDF

References


Belkaoui, A. 2006. Teori Akuntansi.Edisi 5.Buku 1.Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Damayanti, T. W. 2009. Audit Pertanggungjawaban Sosial Perusahaan: Pendekatan Literator. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 11 No. 2 November 2009-101-108.

Fathoni, Abdurahmat. 2006. Organisasi Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta.

Flamholtz, E. G, et all. 2002.” Human Resource Accounting : A Historical Perspective and Future Implication”. Management Decision,Vol 40 No. 10 hal 947-954.

Ikhsan, Arfan. 2008. Akuntansi Sumber Daya Manusia: Suatu Tinjauan Penilaian Modal Manusia, Yogyakarta: Graha Ilmu

------------------- , 2017. Akuntansi Keperilakuan: Tinjauan Akuntansi Multiparadigma, Jakarta: Salemba Empat.

Sukoharsono, Eko G. 2010. Metamorforsis Akuntansi Sosial dan Lingkungan: Mengkonstruksi Akuntansi Sustainabilitas Berdimensi Spiritualitas. Paper disampaikan pada Rapat Terbuka Senat Universitas Brawijaya Surabaya.

Widjaja, Tunggal Amin, 1995. Akuntansi Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta

---------------------------------- , 1994. Akuntansi Sumber Daya Manusia: Suatu Pengantar. Jakarta: Hervarindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi

Indexed By:

      
      

  Creative Commons License

Equilibrium by http://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Office: EQUILIBRIUM
Faculty of Economics and Business Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Dukuh Kupang XXV No. 54 Surabaya, Indonesia 60225 
Phone: +62315613231   
email: equilibrium@uwks.ac.id

p-ISSN 1693-1378 | e-ISSN 2598-9952