Representasi Mahasiswa Berkemampuan Matematika Tinggi dalam Memecahkan Masalah Program Linier
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi mahasiswa berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah program linier. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan pemberian tes representasi dan wawancara. Dalam penelitian ini subjek yang digunakan adalah seorang mahasiswa Universitas Madura yang memiliki kemampuan matematika tinggi. Analisis data dalam penelitianini dilakukan dengan langkah –langkah, yaitu reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Sedangkan untuk mendapatkan data penelitian yang valid, penelitian ini menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa berkemampuan matematika tinggi pada tahap memahami masalah dideskripsikan dengan mengumpulkan informasi-informasi yang diketahui dan yang ditanyakan dalam soal dengan menggunakan representasi dalam bentuk teks tertulis. Subjek juga menggunakan representasi dalam bentuk kata-kata untuk menjelaskan informasi-informasi yang ada di dalam soal baik yang diketahui maupun yang ditanyakan dalam rangka memecahkan masalah. Sedangkan, pada tahap merencanakan pemecahan masalah subjek menggunakan representasi simbol dan representasi dalam bentuk tabeluntuk memperjelas dan menyederhanakan masalah. Hal tersebut dilakukan karena dianggap akan mempermudah dalam proses pemecahan masalah. Kemudian subjek juga mengumpulkan fakta-fakta dari soal disertai alasan yang logis untuk membuat model matematika dan menentukan relasi yang digunakan dalam model matematika.Pada tahap melaksanakan pemecahan masalah subjek menggunakan representasi grafik metode isoline. Setiap langkah pemecahan masalah yang diambil diperjelas kedalam bentuk persamaan matematis,teks tertulisdan dengan disertai alasan-alasan yang logis. Subjek juga sudah melaksanakan pemecahan masalah sesuai dengan langkah-langkah yang telah direncanakan. Sedangkan, pada tahap memeriksa kembali solusi pemecahan masalah dideskripsikan dengan menggunakan representasi dalam bentuk kata-kata untuk memberikan penjelasan keyakinan terhadap jawabannya.Selain itu, subjek menggunakan metode lain yaitu metode titik sudut dan melakukan pengecekan kembali terhadap operasi hitung darihasil yang diperoleh.
Kata kunci:Representasi, memecahkan masalah, program linier,kemampuan matematika tinggi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.