Pengaruh Desain Pembelajaran Assure Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Bahtiar Reza Syehma

Abstract


Pembelajaran di sekolah dasar (SD) umumnya masih menerapkan pembelajaran yang berpusat pada guru, kurangnya variasi desain pembelajaran yang diterapkan guru, dan kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga membuat siswa kurang memahami materi pelajaran. Berdasarkan hasil observasi di Siti Aminah Surabaya, pembelajaran yang dilakukan guru pada siswa kelas IV ternyata masih menggunakan desain pembelajaran yang berpusat pada guru, sehingga siswa sulit memahami pembelajaran yang berlangsung dan kurang mengembangkan kemampuan berpikir siswa.Salah satu desain pembelajaran yang dapat merubah suasana pembelajaran yang menyenangkan yaitu desain pembelajaran ASSURE. Desain pembelajaran ASSURE merupakan sebuah rancangan pembelajaran yang mengutamakan pengalaman belajar. Diharapkan siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan desain pembelajaran ASSURE akan mempunyai pengalaman belajar, yang akhirnya siswa akan memperoleh hasil belajar yang memuaskan.Berdasarkan hasil yang didapat, bahwa nilai rata-rata yang dicapai kelas kontrol pada pre test yaitu 60,02 sedangkan pada post test menjadi 60,30, kemudian untuk kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai pre test yaitu 59,25 sedangkan untuk rata-rata nilai post test yang dicapai siswa yaitu sebesar 85,30. Dengan demikian nilai Post Test dan Pre Tes yang dicapai oleh kelas eksperimen lebih baik dari nilai Post test dan Pre test yang dicapai siswa kelas Kontrol. Kemudian rata–rata nilai pre test sebesar 60,02 yang dicapai kelas konrtrol mengalami peningkatan pada rata-rata nilai post test menjadi 60,30. Sedangkan untuk kelas eksperimen juga mengalami peningkatan, rata-rata nilai pada nilai Pre test yaitu sebesar 59,25 menjadi 85,30 pada Post test. Berdasarkan rata-rata nilai yang dicapai oleh siswa kelas eksperimen bahwa desain pembelajaran ASSURE dapat meningkatkan hasil belajar subtema barang dan jasa pada siswa kelas IV SD Siti Aminah Surabaya tahun pelajaran 2014-2015.Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil t hitung sebesar 19,005 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Dengan demikian demikian nilai t hitung yang didapat lebih besar dari nilai t dalam tabel (19,005 > 1,7011) sedangkan nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari nilai α (0,000 < 0,05). Berdasar hasil tersebut, maka hipotesisditerima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara desain pembelajaran ASSURE (X), terahadap hasil belajar siswa pada subtema barang dan jasaoleh siswa (Y) kelas IV SD Siti Aminah Surabaya tahun pelajaran 2014-2015.Kata Kunci: Desain pembelajaran ASSURE, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.